PKM MENGASAH KOMPETENSI DASAR GURU/PENDIDIK AL-QUR'AN MELALUI PELATIHAN SEHARI
Keywords:
Pelatihan, kompetensi dasar sebagai guru/pendidik al-qur'an, LKPPQAbstract
Program pengabdian oleh dosen Unindra bekerjasama dengan Lembaga Kajian dan Pengembangan Pendidikan Al-Qur'an (LKPPQ) Ar-Rahmah yang dilaksanakan di gedung pendidikan Ar Rahmah Kompleks Perum Duta Mekar Asri, Cileungsi, Bogor, Jawa Barat pelatihan sehari ini diikuti lebih dari 100 peserta yang berasal dari wilayah Bogor, Bekasi dan Depok, para peserta yang hadir umumnya merupakan aktivis Alquran, baik pendidik, pengelola, maupun pemerhati pendidikan Al-Qur’an. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dasar para guru Alquran, yang kedua untuk mengasah kompetensi dasar meliputi kemampuan pengelolaan kelas, teknik pengajaran metode Iqro’ dan murattal dasar sebagai standar kualitas para pengajar Al-Qur’an dan yang ketiga adalah wujud kepedulian mengabdi sebagai masyarakat dan dosen dalam melaksanakan Tridharma perguruan. Pengabdian ini dilaksanakan pada tanggal 27 Maret 2022 . Metode yang digunakan dalam pelaksanaan ini adalah ceramah dan demonstrasi atau pelatihan secara langsung. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat adalah para peserta antusias dan mampu memahami pentingnya mengupgrade diri dengan mengasah kompetensi dasar sebagai guru/pendidik al-qur'an alqur`an yang diantaranya kemampuan dasar sebagai guru Al-Qur’an, seperti manajemen pengelolaan kelas yang baik, teknik pengajaran metode Iqro’ yang mumpuni dan pengajaran murattal dasar
References
Aristyasari, Y.F., Azhar, C., 2020. Studi Komparasi Metode Iqro ’ Dan Metode Sepuluh Jam Belajar Membaca Alquran Dalam Pembelajaran Baca Tulis Alquran Pendahuluan Alquran Sebagai Pedoman Hidup Manusia Menjadi Suatu Objek Yang Wajib Hukumnya Dipelajari Bagi Setiap Manusia , Khususnya Umat Is. Al-Fikri J. Srudi Dan Penelit. Pendidik. Islam 3, 1–12.
Aulia, R., Sontani, U.T., 2018. Pengelolaan Kelas Sebagai Determinan Terhadap Hasil Belajar. J. Pendidik. Manaj. Perkantoran 3, 9. Https://Doi.Org/10.17509/Jpm.V3i2.11759
Elkarimah, M.F., Sutisna, U., 2021. Pendampingan Pengajaran Metode Iqro’ Untuk Guru-Guru Di Tpa Hayatinnur Tambun Selatan Bekasi. Absyara J. Pengabdi. Pada Masy. 2, 178–184. Https://Doi.Org/10.29408/Ab.V2i2.4059
Fauzan, A.H., 2015. Pola Pembinaan Baca Tulis Al-Qur’an (Btq) Sebagai Upaya Peningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran. Ar-Risalah Viii, 22.
Guru Smp Di Kecamatan Medan Deli, B., Ginting, P., Hasnah, Y., Husni Hasibuan, S., 2019. Jurnal Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Pkm Pelatihan Tindakan Kelas (Ptk) Berbasis Student Centered Learning 4, 58–72.
Mubarak, H., 2013. Upaya Guru Al-Qur’an Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-Qur’an Di Sdit Ukhuwah Banjarmasin. J. Stud. Insa. 1, 39. Https://Doi.Org/10.18592/Jsi.V1i1.1078
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Mia Fitriah Elkarimah, Ahmad Jaeni MA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.