PKM MENGASAH KOMPETENSI DASAR GURU/PENDIDIK AL-QUR'AN MELALUI PELATIHAN SEHARI

Authors

  • Mia Fitriah Elkarimah Universitas Indraprasta PGRI
  • Ahmad Jaeni MA LKPPQ Ar-Rahmah

Keywords:

Pelatihan, kompetensi dasar sebagai guru/pendidik al-qur'an, LKPPQ

Abstract

Program pengabdian oleh dosen Unindra  bekerjasama dengan Lembaga Kajian dan Pengembangan Pendidikan Al-Qur'an (LKPPQ) Ar-Rahmah yang dilaksanakan di gedung pendidikan Ar Rahmah Kompleks Perum Duta Mekar Asri, Cileungsi, Bogor, Jawa Barat pelatihan sehari ini diikuti lebih dari 100 peserta yang berasal dari wilayah Bogor, Bekasi dan Depok, para peserta yang hadir umumnya merupakan aktivis Alquran, baik pendidik, pengelola, maupun pemerhati pendidikan Al-Qur’an. Kegiatan  ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dasar para guru Alquran, yang kedua untuk mengasah kompetensi dasar meliputi kemampuan pengelolaan kelas, teknik pengajaran metode Iqro’ dan  murattal dasar sebagai standar kualitas para pengajar Al-Qur’an dan  yang ketiga adalah wujud kepedulian mengabdi sebagai masyarakat dan dosen dalam melaksanakan Tridharma perguruan. Pengabdian ini  dilaksanakan pada tanggal 27 Maret 2022 . Metode yang digunakan dalam pelaksanaan ini adalah ceramah dan demonstrasi atau pelatihan secara langsung. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat adalah para peserta antusias dan mampu memahami pentingnya mengupgrade diri dengan mengasah kompetensi dasar sebagai guru/pendidik al-qur'an alqur`an yang diantaranya kemampuan dasar sebagai guru Al-Qur’an, seperti manajemen pengelolaan kelas yang baik, teknik pengajaran metode Iqro’ yang mumpuni dan pengajaran murattal dasar

References

Aristyasari, Y.F., Azhar, C., 2020. Studi Komparasi Metode Iqro ’ Dan Metode Sepuluh Jam Belajar Membaca Alquran Dalam Pembelajaran Baca Tulis Alquran Pendahuluan Alquran Sebagai Pedoman Hidup Manusia Menjadi Suatu Objek Yang Wajib Hukumnya Dipelajari Bagi Setiap Manusia , Khususnya Umat Is. Al-Fikri J. Srudi Dan Penelit. Pendidik. Islam 3, 1–12.

Aulia, R., Sontani, U.T., 2018. Pengelolaan Kelas Sebagai Determinan Terhadap Hasil Belajar. J. Pendidik. Manaj. Perkantoran 3, 9. Https://Doi.Org/10.17509/Jpm.V3i2.11759

Elkarimah, M.F., Sutisna, U., 2021. Pendampingan Pengajaran Metode Iqro’ Untuk Guru-Guru Di Tpa Hayatinnur Tambun Selatan Bekasi. Absyara J. Pengabdi. Pada Masy. 2, 178–184. Https://Doi.Org/10.29408/Ab.V2i2.4059

Fauzan, A.H., 2015. Pola Pembinaan Baca Tulis Al-Qur’an (Btq) Sebagai Upaya Peningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran. Ar-Risalah Viii, 22.

Guru Smp Di Kecamatan Medan Deli, B., Ginting, P., Hasnah, Y., Husni Hasibuan, S., 2019. Jurnal Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Pkm Pelatihan Tindakan Kelas (Ptk) Berbasis Student Centered Learning 4, 58–72.

Mubarak, H., 2013. Upaya Guru Al-Qur’an Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-Qur’an Di Sdit Ukhuwah Banjarmasin. J. Stud. Insa. 1, 39. Https://Doi.Org/10.18592/Jsi.V1i1.1078

Downloads

Published

2023-06-20

How to Cite

Mia Fitriah Elkarimah, & Ahmad Jaeni MA. (2023). PKM MENGASAH KOMPETENSI DASAR GURU/PENDIDIK AL-QUR’AN MELALUI PELATIHAN SEHARI . Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(03), 577–583. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/128

Issue

Section

Articles