PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ASSEMBLER STUDIO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI TATA SURYA DI KELAS V SD INPRES FATUFETO 1 KUPANG
Keywords:
Assembler studio, tata surya, hasil belajarAbstract
Pendidikan di tingkat dasar memerlukan metode yang menarik untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memperkenalkan konsep dasar IPAS (Ilmu Pengetahuan dan Sosial) tentang tata surya melalui pendekatan teknologi yang interaktif. Metode yang digunakan dalam PKM ini meliputi media pembelajaran digital, tahap persiapan, pelakssanaan, dan tahap evaluasi. Adapun hasil pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat bagi siswa. Hasil menunjukkan bahwa penggunaan teknologi dalam pembelajaran dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan efektif. Kesimpulan dari pengabdian ini adalah bahwa penerapan media pembelajaran berbasis assembler studio dapat menjadi solusi inovatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa siswa di sekolah dasar, terutama dalam memahami konsep tentang tata surya.
References
Teti Suhati, Budi Hendrawan, Rahmat. (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Solcar
Berbantuan Assembler Studio Untuk meningkatkan Hasil Belajar IPAS Materi Sistem Tata Surya Kelas VI Sekolah Dasar, 1(2) 3025-7999
Handayani, T., & Asih, S (2024). Penerapan Media Augmented Reality Menggunakan Assemblr
Edu untuk Meningkatkan Prestasi Akademik bidang IPAS di tingkat Sekolah Dasar.
Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 33 (02), 129-146
Laily, A., & Nurmawati, R. (2024). Pengruh Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media
Assembler Edu terhadap Hasil Belajar IPA siswa. Jurnal Pendidikan IPA, 14 (02), 75-83
Risky, F., dkk. 2025. Pengaruh Media Pembelajaran Assembler Edu terhadap Hasil Belajar IPAS Peserta didik di SDN Jgakarsa 03 Pagi. Jurnal Akuntasi Hukum dan Edukasi. 2(1). 3046-7896
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sisilia Jessica Natun, Yulsy Marselina Nitte, Yohana Gelu Lerek, Aprilia Kou Rengu, Diana Ristuti Matta, Rita Vivi Manu, Stenly Tabun, Benyamin Usfinit, Susandra Apriliance Mbado

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.