PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ASSEMBLER STUDIO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI TATA SURYA DI KELAS V SD INPRES FATUFETO 1 KUPANG

Authors

  • Sisilia Jessica Natun Universitas Citra Bangsa
  • Yulsy Marselina Nitte Universitas Citra Bangsa Kupang
  • Yohana Gelu Lerek Universitas Citra Bangsa
  • Aprilia Kou Rengu Universitas Citra Bangsa
  • Diana Ristuti Matta Universitas Citra Bangsa
  • Rita Vivi Manu Universitas Citra Bangsa
  • Stenly Tabun Universitas Citra Bangsa
  • Benyamin Usfinit Universitas Citra Bangsa
  • Susandra Apriliance Mbado Universitas Citra Bangsa

Keywords:

Assembler studio, tata surya, hasil belajar

Abstract

Pendidikan di tingkat dasar memerlukan metode yang menarik untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memperkenalkan konsep dasar IPAS (Ilmu Pengetahuan dan Sosial) tentang tata surya melalui pendekatan teknologi yang interaktif. Metode yang digunakan dalam PKM ini meliputi media pembelajaran digital, tahap persiapan, pelakssanaan, dan tahap evaluasi. Adapun hasil pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat bagi siswa. Hasil menunjukkan bahwa penggunaan teknologi dalam pembelajaran dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan efektif. Kesimpulan dari pengabdian ini adalah bahwa penerapan media pembelajaran berbasis assembler studio dapat menjadi solusi inovatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa siswa di sekolah dasar, terutama dalam memahami konsep tentang tata surya.

References

Teti Suhati, Budi Hendrawan, Rahmat. (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Solcar

Berbantuan Assembler Studio Untuk meningkatkan Hasil Belajar IPAS Materi Sistem Tata Surya Kelas VI Sekolah Dasar, 1(2) 3025-7999

Handayani, T., & Asih, S (2024). Penerapan Media Augmented Reality Menggunakan Assemblr

Edu untuk Meningkatkan Prestasi Akademik bidang IPAS di tingkat Sekolah Dasar.

Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 33 (02), 129-146

Laily, A., & Nurmawati, R. (2024). Pengruh Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media

Assembler Edu terhadap Hasil Belajar IPA siswa. Jurnal Pendidikan IPA, 14 (02), 75-83

Risky, F., dkk. 2025. Pengaruh Media Pembelajaran Assembler Edu terhadap Hasil Belajar IPAS Peserta didik di SDN Jgakarsa 03 Pagi. Jurnal Akuntasi Hukum dan Edukasi. 2(1). 3046-7896

Downloads

Published

2025-08-15

How to Cite

Natun, S. J., Nitte, Y. M., Lerek, Y. G., Rengu, A. K., Matta, D. R., Manu, R. V., Tabun, S., Usfinit, B., & Mbado, S. A. (2025). PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ASSEMBLER STUDIO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI TATA SURYA DI KELAS V SD INPRES FATUFETO 1 KUPANG . Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(04), 1441–1446. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/1193