PELESTARIAN BUDAYA LOKAL MELALUI TARI BAHALAI UPAYA MENINGKATKAN APRESIASI SENI DAN POTENSI SISWA

Authors

  • Yulia Amelia Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Siti Herlinawati Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Elva Ramadiyanti Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya
  • Istiyati Mahmudah Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

Keywords:

Pelestarian budaya, Tari Bahalai, apresiasi seni, potensi siswa, pendidikan seni.

Abstract

Pelestarian budaya lokal merupakan aspek penting dalam menjaga identitas dan kekayaan warisan bangsa. Tari Bahalai, sebagai salah satu tarian tradisional yang mengandung nilai-nilai kearifan lokal, dapat dijadikan sarana edukatif untuk meningkatkan apresiasi seni di kalangan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran Tari Bahalai dalam meningkatkan apresiasi seni dan menggali potensi siswa di lingkungan sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran yang melibatkan Tari Bahalai dapat memperkuat kecintaan siswa terhadap budaya lokal, mengembangkan kreativitas, serta membangun rasa percaya diri dan kerjasama. Oleh karena itu, pengintegrasian seni tari tradisional dalam dunia pendidikan menjadi langkah strategis dalam upaya pelestarian budaya sekaligus pengembangan potensi generasi muda.

References

Afifah, R. N. A. N., & Sinaga, S. I. (2022). Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Sosial Anak Pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Journal of Early Childhood Education, 5.

Anggraini, P. A., Mahmudah, I., Ferkhory, A. N., & Ramadhani, W. A. (2023). TANDIK : JURNAL SENI DAN PENDIDIKAN SENI Program Pendidikan Seni Tari STKIP PGRI Banjarmasin Tersedia Daring pada : https://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/tandik EVALUASI PEMBELAJARAN MATERI SENI TARI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK 3(1), 1–11.

Annisa, D. R., & Mahmudah, I. (2024). Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Melalui Ekstrakurikuler Tari Di SDIT Tiara Az-Zahra Palangka Raya. TACET Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni, 3(1), 1. https://doi.org/10.26418/tacet.v3i1.77730

Mahmudah, I. (2023). Penerapan Ekstrakurikuler Tari Tradisional Dayak Khas Kalimantan Tengah di SDS Bina Bangsa 04. Pensi Jurnal Ilmiah Pendidikan Seni, 3(June), 85. https://doi.org/10.59997/pensi.v3i1.2366

Mahmudah, I. (2024). Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Melalui Ekstrakurikuler Tari Di SDIT Tiara Az-Zahra Palangka Raya. August. https://doi.org/10.26418/tacet.v3i1.77730

Mila Anggraini, I. M. (2024). Penggunaan Media Audio Visual Pada Ekstrakurikuler Seni Tari di MIN 3 Kota Palangka Raya TANDIK : JURNAL SENI DAN PENDIDIKAN SENI Program Studi Pendidikan Seni Tari THE INFLUENCE OF AUDIO VISUALS ON EXTRACURRICULAR DANCE IN MIN 3. May.

Suparmi, N. K. (2023). PENTINGNYA PEMBELAJARAN TARI TRADISIONAL DI SEKOLAH DALAM MENUMBUHKAN RASA CINTA BUDAYA SISWA. Jurnal Kependidikan, 07(02), 51–52.

Susanti, D. (n.d.). Analisis Tari Manjolang Sonjo Di Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar Propinsi Riau. Jurnal Pendidikan Seni Drama, Tari Dan Musik, 2, 62–72.

Downloads

Published

2025-04-15

How to Cite

Amelia, Y., Herlinawati, S., Ramadiyanti, E., & Mahmudah, I. (2025). PELESTARIAN BUDAYA LOKAL MELALUI TARI BAHALAI UPAYA MENINGKATKAN APRESIASI SENI DAN POTENSI SISWA. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(02), 752–759. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/987

Issue

Section

Articles