SOSIALISASI DAN PELATIHAN PEMASARAN DIGITAL PADA USAHA KULINER DI KELURAHAN BASTIONG TALANGAME
Keywords:
Pemasaran Digital, Usaha KulinerAbstract
Bisnis kuliner merupakan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang memberikan konstribusi dalam pertumbuhan ekonomi di Kota Ternate. Namun perkembangan usaha kuliner ini masih cukup rendah, karena masih terdapatnya beberapa pengusaha kuliner tersebut belum memahami untuk memperkenalkan hasil kulinernya melalui digital marketing. Dengan demikian pelaksanaan PKM ini memberikan solusi tersebut, dengan cara memberikan pemahaman tentang definisi digital marketing, manfaat menggunakan digital marketing, kekurangan menggunakan digital marketing, jenis digital marketing, dan memberikan pelatihan tentang cara membuat promosi produk pada media facebook. Digital marketing dapat menjangkau konsumen yang lebih luas dan cepat dibandingkan dengan pemasaran yang konvensional. Hasil kuliner yang ditawarkan secara online harus memiliki nilai keunikan sebagai pembeda dari produk yang lain. Keunikan tersebut meliputi kualitas produk, desain, kemasan, pelayanan online serta pengantaran produk ke konsumen.
References
Abdul Rahman Jannang, Zulaiha Husen, Abdul Hadi Sirat, 2024. Sosialisasi dan pelatihan usaha kuliner yang higienis di kelurahan Dufa Dufa. Jurnal Pedimas Pasifik, Vol. 03, No. 02, E-ISSN: 2963-3206, Page: 68-75
Akhmad Irwansyah Siregar, 2024. Digital Marketing dalam Menghadapi Persaingan Bisnis di Era Digital: Kajian Konseptual. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi. Lembaga Penellitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Vol 24, No 3, 2921-2930. DOI: 10.33087/jiubj.v24i3.5678. e-ISSN: 2549-4236, p-ISSN: 1411-8939
Andy Prasetyo Wati, Jefry Aulia Martha, Aniek Indrawati, 2020. Digital Marketing. Cetakan pertama. Edulitera (Anggota IKAPI – No. 211/JTI/2019), Imprint PT. Literindo Berkah Karya, Jl. Apel No. 28 A Semanding, Sumbersekar, Dau, Kab. Malang (65151). ISBN: 978-623-6634-41-7
Dinda Fatmah, Mirhamida Rahmah, Chamdan Purnama, 2024. Pendampingan optimalisasi pengembangan UMKM kebab pizza ukhti di Kediri melalui promosi digital, pembaruan visual produk, dan implementasi pembayaran qris untuk meningkatkan daya saing. Jurnal Gembira (Pengabdian Kepada Masyarakat). Vol. 2, No. 6, E-ISSN 2985-3346
Hardilawati, W. laura, 2020. Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 10(1), 89–98
Hasbuna Nikmah Shalehah, Abdul Syahid, Amaliya Syamsara, Aghnia Assifa Nadia, Maulida Zahrotun Niesrina, Dimitria Rinalgi, Triono Budi Nugroho, 2024. Edukasi penggunaan media sosial sebagai penyalur berita demi menigkatkan critical thinking pada siswa SMP Islam Darussalam Palangka Raya. Jurnal Gembira (Pengabdian Kepada Masyarakat). Vol. 2, No. 3, E-ISSN 2985-3346
Ivonne Ayesha, I Wayan Adi Pratama, Syahril Hasan, Amaliyah, Nur Ika Effendi, Tri Yusnanto, Ni Desak Made Santi Diwyarthi, Ristianawati Dwi Utami, Adhy Firdaus, Mumuh Mulyana, Fitriana, Norhidayati dan Ash Shadiq Egim, 2022. Digital marketing (tinjauan konseptual). PT. Global eksekutif teknologi, Jl. Pasir Sebelah No. 30 RT 002 RW 001, kelurahan Pasie Nan Tigo, kecamatan Koto Tangah, Padang Sumatera Barat. Cetakan pertama, ISBN: 978-623-5383-27-9
Juan Yake Sarwom, Warekhe Faustina Adolmina Mabel, Fathur Rahman, Yohana Desiyanti Pabendan, 2024. Pelatihan dan pendampingan aplikasi siapik pada pelaku usaha UMKM bouquet bunga di Kota Jayapura. Jurnal Gembira (Pengabdian Kepada Masyarakat). Vol. 2, No. 3, E-ISSN 2985-3346
Kota Ternata dalam angka, 2024. https://web-pi.bps.go.id/download.php?f=aC7gx0cL8lX.
Kotler Philip, dan Keller Kevin Lane, 2016. Marketing Management, 15 Global Edition, By Pearson Education Limited, Inc
Pamela Intan Arlianti, Rahmah Ningsih, Luqmanul Khakim, Lutfi Maryatul Kiptiyah, Erika Adistia, Raka Tri Oktaf Putra, Rima Melati, Siti Maratus Soleha, 2024. Sosialisasi digital marketing pada UMKM desa Rejomulyo. Jurnal Gembira (Pengabdian Kepada Masyarakat). Vol. 2, No. 5, E-ISSN 2985-3346
Raihan Taufiq, Silfa Yunita, A. Akbar Raihan, Nurul Khotimah, Khusnul Fatimah, Muh. Bahtiar, Reski Amelia, M. Arjun, Ahmad Farham Majid, 2025. Digitalisasi desa melalui implementasi website desa sebagai sistem informasi di desa Gattareng Matinggi kabupaten Maros. Jurnal Gembira (Pengabdian Kepada Masyarakat). Vol. 3, No. 2, E-ISSN 2985-3346
Nurmala, Tri Sinari, Ema Lilianti, Jusmany, Emilda, Aryo Arifin, Nurkadina Novalia, 2022. Usaha Kuliner Sebagai Penggerak UMKM Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal pengabdian kepada masyarakat, Aksi kepada masyaraka (AKM)t. Vol 3, No 1
Maskarto Lucky Nara Rosmadi, 2021. Penerapan Strategi Bisnis di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal IKRA-ITH Ekonomika. Vol 4 No 1
Zulaiha, Abdul Rahman Jannang, 2023. Bisnis kuliner makanan dan minuman sebagai penggerak Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Gambesi. Jurnal Pedimas Pasifik, Vol. 02, No. 02, E-ISSN: 2963-3206, Page: 64-71
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Abdul Rahman Jannang, Zulaiha Husen; Abdul Hadi Sirat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.