OPTIMALISASI DAMPAK KKN MELALUI PROGRAM TERPADU DI BIDANG PENDIDIKAN, KEAGAMAAN, DAN PEMBANGUNAN
Keywords:
KKN, Community Service, RoleAbstract
Kelompok KKN 76 Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar bertempat di Desa Maddenra, Kecamatan Kulo, Kabupaten Sidenreng Rappang (SIDRAP) merupakan salah satu bentuk pengabdian masyarakat. KKN ini dilaksanakan selama 45 hari sejak tanggal 8 Januari hingga 21 Februari 2025. Kegiatan utama yang dilakukan yaitu asistensi mengajar serta Bidang tambahan lain. Kegiatan KKN ini bertujuan untuk mengupayakan peningkatan kualitas pendidikan terutama di Desa Maddenra. Metode pelaksanaan KKN ini terdiri dari kegiatan survey atau observasi serta perencanaan kegiatan. Kegiatan yang dilakukan mahasiswa KKN mendapat sambutan dan respon yang cukup baik dari pihak terkait. Hal ini ditunjukkan dengan adanya kerjasama antara mahasiswa KKN dengan pihak terkait, seperti guru, masyarakat desa, serta aparat desa. Kegiatan KKN ini diharapkan dapat memberikan manfaat baik bagi masyarakat, apparat desa, serta pihak terkait maupun bagi mahasiswa KKN.
References
Elizagoyen, Vanessa, and Jacques Pons. “PERAN MAHASISWA DI MASYARAKAT.” ADLFI. Archéologie de La France - Informations 1, no. 1 (2008): 32–43.
Ir Sutami, Jl, A Kentingan Surakarta, Bela Triyani, and Fatikhah Hani Salmalina. “Mencari Format Pengabdian Internasional Sesuai Kebutuhan Bangsa Indonesia Peran Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kkn) Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Sebagai Wujud Pengabdian Di Kampung Nirbitan Tipes.” Seminar Nasional Sendimas Uns Membangun Desa, 2023, 12–21.
Syardiansah, Syardiansah. “Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Bagian Dari Pengembangan Kompetensi Mahasiswa.” JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam) 7, no. 1 (2019): 57–68.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Hafsah Ameliah Parassa, Bulqis Latifa Wahab, Nur Akmaliah, Nurul Aisya, Surianti, Nur Arikah, Syahrul SyamSubair, Abdi Mirham Nur, Muh. Nu’man, Ismail, Santri Sahar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.