SOSIALISASI PENGELOLAAN STRES PADA SISWA UNTUK MENINGKATKAN KESEHATAN MENTAL DI SMA KOTA PADANG
Keywords:
Pengelolaan Stress, kesehatan mentaL, siswa.Abstract
Kesehatan mental siswa di Sekolah Menengah Atas (SMA) merupakan isu penting yang perlu mendapat perhatian, terutama terkait dengan stres yang mereka alami akibat tekanan akademik dan sosial. Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengidentifikasi cara-cara yang efektif dalam mensosialisasikan pengelolaan stres kepada siswa SMA guna meningkatkan kesehatan mental mereka. Program ini melibatkan kepala sekolah, guru Bimbingan Konseling (BK), dan siswa dalam implementasi teknik-teknik pengelolaan stres yang meliputi relaksasi, pernapasan dalam, serta manajemen waktu yang baik. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa siswa yang mengikuti program ini merasa lebih mampu mengelola stres, dengan tingkat kecemasan yang menurun secara signifikan. Program ini juga mendapatkan dukungan yang baik dari pihak sekolah yang berkomitmen untuk mengintegrasikan pengelolaan stres dalam kegiatan sekolah. Melalui pendekatan ini, diharapkan siswa tidak hanya mengurangi stres tetapi juga meningkatkan kesehatan mental mereka secara keseluruhan.
References
Hendri, A. (2023). Kesehatan Mental Remaja: Perspektif Psikologi Pendidikan. Jakarta: Penerbit Gramedia.
Wulandari, S. (2022). "Pengaruh Program Pengelolaan Stres Terhadap Kesehatan Mental Siswa di SMA." Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling, 12(2), 123-135.
Suharto, B. (2024). Stres Akademik dan Dampaknya pada Siswa SMA. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Prasetyo, D. (2021). "Stres dan Peran Guru dalam Mendukung Kesehatan Mental Siswa." Jurnal Pendidikan dan Psikologi, 8(3), 54-67.
Sari, M. (2021). "Pendekatan Sosialisasi dalam Pengelolaan Stres di Sekolah." Jurnal Pendidikan Psikologi Indonesia, 5(1), 21-34.
Kurniawan, F. (2025). Manajemen Kesehatan Mental untuk Remaja: Pengelolaan Stres di Sekolah. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya.
Setiawan, T. (2023). "Program Pencegahan Stres untuk Siswa SMA: Teori dan Praktek." Jurnal Kesehatan Mental Indonesia, 15(4), 98-112.
Ardiansyah, R. (2023). Pengaruh beban akademik terhadap tingkat stres pada siswa SMA. Jurnal Psikologi Remaja, 9(1), 22–31.
Handayani, L., & Permatasari, N. (2021). Peran sekolah dalam mendukung kesehatan mental peserta didik. Jurnal Pendidikan dan Konseling Indonesia, 7(2), 45–56.
Nugroho, H. (2022). Intervensi psikologis dalam menurunkan stres akademik siswa SMA. Jurnal Intervensi Psikologi dan Pendidikan, 6(3), 89–100.
Putri, M. A. (2024). Strategi coping siswa dalam menghadapi stres selama masa pandemi di lingkungan sekolah. Jurnal Bimbingan dan Konseling Nusantara, 10(1), 14–25.
Rahmawati, I., & Yusuf, M. (2025). Efektivitas pelatihan manajemen stres dalam meningkatkan kesejahteraan psikologis siswa SMA. Jurnal Psikologi Terapan, 13(2), 76–85.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 siti handam dewi dewi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.