EMOSI AKADEMIK: PERAN DAN PENGARUHNYA DALAM PEMBELAJARAN BAGI MAHASISWA BARU PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS, FBS UNM

Authors

  • Maemuna Muhayyang Universitas Negeri Makassar
  • Asriati Asriati Universitas Negeri Makassar
  • Hasriani G Universitas Negeri Makassar
  • Himala Praptami Adys Universitas Negeri Makassar
  • Fitri Radhiyani Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Emosi akademik, faktor internal dan eksternal, manajemen emosi akademik

Abstract

Pelatihan ini yang dikemas dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat bertujuan untuk membekali dan membantu mahasiswa baru Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, FBS UNM tahun akademik 2024/2025 mengenali dan memahami emosi akademik dengan berbagai faktor yang memengaruhinya, dan mengetahui cara mengelola emosi akademik mereka dengan baik. Kegiatan ini dilakukan secara interaktif melalui tiga metode: (1) ceramah dengan pemaparan materi emosi akademik melalui LCD, (2) diskusi untuk menjawab pertanyaan peserta, dan (3) presentasi mahasiswa tentang kasus emosi akademik yang mereka hadapi. Hasil pelatihan ini menunjukkan bahwa (1) mahasiswa dalam mengenali, memahami, dan mengelola emosi akademik sangat penting untuk mendukung pencapaian hasil akademik yang optimal, (2) faktor internal dan eksternal memengaruhi emosi akademik mereka: faktor internal terdiri atas kepercayaan diri, motivasi intrinsik, dan kondisi psikologis, sedangkan faktor eksternal adalah lingkungan belajar, metode pengajaran, dan dukungan sosial; (3) mahasiswa mengelola emosi akademik dengan cara meningkatkan kesadaran emosional, mengembangkan pola pikir positif, menerapkan strategi manajemen stress, manajemen waktu yang efektif,  membangun lingkungan belajar yang positif, dan mendapatkan dukungan sosial yang memadai. Berdasarkan hasil ini, disimpulkan bahwa pelatihan ini efektik membantu mahasiswa mengenali, memahami, dan mengelola emosi akademik mereka yang memegang andil dalam keberhasilannya menjalani akademik di perguruan tinggi.

References

Ainley, M. (2006). Connecting with Learning: Motivation, Affect and Cognition in Interest Processes. Educational Psychology Review, 18(4), 391-405.

Boekaerts, M. (1993). Being Concerned with Well-being and with Learning. Educational Psychologist, 28(2), 149-167.

Deci, E. L., & Ryan, R. M. (1985). Intrinsic motivation and self-determination in human behavior. Springer Science & Business Media.

Efklides, A., & Volet, S. (2005). Emotional Experiences During Learning: Multiple, Situated and Dynamic. Learning and Instruction, 15(5), 377-380.

Fredrickson, B. L. (2001). The Role of Positive Emotions in Positive Psychology: The Broaden-and-Build Theory of Positive Emotions. American Psychologist, 56(3), 218-226.

Goleman, D. (1995). Emotional Intelligence: Why It Can Matter More Than IQ. Bantam Books.

Lazarus, R. S. (1991). Emotion and Adaptation. Oxford University Press.

Linnenbrink, E. A. (2006). Emotion and Motivation in Classroom Contexts. Educational Psychologist, 41(3), 113-127.

Mega, C., Ronconi, L., & De Beni, R. (2014). What Makes a Good Student? How Emotions, Self-Regulated Learning, and Motivation Contribute to Academic Achievement. Journal of Educational Psychology, 106(1), 121-131.

Pekrun, R., Goetz, T., Titz, W., & Perry, R. P. (2002). Academic Emotions in Students' Self-Regulated Learning and Achievement: A Program of Qualitative and Quantitative Research. Educational Psychologist, 37(2), 91-105.

Pekrun, R. (2006). The Control-Value Theory of Achievement Emotions: Assumptions, Corollaries, and Implications for Educational Research and Practice. Educational Psychology Review, 18(4), 315-341.

Pekrun, R. (2014). Emotions and learning. Educational Practices Series, UNESCO.

Pintrich, P. R. (2003). A Motivational Science Perspective on the Role of Student Motivation in Learning and Teaching Contexts. Journal of Educational Psychology, 95(4), 667-686.

Prasetyo, A., & Handayani, M. (2023). Kecerdasan emosional dan motivasi belajar mahasiswa. Journal of Educational Psychology, 15(1), 45-60.

Rahmawati, D., & Nugroho, S. (2022). Strategi coping dalam mengurangi kecemasan akademik. Indonesian Journal of Psychology, 10(2), 112-128.

Saputra, R., & Suharnomo, T. (2021). Stres akademik dan kesehatan mental mahasiswa. Journal of Mental Health Studies, 8(3), 78-94.

Schutz, P. A., & Pekrun, R. (2007). Emotion in Education. Elsevier: Academic Press.

Setiawan, B., & Kartika, W. (2020). Dukungan keluarga dalam mengurangi stres akademik mahasiswa. Family and Education Journal, 7(2), 55-70.

Sutton, R. E., & Wheatley, K. F. (2003). Teachers' Emotions and Teaching: A Review of the Literature and Directions for Future Research. Educational Psychology Review, 15(4), 327-358.

Wijayanti, L., & Santoso, H. (2024). Emosi positif dan keterlibatan dalam pembelajaran. Journal of Higher Education, 18(1), 30-47.

Weiner, B. (1985). An Attributional Theory of Achievement Motivation and Emotion. Psychological Review, 92(4), 548-573.

Zeidner, M. (1998). Test Anxiety: The State of the Art. Springer Science & Business Media.

Downloads

Published

2025-04-15

How to Cite

Muhayyang, M., Asriati, A., G, H., Adys, H. P., & Radhiyani, F. (2025). EMOSI AKADEMIK: PERAN DAN PENGARUHNYA DALAM PEMBELAJARAN BAGI MAHASISWA BARU PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS, FBS UNM. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(02), 718–728. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/980

Issue

Section

Articles