STRATEGI MANAJEMEN SEKOLAH SEHAT: INTEGRASI OLAHRAGA RUTIN DAN PEMANFAATAN TOGA UNTUK MENINGKATKAN IMUNITAS SISWA

Authors

  • Indah Lestari Universitas Jabal Ghafur
  • Lisa Rahmi Universitas Jabal Ghafur
  • Sumarjo Sumarjo Universitas Jabal Ghafur
  • Usni Khamsur Ramadhan Universitas Jabal Ghafur
  • Syahru Ramadhan Universitas Jabal Ghafur

Keywords:

Manajemen Sekolah, Olahraga, Pemanfaatan TOGA, Imunitas Siswa

Abstract

Kesehatan siswa merupakan faktor kunci dalam mendukung proses pembelajaran yang optimal. Salah satu cara untuk meningkatkan kesehatan siswa adalah dengan menerapkan program Sekolah Sehat yang melibatkan olahraga rutin dan pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (TOGA). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengimplementasikan strategi manajemen sekolah sehat yang mengintegrasikan olahraga teratur dan pemanfaatan TOGA sebagai upaya meningkatkan imunitas siswa. Program ini dilakukan di beberapa sekolah dasar dengan melibatkan siswa, guru, dan orang tua. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini meliputi pelatihan rutin olahraga, pembudidayaan tanaman obat, dan penyuluhan kepada masyarakat sekolah mengenai manfaat keduanya untuk kesehatan. Hasil dari pelaksanaan program ini menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan dan kesadaran kesehatan pada siswa, serta peningkatan daya tahan tubuh yang tercermin dari penurunan tingkat sakit pada siswa. Selain itu, keterlibatan siswa dalam pemeliharaan TOGA di sekolah juga meningkatkan pemahaman mereka mengenai pengobatan alami. Program ini diharapkan dapat berkelanjutan dan diterapkan di lebih banyak sekolah untuk menciptakan lingkungan belajar yang sehat dan mendukung perkembangan siswa secara holistik.

References

Bahar, A., & Rahman, S. (2019). Efektivitas Olahraga Rutin dalam Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Siswa. Jurnal Kesehatan dan Olahraga, 7(1), 53-60.

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemdikbud. (2018). Penerapan Sekolah Sehat dalam Pendidikan Formal di Indonesia. Jakarta: Kemdikbud.

Donnelly, J. E., Hillman, C. H., Castelli, D., Etnier, J. L., Lee, S., Tomporowski, P., ... & Szabo-Reed, A. N. (2016). Physical activity, fitness, cognitive function, and academic achievement in children: A systematic review. Medicine and Science in Sports and Exercise, 48(6), 1197–1222. https://doi.org/10.1249/MSS.0000000000000901

Fadilah, A. N., Hidayati, N., & Prabowo, K. A. (2022). Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) untuk Meningkatkan Imunitas di Masa Pandemi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM), 8(1), 77–85. https://doi.org/10.31294/jpkm.v8i1.11724

Fitrani, E., & Sari, P. (2022). Program Pengembangan Kesehatan Mental dan Fisik di Sekolah Melalui Olahraga Rutin dan Kebiasaan Sehat. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 6(3), 134-140.

Israel, B. A., Eng, E., Schulz, A. J., & Parker, E. A. (2010). Methods in Community-Based Participatory Research for Health (2nd ed.). San Francisco: Jossey-Bass.

Janssen, I., & LeBlanc, A. G. (2010). Systematic review of the health benefits of physical activity and fitness in school-aged children and youth. International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity, 7(40), 1–16. https://doi.org/10.1186/1479-5868-7-40

Kartini, R., Nurjanah, S., & Hidayati, N. (2020). Pemanfaatan tanaman obat keluarga dalam peningkatan daya tahan tubuh masyarakat. Jurnal Abdimas Mutiara Mahakam, 2(1), 11–20.

Kemenpora. (2021). Pedoman Program Olahraga Sekolah di Indonesia. Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2022). Pedoman Umum Sekolah Sehat. Jakarta: Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat.

Kementerian Kesehatan RI. (2020). Pedoman Sekolah Sehat 2020. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia. (2021). Panduan Aktivitas Fisik untuk Siswa Sekolah Dasar. Jakarta: Kemenpora RI.

Notoatmodjo, S. (2012). Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta.

Sari, M. E., dkk. (2021). Penerapan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) untuk Meningkatkan Pola Hidup Sehat di Masyarakat. Jurnal Agribisnis, 9(1), 67-75.

Suwandi, T., dkk. (2020). Membangun Sekolah Sehat Melalui Kolaborasi Olahraga dan Kegiatan Kesehatan Alamiah. Jurnal Pendidikan dan Kesehatan, 8(1), 45-50.

Widyastuti, S., dkk. (2021). Studi Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga dalam Meningkatkan Kesehatan di Sekolah-sekolah Kota. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 14(2), 110-117.

World Health Organization. (2020). Guidelines on Physical Activity and Sedentary Behaviour. Geneva: WHO Press. https://www.who.int/publications/i/item/9789240015128

Yulianti, E., dkk. (2020). Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) untuk Meningkatkan Kesehatan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 12(2), 101-108.

Yulianti, L., Herawati, E., & Sari, L. K. (2020). Edukasi dan Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) dalam Meningkatkan Imunitas Keluarga. Jurnal Abdimas Indonesia, 2(2), 67–74. https://doi.org/10.22219/jai.v2i2.11817

Downloads

Published

2025-04-15

How to Cite

Lestari, I., Rahmi, L., Sumarjo, S., Ramadhan, U. K., & Ramadhan, S. (2025). STRATEGI MANAJEMEN SEKOLAH SEHAT: INTEGRASI OLAHRAGA RUTIN DAN PEMANFAATAN TOGA UNTUK MENINGKATKAN IMUNITAS SISWA. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(02), 669–679. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/975

Issue

Section

Articles