PELATIHAN PENGEMBANGAN MATERI AJAR MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA UNTUK GURU SMK MUHAMMADIYAH 1
Keywords:
Bahan Ajar, Canva, GuruAbstract
Turut mensukseskan program pemerintah yaitu Program SMK Pusat Keunggulan, SMK Muhammadiyah 1 Palembang berupaya meningkatkan kualitas anak didiknya dengan memastikan bahwa proses pembelajaran berhasil dengan materi ajar yang diberikan dapat diterima dengan baik. SMK Muhammadiyah 1 Palembang telah berupaya agar materi yang diberikan dapat diterima peserta didik dengan menyesuaikan media pembelajaran yang digunakan agar sesuai dengan perkembangan zaman dan efektif diterapkan pada generasi masa kini, yaitu dengan menggunakan media pembelajaran yang interaktif. Salah satu tools yang dapat digunakan adalah Canva. Canva menyediakan berbagai tools yang memungkinkan penggunanya melakukan desain grafis baik melalui website maupun aplikasi pada smartphone. Hasil pengukuran pemahaman peserta didik mengenai materi yang diberikan menunjukkan 92% peserta memahami materi dan mampu menggunakan Canva untuk membuat bahan ajar yang interaktif.
References
Ayunda, A. Z., Salsabila, U. H., Zuhby, N. El, & Urbaningkrum, S. M. (2021). Peningkatan Kinerja Guru pada Masa Pandemi Dengan Sistem Daring. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3). https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.39810
Faisal, Muh., Hotimah, Nurhaedah, AP, N., & Khaerunnisa. (2020). Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar dalam Mengembangkan Bahan Ajar Digital di Kabupaten Gowa. Jurnal Publikasi Pendidikan, 10(3).
Irsan, I., G, A. L. Nurmaya., Pertiwi, A., & R, F. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Inovatif Menggunakan Canva. Jurnal Abdidas, 2(6). https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i6.498
Junaedi, S. (2021). Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Kemampuan Kreatifitas Mahasiswa pada Mata Kuliah English for Information Communication and Technology. Bangun Rekaprima, 7(2).
Novia Utami Putri. (2022). PENGENALAN APLIKASI CANVA KEPADA MASYARAKAT DAN STAF PEMERINTAHAN DESA SIDOSARI LAMPUNG SELATAN. Journal of Technologyand Social for Community Service(JTSCS), 3(1), 63–69.
Resmini, S., Satriani, I., & Rafi, M. (2021). Pelatihan penggunaan aplikasi canva sebagai media pembuatan bahan ajar dalam pembelajaran bahasa Inggris. Abdimas Siliwangi, 4(2).
Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(2). https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i2.104261
Widayanti, L., Kala’lembang, A., Adhariyanty Rahayu, W., Yulia Riska, S., & Arya Sapoetra, Y. (2021). Edukasi Pembuatan Desain Grafis Menarik Menggunakan Aplikasi Canva. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2). https://doi.org/10.32815/jpm.v2i2.813
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rezania Agramanisti Azdy, Yesi Sriyeni, Yarza Aprizal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.