SOSIALISASI ETIKA LITERASI DIGITAL DI SMAN 4 KOTA KUPANG

Authors

  • Ephifania A.P. Rupidara Universitas Nusa Cendana
  • Mira Wadu Universitas Nusa Cendana
  • Yulsy M. Nitte Universitas Citra Bangsa Kupang
  • Stevandy Manu Universitas Nusa Cendana
  • Anselma P. Bouk Universitas Nusa Cendana
  • Apriyandi A. Masus Universitas Nusa Cendana
  • Putri A.I. Solumodok Universitas Nusa Cendana
  • Anastasya A. Ngongo Universitas Nusa Cendana
  • Fares S. Naidjuf Universitas Nusa Cendana

Keywords:

etika digital, literasi digital, partisipasi siswa, sekolah

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang etika literasi digital di SMAN 4 Kupang. Materi yang disampaikan mencakup pengertian etika literasi digital, jenis-jenis etika seperti etika komunikasi digital, etika transaksi digital, perlindungan privasi, berbagi informasi, dan hak cipta, serta dampak positif dan negatif dari penerapan atau pelanggaran etika tersebut, termasuk sanksi hukum. Kegiatan dilakukan dalam bentuk seminar interaktif dengan bantuan guru mata pelajaran untuk menciptakan suasana kelas yang kondusif. Hasilnya menunjukkan adanya peningkatan partisipasi siswa. Beberapa rekomendasi yang dihasilkan adalah penggunaan diskusi kelompok kecil, variasi metode seperti simulasi kasus dan video edukatif, serta kolaborasi intensif dengan guru dalam pengelolaan kelas

References

Hamzah, B., & Muchtar, A. (2018). Penggunaan Media Interaktif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Era Digital. Jurnal Teknologi Pendidikan, 20(1), 20-31.

Hanafi, M., Naily, N., Salahudin, N., & Riza, A. K. (2015). Community-Based Research: Sebuah Pengantar. Surabaya: LP2M UIN Sunan Ampel Surabaya.

Lickona, T. (1991). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.

Piaget, J. (1970). Science of Education and the Psychology of the Child. New York: Viking Press.

UNESCO. (2017). Media and Information Literacy: Reinforcing Human Rights, Countering Radicalization and Extremism. United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization.

Putra, P. (2022). Etika Literasi Digital: Konsep, Implementasi, dan Tantangan di Era Media Sosial. Jurnal Ilmu Komunikasi Digital, 3(1), 45-58.

Pratama, R. & Wulandari, T. (2021). Pendidikan Etika Digital bagi Siswa Sekolah Menengah: Upaya Membangun Karakter di Era 4.0. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(3), 456-467.

Downloads

Published

2025-04-15

How to Cite

Rupidara, E. A., Wadu, M., Nitte, Y. M., Manu, S., Bouk, A. P., Masus, A. A., Solumodok, P. A., Ngongo, A. A., & Naidjuf, F. S. (2025). SOSIALISASI ETIKA LITERASI DIGITAL DI SMAN 4 KOTA KUPANG. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(02), 655–662. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/962

Issue

Section

Articles