PENGUATAN EKONOMI DIGITAL MELALUI PELATIHAN DIGITAL ENTREPRENEURSHIP BAGI UMKM DI DESA SUKARAGAM

Authors

  • Ahmad Gunawan Universitas Pelita Bangsa
  • Ucok Darmanto Soer Universitas Pelita Bangsa
  • Tri Wahyu Wirjawan Universitas Pelita Bangsa

Keywords:

Pelatihan, , Digital entrepneurship, Ekonomi Digital

Abstract

Kebijakan pemerintah Indonesia untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi digital menuntut para pelaku UMKM untuk dapat bertransformasi ke arah digitalisasi melalui pengembangan Kewirausahaan Digital (Digital Entrepreneurship). Namun demikian, pengembangan Digital Entrepreneurship di Indonesia dinilai masih rendah. Keterbatasan kemampuan UMKM dalam menggunakan teknologi serta kurangnya edukasi dan pemahaman literasi digital disinyalir menjadi hambatan dalam pengembangan Digital Entrepreneurship. Permasalahan ini juga dirasakan oleh para pelaku UMKM di Desa Sukaragam, Serangbaru Kab. Bekasi. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk pengembangan dan penguatan literasi Digital Entrepreneurship serta memotivasi para pelaku UMKM agar dapat bertransformasi ke arah digitalisasi dalam menjalankan bisnisnya. Khalayak sasaran dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah para pelaku UMKM di Desa Sukargam dengan jenis usaha bergerak dibidang pengolahan makanan, minuman, konveksi dan pertanian. Metode pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dalam bentuk penyuluhan (ceramah), tutorial dan diskusi interaktif. Melalui pelatihan dan pendampingan dalam pengembangan “Digital Entrepreneurship” bagi pelaku UMKM di Desa Sukaragam diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman literasi digital serta menumbuhkan motivasi bagi UMKM agar dapat bertransformasi ke arah digitalisasi. Pelatihan dan pendampingan ini juga diharapkan dapat menciptakan dan mengembangkan strategi bisnis yang lebih inovatif serta berdaya saing global yang dapat membantu penciptaan lapangan kerja dan meningkatan perekonomian desa.

References

Adri, M., Hanesman, H., Sriwahyuni, T., & Almasri, A. (2019). Digital Marketing Sebagai Metoda Alternatif Wirausaha Bagi Mahasiswa Di Universitas Negeri Padang. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 12(2), 68–76.

Aliami, S., Hakimah, E. N., & Fauji, D. A. S. (2018). Dampak pengembangan pemasaran digital pada startup’s (Studi kasus pada wirausaha baru). EkoNiKa, 3(1).

Amelda, B., Alamsjah, F., & Author, C. (2021). Does the Digital Marketing Capability of Indonesian Banks Align with Digital Leadership and Technology Capabilities on Company Performance? In Communication & Information Technology) Journal (Vol. 15, Issue 1).

Anisah, G. (2021). Pelatihan Digital marketing Menggunakan Platform Marketplace Shopee untuk Kelompok Pemuda Wirausaha Di Desa Mulyoagung-Bojonegoro. Mafaza: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–10.

Bican, P. M., & Brem, A. (2020). Digital business model, digital transformation, digital entrepreneurship: Is there a sustainable “digital”? Sustainability, 12(13), 5239.

Cahyarini, F. D. (2021). Implementasi Digital Leadership dalam Pengembangan Kompetensi Digital pada Pelayanan Publik. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 25(1), 47–60.

Elia, G., Margherita, A., & Passiante, G. (2020). Digital entrepreneurship ecosystem: How digital technologies and collective intelligence are reshaping the entrepreneurial process. Technological Forecasting and Social Change, 150, 119791.

Gallardo-Echenique, E. E., de Oliveira, J. M., Marqués-Molias, L., Esteve-Mon, F., Wang, Y., & Baker, R. (2015). Digital competence in the knowledge society. MERLOT Journal of Online Learning and Teaching, 11(1).

Gunawan, A. (2020). Pelatihan Digital Entrepreneurship Mewujudkan Generasi Milenial Berjiwa Wirausaha Di Sekolah SMA Desa Karangasih Cikarang. Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma, 1(1), 38–45.

Irnawati, J., Badrianto, Y., Hasan, M., Hendrayani, E., Sinambela, P. N. J. M., Kautsar, I., Rochmi, A., Sudirman, A., Kasofi, A., & Mutaqin, Z. Z. (2021). Technopreneurship: wirausaha berbasis digital. Media Sains Indonesia.

Kamuri, K. J. (2021). Analisis Peran Digital Content Marketing Bagi Wirausaha Milenial Di Kota Kupang Dalam Masa Pandemi Covid-19. Journal of Management Small and Medium Enterprises (SMEs), 14(2), 225–238.

Nambisan, S. (2017). Digital entrepreneurship: Toward a digital technology perspective of entrepreneurship. Entrepreneurship Theory and Practice, 41(6), 1029–1055.

Nugraha, A. E. P., & Wahyuhastuti, N. (2017). Start up digital business: sebagai solusi penggerak wirausaha muda. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 2(1), 1–9.

Simanjuntak, A. (2010). Prinsip-prinsip manajemen bisnis keluarga (family business) dikaitkan dengan kedudukan mandiri perseroan terbatas (PT). Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 12(2), 113–120.

Zhao, F., & Collier, A. (2016). Digital entrepreneurship: Research and practice.

Downloads

Published

2023-06-20

How to Cite

Gunawan, A., Ucok Darmanto Soer, & Tri Wahyu Wirjawan. (2023). PENGUATAN EKONOMI DIGITAL MELALUI PELATIHAN DIGITAL ENTREPRENEURSHIP BAGI UMKM DI DESA SUKARAGAM . Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(03), 548–555. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/96

Issue

Section

Articles