LITERASI KOMUNIKASI; MENINGKATKAN KESADARAN ETIKA BERKOMUNIKASI DI SDN DANAU INA OESAPA
Keywords:
Literasi komunikasi, etika komunikasi, sekolah dasarAbstract
Di dunia yang semakin terhubung, kemampuan untuk berkomunikasi dengan etika yang baik menjadi keterampilan yang sangat dibutuhkan, terutama dalam lingkungan sosial dan pendidikan. Komunikasi yang tidak beretika dapat menyebabkan kesalahpahaman, konflik, dan bahkan merusak hubungan sosial. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengajarkan literasi komunikasi kepada anak-anak sejak dini, agar mereka dapat memahami cara berkomunikasi yang menghargai orang lain. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat di SDN Danau Ina Oesapa adalah untuk membekali anak-anak dengan keterampilan komunikasi yang etis, yang akan membantu mereka membangun hubungan yang lebih sehat dan harmonis dengan teman sebaya, guru, dan orang tua. Kegiatan ini dilaksanakan dengan menggunakan metode :sosialisasi ,diskusi, tanya jawab dan permainan peran yang melibatkan peserta secara aktif. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini yaitu sebagian besar peserta didik menunjukkan antusiasme terhadap materi yang diberikan dan memberikan umpan balik yang konstruktif. Namun, masih terdapat sejumlah peserta didik yang belum sepenuhnya memahami materi yang disampaikan, ditunjukkan melalui partisipasi yang kurang aktif dan kesulitan dalam menerapkan keterampilan komunikasi yang diajarkan. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran anak-anak di SDN Danau Ina Oesapa, dalam berkomunikasi dengan mengedepankan etika berkomunikasi agar mereka lebih siap menghadapi tantangan sosial di lingkungan mereka dan berperan aktif dalam menciptakan hubungan yang lebih positif di masyarakat.
References
Ismaya, I., Elihami, E., & Galib, A. A. C. (2022). Pendidikan Literasi Komunikasi: Membangun Karakter Anak Usia Dini Melalui Komunikasi yang Efektif. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1148–1153. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3578
Intan, D. N., Permatasari, K. D., Komunikasi, S. I., Sosial, F. I., Samban, U. R., & Jaya, K. P. (2023). Sosialisasi Etika Komunikasi Di SD N 086 Bengkulu Utara Desa Sido Luhur, Kecamatan Padang Jaya, Kabupaten Bengkulu Utara Socialization. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 2, 95–100. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3578
Nurhasanah, S., Wulaningrum, R., Kadafi, M., Administrasi Bisnis, J., Negeri Samarinda, P., & Akuntansi, J. (2023). Sosialisasi Etika Berkomunikasi Socialization of Communication Ethics. 3(2), 241–245.
Parlindungan, D. R., Haloho, H. N. Y., Silvian, V., Syabanera, N. D., Cahyadi, L. B., Eugenia, J. F., Pattymahu, G. C. H., Kusumawardani, F., Clarissa, E. C., & Fernando, E. (2023). Literasi Digital untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa SMA Paskalis Jakarta Mengenai Etika Komunikasi di Media Sosial. 2(2), 201–211.
Rafdin, R. (2024). Sosialisasi Pentingnya Etika Berkomunikasi Bagi Anak-Anak Di Desa Tawiri. Pattimura Mengabdi : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 303-306. https://doi.org/10.30598/pattimura-mengabdi.2.3.303-306
Sari A.F. (2020). Etika Komunikasi (Menanamkan Pemahaman Etika Komunikasi Kepada Mahasiswa). Tanjak: Journal Of Education And Teaching. Volume 1 Nomor 2
Yosa Elvita1, Sherly Safta Rifa2, Lutfi Nada Sagita3, A. W. (2024). Analisis Peran Pendidikan Karakter Dalam Membangun Moralitas Dan Etika Peserta Didik Sekolah Dasar. 8(september), 726–737.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Deliyanti Magdalena Lalang, Jenriana Enerlina Asbanu, Maria Oktavianingsi Jebatu, Mersi Tanaem, Sefriana Yunita Nenobahan, Simson Timo, Wilhelmina Tea, Yestika Nope , Ganesha Lapenangga Putra, Yulsy Nitte

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.