PENERAPAN IPTEKS SEHAT BERMEDIA SOSIAL HINDARI BULLYING DI KALANGAN GENERASI MUDA
Keywords:
Media Sosial, Cyberbullying, Literasi Digital, Papua, Kearifan LokalAbstract
Artikel ini memaparkan hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan meningkatkan literasi digital dan keterampilan sehat bermedia sosial pada generasi muda di Kota Jayapura, Papua. Program ini dilaksanakan sebagai respons terhadap meningkatnya kasus cyberbullying di Papua yang diperburuk dengan kesenjangan digital dan keterbatasan akses terhadap edukasi media sosial. Metode yang digunakan meliputi penyuluhan, pelatihan keterampilan praktis, pembentukan peer support group, dan kampanye media sosial positif yang disesuaikan dengan konteks budaya lokal. Sebanyak 215 peserta yang terdiri dari siswa, SMA di Kota Jayapura terlibat dalam program ini. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman tentang cyberbullying, kesadaran tentang dampaknya dan keterampilan dalam mengidentifikasi serta mengatasi cyberbullying. Pembahasan hasil mengungkapkan bahwa pendekatan yang mempertimbangkan kearifan lokal dan melibatkan tokoh masyarakat adat terbukti efektif dalam konteks Papua. Implikasi dari program ini adalah perlunya pengembangan model literasi digital yang kontekstual dengan mempertimbangkan karakteristik sosio-kultural masyarakat setempat.
References
Badan Pusat Statistik Provinsi Papua, "Statistik Telekomunikasi Papua 2023" (Jayapura: BPS Provinsi Papua, 2023), 45.
Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Papua, "Laporan Survei Penggunaan Media Sosial di Kalangan Remaja Papua 2023" (Jayapura: Diskominfo Papua, 2023), 34.
Gay, G., Culturally Responsive Teaching: Theory, Research, and Practice, 3rd ed. (New York: Teachers College Press, 2018), 36-51
Hamadi, D., & Korain, F. L., "Cyberbullying dan Identitas Etnis: Studi tentang Pengalaman Remaja Papua di Media Sosial," Jurnal Ilmu Sosial Papua 4, no. 2 (2022): 112-128
Hamadi, D., & Korain, F. L., "Cyberbullying dan Identitas Etnis: Studi tentang Pengalaman Remaja Papua di Media Sosial," Jurnal Ilmu Sosial Papua 4, no. 2 (2022): 112-128
Kambuaya, C., & Flassy, D. J., "Tantangan Pembangunan Literasi Digital di Tanah Papua," Papua Journal of Development and Innovation 3, no. 1 (2022): 45-61,
Kementerian Komunikasi dan Informatika, "Laporan Pemetaan Akses dan Penggunaan TIK di Indonesia Timur" (Jakarta: Kemkominfo, 2023), 78-82.
Komisi Perlindungan Anak Indonesia, "Laporan Tahunan Perlindungan Anak di Era Digital 2023" (Jakarta: KPAI, 2023), 56-58
Nakata, M., Nakata, V., Keech, S., & Bolt, R., "Decolonial Goals and Pedagogies for Indigenous Studies," Decolonization: Indigeneity, Education & Society 1, no. 1 (2012): 120-140
Palit, Silvester Magnus Loogman, dkk. Legal Analysis of Bank Accounts With Children's Names As Customers, Journal Of Law, Politic and Humanities (JLPH), Vol. 4, No. 4, May 2024: 437-445
Palit, Silvester Magnus Loogman dan Tumian Lian Daya Purba, " Penggunaan Teknologi Informasi Dan Undang-Undang Informasi Transaksi Elektronik," Jurnal Pengabdian Papua, Vol. 7, no. 2 Juli 2023: 92-96
Purba, Tumian Lian Daya et al. The Function of Psychology and Psychiatrists for Children Perpetrating Crimes in Special Children's Development Institutions, Pakistan Journal of Criminology Vol. 16, No. 02, April—June 2024: 813-826.
Tokunaga, R. S., "Following You Home from School: A Critical Review and Synthesis of Research on Cyberbullying Victimization," Computers in Human Behavior 26, no. 3 (2020): 277-287.
Wilson, S., Research Is Ceremony: Indigenous Research Methods (Black Point, NS: Fernwood Publishing, 2021), 52-69
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Tumian Lian Daya Purba, Silvester Magnus Loogman Palit

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.