PENERAPAN IPTEKS SEHAT BERMEDIA SOSIAL HINDARI BULLYING DI KALANGAN GENERASI MUDA

Authors

  • Tumian Lian Daya Purba Universitas Cenderawasih
  • Silvester Magnus Loogman Palit Universitas Cenderawasih

Keywords:

Media Sosial, Cyberbullying, Literasi Digital, Papua, Kearifan Lokal

Abstract

Artikel ini memaparkan hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan meningkatkan literasi digital dan keterampilan sehat bermedia sosial pada generasi muda di Kota Jayapura, Papua. Program ini dilaksanakan sebagai respons terhadap meningkatnya kasus cyberbullying di Papua yang diperburuk dengan kesenjangan digital dan keterbatasan akses terhadap edukasi media sosial. Metode yang digunakan meliputi penyuluhan, pelatihan keterampilan praktis, pembentukan peer support group, dan kampanye media sosial positif yang disesuaikan dengan konteks budaya lokal. Sebanyak 215 peserta yang terdiri dari siswa, SMA di Kota Jayapura terlibat dalam program ini. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman tentang cyberbullying, kesadaran tentang dampaknya dan keterampilan dalam mengidentifikasi serta mengatasi cyberbullying. Pembahasan hasil mengungkapkan bahwa pendekatan yang mempertimbangkan kearifan lokal dan melibatkan tokoh masyarakat adat terbukti efektif dalam konteks Papua. Implikasi dari program ini adalah perlunya pengembangan model literasi digital yang kontekstual dengan mempertimbangkan karakteristik sosio-kultural masyarakat setempat.

References

Badan Pusat Statistik Provinsi Papua, "Statistik Telekomunikasi Papua 2023" (Jayapura: BPS Provinsi Papua, 2023), 45.

Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Papua, "Laporan Survei Penggunaan Media Sosial di Kalangan Remaja Papua 2023" (Jayapura: Diskominfo Papua, 2023), 34.

Gay, G., Culturally Responsive Teaching: Theory, Research, and Practice, 3rd ed. (New York: Teachers College Press, 2018), 36-51

Hamadi, D., & Korain, F. L., "Cyberbullying dan Identitas Etnis: Studi tentang Pengalaman Remaja Papua di Media Sosial," Jurnal Ilmu Sosial Papua 4, no. 2 (2022): 112-128

Hamadi, D., & Korain, F. L., "Cyberbullying dan Identitas Etnis: Studi tentang Pengalaman Remaja Papua di Media Sosial," Jurnal Ilmu Sosial Papua 4, no. 2 (2022): 112-128

Kambuaya, C., & Flassy, D. J., "Tantangan Pembangunan Literasi Digital di Tanah Papua," Papua Journal of Development and Innovation 3, no. 1 (2022): 45-61,

Kementerian Komunikasi dan Informatika, "Laporan Pemetaan Akses dan Penggunaan TIK di Indonesia Timur" (Jakarta: Kemkominfo, 2023), 78-82.

Komisi Perlindungan Anak Indonesia, "Laporan Tahunan Perlindungan Anak di Era Digital 2023" (Jakarta: KPAI, 2023), 56-58

Nakata, M., Nakata, V., Keech, S., & Bolt, R., "Decolonial Goals and Pedagogies for Indigenous Studies," Decolonization: Indigeneity, Education & Society 1, no. 1 (2012): 120-140

Palit, Silvester Magnus Loogman, dkk. Legal Analysis of Bank Accounts With Children's Names As Customers, Journal Of Law, Politic and Humanities (JLPH), Vol. 4, No. 4, May 2024: 437-445

Palit, Silvester Magnus Loogman dan Tumian Lian Daya Purba, " Penggunaan Teknologi Informasi Dan Undang-Undang Informasi Transaksi Elektronik," Jurnal Pengabdian Papua, Vol. 7, no. 2 Juli 2023: 92-96

Purba, Tumian Lian Daya et al. The Function of Psychology and Psychiatrists for Children Perpetrating Crimes in Special Children's Development Institutions, Pakistan Journal of Criminology Vol. 16, No. 02, April—June 2024: 813-826.

Tokunaga, R. S., "Following You Home from School: A Critical Review and Synthesis of Research on Cyberbullying Victimization," Computers in Human Behavior 26, no. 3 (2020): 277-287.

Wilson, S., Research Is Ceremony: Indigenous Research Methods (Black Point, NS: Fernwood Publishing, 2021), 52-69

Downloads

Published

2025-04-15

How to Cite

Purba, T. L. D., & Palit , S. M. L. (2025). PENERAPAN IPTEKS SEHAT BERMEDIA SOSIAL HINDARI BULLYING DI KALANGAN GENERASI MUDA. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(02), 570–576. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/953

Issue

Section

Articles