PENGENALAN SEJARAH ISRA MI’RAJ DENGAN MEDIA LAGU PADA ANAK USIA SEKOLAH DI PENGAJIAN MASJID AR-RASYID
Keywords:
Isra' Mi'raj, lagu, pembelajaran anak, pendidikan IslamAbstract
Isra' Mi'raj adalah peristiwa penting dalam Islam, namun pemahaman anak-anak sering terbatas akibat metode pembelajaran yang kurang menarik. Penelitian ini mengenalkan Isra' Mi'raj melalui lagu "Di Suatu Malam di Bulan Rajab" di pengajian Masjid Ar-Rasyid. Metode yang digunakan meliputi observasi, penyuluhan, dan evaluasi. Hasilnya menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis lagu meningkatkan antusiasme dan pengetahuan praktis anak-anak terhadap Isra' Mi'raj. Lagu membantu anak-anak mengingat peristiwa, tempat, serta hikmahnya dengan lebih mudah dan menyenangkan.
References
Anisah, A. S., Maulidah, I. S., & Akmal, R. (2022). Meningkatkan kemampuan daya ingat siswa melalui metode bernyanyi pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam. Jurnal Pendidikan UNIGA, 16(1), 581–591. https://doi.org/10.52434/jp.v16i1.1814
Annur, S., Khairunnisa, A., Wachyudianta, B., Divy, E. O., Khumaidi, I., Oktarina, W., Astuti, S. W., Muhtadi, M., Lusitania, N., & Astri, A. (2023). Refleksi Kisah Isra Mi’raj Dalam Pendidikan Dan Masyarakat Di Masjid Nurul Hidayah Lubuk Linggau. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1186–1190.
Antariksa, W. F. (2017). Penerapan Manajemen Strategi Dalam Dakwah Nabi Muhammad Saw. J-MPI (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam), 2(1), 28–37.
Aulia, A. N. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Mengingat 20 Sifat Wajib Allah dan Artinya dengan Media Lagu pada Siswa Kelas 2C MI Sullamul Ulum. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 8(2). https://doi.org/10.18592/ptk.v8i2.6964
Basri Muhammad, Annisa Pohan Anggi, Dwirizki Handayani Nabila, Hayati Nita, H. R. (2023). Riwayat Nabi Muhammad Masa Kecil Remaja Dan Dewasa. Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 1(2), 400–405. https://ejournal.edutechjaya.com/index.php/jitk/article/view/350/317
Celina, F. M., & Suprapto, N. (2020). Study of relativity theory of Einstein: The story of Ashabul Kahf and Isra’Mi’raj. Studies in Philosophy of Science and Education, 1(3), 118–126.
Damayanti, R., & Istiqomah, R. (2024). PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENEYENANGKAN DENGAN MEMANFAATKAN LAGU-LAGU ANAK. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Abdimas, 3, 128–136.
FADLIYAH NURKHASANAH, R. (2024). ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA LAGU PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KURIKULUM MERDEKA BELAJAR KELAS I SD S ISLAM AL-FALAH 2 KOTA JAMBI. UNIVERSITAS JAMBI.
Faidah, M. I. N., & Taufik, T. (2024). Strategi Inovatif Pembelajaran Maharah Istima’Melalui Media Lagu. Darajat: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(1), 83–96.
Febiantoni, F. (2022). Nilai-nilai karakter peristiwa Isra Mi’raj dalam pendidikan agama Islam di Indonesia. Humanika, 22(1), 41–64.
Febriyanto, A. K. (2024). Strategi Pembelajaran Ilmu Tajwid dengan Menggunakan Metode Bernyanyi di TPA Miftahul Fallah Desa Mrinen, Kecamatan Kutowinangun, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Universitas Islam Indonesia.
Firmansyah, M. B., & Suchaina, M. P. (2023). Model Pembelajaran Multimodal Bermuatan Ekonomi Kreatif: Panduan Praktis Pembelajaran Multimodal di Perguruan Tinggi. Aqilian Publika. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=ViTTEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA3&dq=teori+pembelajaran+multimodal+menurut+mayer&ots=N3khcutEGV&sig=UKO9OT7AiXX_chUMN6HKXgoWpEE&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false
Gamar, M. M. (2022). Penyuluhan Keagamaan bagi Mahasiswa Sulawesi Tengah pada Peringatan Isra Mi’raj di Masa Pandemi Covid 19. Abdi Sosial: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 66–75.
Harfiah, D. N. (n.d.). Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Pembelajaran Kosakata (Mufrodat) Bahasa Arab anak usia 4-5 Tahun di TK Assafinnah. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Hidayatullah, H. (2023). Peningkatan Nilai-Nilai Religiusitas Pada Siswa SMP Sultan Agung Seyegan Melalui Peringatan Isra’Mi’raj. Welfare: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 373–381.
Istiqomah, H., & Sholeh, M. I. (2020). The Concept of Buraq in the Events of Isra’Mi’raj: Literature and Physics Perspective. AJIS: Academic Journal of Islamic Studies, 5(1).
Karim, B. (2025). Ensiklopedia ULUMUL QUR’AN. YPAD Penerbit.
Lathifah, A. D., Zulfa, S. T. A., Riska, A. K., & Hanifah, A. L. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran dengan Metode Lagu pada Materi Sifat Huruf Hijaiyah di TPA Walisongo Singopuran Kartasura. Student Research Journal, 3(1), 128–138.
Marlina, I. (2020). Pengembangan Media Cetak Sejarah Isra Mi’Raj Nabi Muhammad Saw Kelas 4 Di Mi Salafiyah Assafiiyah Dukuh Bulu Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang Tahun 2018/2019. Jurnal Ilmiah Ibtida; Jurnal Prodi PGMI STIT Pemalang, 1(1), 55–73.
Napitupulu, N. D., Walanda, D. K., Napitupulu, M., & Walanda, R. M. (2022). Penguatan Budaya Literasi Ekologis Di Sekolah. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(6), 4420. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i6.10169
Nurainun, N., & Anwar, A. (2023). Integrasi Pendidikan Agama Islam Dengan Sains Dan Teknologi. Jurnal Sains Dan Teknologi, 5(2), 696–707.
Nurbaiti, R., Alwy, S., & Taulabi, I. (2020). Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Pembiasaan Aktivitas Keagamaan. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 2(1), 55–66.
Putra, D., & Hamid, A. (2021). the Partice of the Isra’Mi’Raj Value of the Mandailing Natal Community. TAJDID: Jurnal Ilmu Ushuluddin, 20(2), 243–268.
Ramadhan, R. F. (2023a). Penyuluhan Isra’dan Mi’raj sebagai Upaya Menumbuhkan Kecintaan kepada Rasulullah SAW kepada Anak. KHIDMAH: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 66–73.
Ramadhan, R. F. (2023b). Penyuluhan Isra ’ d an Mi ’ raj sebagai Upaya Menumbuhkan Kecintaan kepada Rasulullah SAW kepada Anak Isra ’ and Mi ’ raj Counseling as An Effort to Grow Love for Rasulullah SAW for Children in Basic Education. 3(2), 66–73.
Rambe, U. K. (2020). Konsep Tazkiyatun Nafs di Tarekat Naqsyabandiah Jabal Hindi Paya Geli Deli Serdang SUmatera Utara.
Ratnasari, D., Yunitasari, N., & Deka, P. T. (2019). Penyuluhan Dapatkan–Gunakan–Simpan–Buang (DAGUSIBU) Obat. Journal of Community Engagement and Empowerment, 1(2).
Surawan, S. (2020). Dinamika Dalam Belajar (Sebuah Kajian Psikologi Pendidikan). K-Media.
Surawan, S., & Husniah, L. (2024). Pembinaan Pembentukan Media Interaktif Guru dengan Metode TGT (Teams games Tournament) Berbasis Wordwall di MIN 4 Palangka Raya. JP2N: Jurnal Pengembangan Dan Pengabdian Nusantara, 2(1), 1–10.
Surawan, S., & Mazrur, M. (2020). Psikologi Perkembangan Agama: Sebuah Tahapan Perkembangan Agama Manusia. K-Media.
Tanjung, A. (2022). Overview the Quality of Popular Hadith about Isra’Mi’raj in the Book of Dardir’Ala Qishatul Mi’raj. Jurnal Living Hadis, 7(1), 121–139.
Ulfin, I., Rahadiantino, L., Ni’mah, Y. L., & Juwono, H. (2022). Sosialisasi halal dan pendampingan sertifikasi halal untuk UMKM Kelurahan Simokerto. Sewagati, 6(1), 10–17.
Viana, R. O., & Jauhari, J. (2020). Pembelajaran gerak dan lagu untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik anak usia dini. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 108–118. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v6i2.5538
Yani, M. (2024). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Kegiatan Bernyanyi Di Kelompok A TK PKK 1 Yosodadi Metro Timur. IAIN Metro.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Alamsyah Alamsyah, Andin Muhammad Maulana, Surawan Surawan, Leila Anggraeni Lenita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.