PELATIHAN BAGI GURU MI DDI SEGERI DALAM MENGGALI POTENSI PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM KURIKULUM MERDEKA
Keywords:
Pelatihan, Potensi Peserta Didik, Pembelajaran Berdiferensiasi, Kurikulum MerdekaAbstract
Tujuan dari pengbadian ini adalah memberikan pelatihan kepada guru-guru untuk merancang dan mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi sesuai dengan prinsip Implementasi Kurikulum Merdeka. Metode yang dilakukan PkM menggunakan pendekatan andragogi, ini berfokus pada prinsip-prinsip pembelajaran yang berbasis pada pengalaman, keterlibatan aktif, serta pengembangan keterampilan praktis yang langsung dapat diterapkan di lapangan. Melalui metode ini, diharapkan para guru dapat memaksimalkan pembelajaran berdiferensiasi di kelas dengan cara yang lebih sesuai dengan kebutuhan peserta didik mereka. Hasil dari kegiatan PkM menunjukkan bahwa keberhasilan meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru di MI DDI Segeri Kabupaten Majene dalam merancang dan mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi sesuai dengan prinsip Kurikulum Merdeka. Melalui pendekatan andragogi, para guru aktif berbagi pengalaman dan tantangan dalam mengelola keragaman peserta didik di kelas. Pelatihan ini tidak hanya meningkatkan kemampuan guru dalam menggunakan berbagai teknik pengajaran dan teknologi, tetapi juga memperkuat pemahaman mereka tentang pentingnya pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.
References
Elviya, D. D., & Sukartiningsih, W. (2023). Penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV sekolah dasar di SDN Lakarsantri I/472 Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(8), 1780-1793.
Gardner, H. (1983). Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences. New York: Basic Books.
Idris, M., Badaruddin, S., Setiawan, A., Islam, R. F., & Winarsi, S. (2024). Pelatihan dan Pendampingan Penyusunan Kurikulum Operasional Madrasah Berbasis Implementasi Kurikulum Merdeka. Malaqbiq, 3(2), 57-72.
Knowles, M. S. (1980). The Modern Practice of Adult Education: From Pedagogy to Andragogy. Chicago: Association Press.
Koroh, T. R., Wonda, H., Sampe, M., Ratu, K. T. R., Devi, R. A., & Ndolu, S. W. (2024). Pelatihan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Penguatan Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(4), 159-164.
Mas, S. R., Arwildayanto, A., Arifin, A., & Sulkifly, S. (2024). Pelatihan Optimalisasi Pembelajaran Berdiferensiasi Di Era Kurikulum Merdeka Untuk Menuju Sekolah Efektif. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 7011-7022.
Prihatien, Y., Amin, M. S., & Hadi, Y. A. (2023). Analisis Kesulitan Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SD Negeri 02 Janapria. Journal on Education, 6(1), 9232-9244.
Primasatya, N., Mujiwati, E. S., Damariswara, R., Basori, M., Saidah, K., Nurfianto, D. M., & Bintari, L. (2023). Pelatihan Pembelajaran Berdiferensiasi Bagi Guru-Guru Kecamatan Banyakan Sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka. Dedikasi Nusantara: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar, 3(2), 83-90.
Purnawanto, A. T. (2023). Pembelajaran berdiferensiasi. Jurnal Pedagogy, 16(1), 34-54.
Purwowidodo, A., & Zaini, M. (2023). Teori dan Praktik Model Pembelajaran Berdiferensiasi Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Yogyakarta: Penebar Media Pustaka, 65.
Ramdani, R., Allo, E. L., Zubair, S., & Jusniar, J. (2024). Pelatihan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Implementasi Kurikulum Merdeka di SMK YPPP Wonomulyo. PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 422-428.
Sinaga, C. V. R., Sijabat, A., & Munthe, M. V. R. (2025). Pelatihan penyusunan perangkat pembelajaran berdiferensiasi bagi guru-guru SD N. 091483 Jorlang Hataran sebagai implementasi kurikulum merdeka. Bernas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 6(1), 377-382.
Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Analisis implementasi kurikulum merdeka di sekolah penggerak sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248-8258.
Soemardi, N. A., & Hariani, L. S. (2023). Pelatihan pembelajaran berdiferensiasi pada implementasi kurikulum merdeka. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 49-54.
Trisnani, N., Zuriah, N., Kobi, W., Kaharuddin, A., Subakti, H., Utami, A., ... & Yunefri, Y. (2024). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. PT. Mifandi Mandiri Digital.
Tomlinson, C. A. (2014). The Differentiated Classroom: Responding to the Needs of All Learners. 2nd Edition. Alexandria, VA: ASCD.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Cambridge, MA: Harvard University Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sukri Badaruddin, Aan Setiawan, Zuhdiah, Muhammad Idris Hasanuddin, Muhammad Saddang, Rukmana Fachrul Islam, Hasriani, Rahmania

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.