PELATIHAN PEMASARAN ONLINE DAN PEMBUATAN KEMASAN PRODUK BAGI KELOMPOK WANITA TANI (KWT) DESA CILEMBU, SUMEDANG
Keywords:
Wirausaha, Kelompok Tani, Toko Digital, Kemasan, ProdukAbstract
Sekitar 30-an wirausaha wanita yang tergabung di Kelompok Wanita Tani (KWT) Desa Cilembu Kabupaten Sumedang mengikuti pelatihan pemasaran online dan kemasan produk. Selama ini, hasil pokok produk desa Cilembu yang dikenal dengan Ubi Jalar nya masih dipasarkan secara konvensional, yaitu melalui menjajakan produk Ubi Cilembu di etalase-etalase toko kelontongan di sepanjang jalan raya Bandung-Sumedang. Melalui penjualan yang masih konvensional tersebut akibatnya produk Ubi Cilembu “masih” belum menjadi komoditi yang bernilai prestise. Hal ini menjadi peluang bagi PT. Pos Indonesia yang bekerjasama dengan Tim Pengabdian Pada Masyarakat Universitas Padjadjaran menyelenggarakan pelatihan yang bermanfaat bagi upaya meningkatkan kapasitas masyarakat dalam hal pemasaran produk Ubi Cilembu Sumedang. Metode yang disampaikan dalam pelatihan ini dengan cara pemaparan materi, diskusi, dan simulasi praktek pembuatan platform pemasaran digital serta kemasan produk. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa Kelompok Wanita Tani sangat berantusias mengikuti pelatihan ini dengan secara seksama dalam menghadapi kemajuan zaman dan perkembangan media digital. Simpulan kegiatan pelatihan ini yaitu masyarakat kelompok wanita tani desa Cilembu Sumedang memiliki pengetahuan mengenai tata cara memilih dan sekaligus menggunakan platform digital yang mendukung terhadap aspek penjualan produk Ubi Cilembu sekaligus tertarik untuk mewujudkan kemasan produk yang mudah dikenali masyarakat luas tentang jenis olahan makanan dari Ubi Cilembu.
References
Keller, K. L. (2013). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity. In Pearson Education Limited (Fourth). Pearson Education, Inc.
Putri, D. W., & Mormes, M. De. (2017). Analisis Strategi Perencanaan Pesan pada Akun Instagram E-Commerce@thekufed. The Messenger, 9(1), 70–78.
Satyadewi, A. J., Hafiar, H., & Nugraha, A. R. (2017). Pemilihan akun media sosial instagram oleh Holiday Inn Bandung. Jurnal The Massenger, 9(April), 153–162.
Sjoraida, D. F., Nugraha, A. R., Wiyatna, M. F., Bakti, I., Setianti, Y., Komunikasi, F. I., & Padjadjaran, U. (2024). Aktivasi Program Ketahanan Pangan pada Masyarakat Desa Cilembu Kabupaten Sumedang. Proficio: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 57–63. https://doi.org/https://doi.org/10.36728/jpf.v5i1.2919
Suharyanti, S., Hanathasia, M., & Fortunisa, A. (2019). Pelatihan Manejemen Komunikasi Merek Kepada Pelaku Usaha dalam Mendukung City Branding Cirebon. Indonesian Journal of Social Responsibility, 1(2), 61–67. https://doi.org/10.36782/ijsr.v1i02.14
Tambunan, S. R. (2017). Dialog sebagai Kunci dalam Komunikasi Pemasaran melalui Internet. Simbolika, 3(2), 66–70.
Tresnawati, Y., & Prasetyo, K. (2018). Pemetaan Konten Promosi Digital Bisnis Kuliner kika’s Catering di Media Sosial. PRofesi Humas : Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 3(1), 102. https://doi.org/10.24198/prh.v3i1.15333
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Diah Fatma Sjoraida, Yanti Setianti, Aat Ruchiat, Iriana Bakti, M. Fatah Wiyatna

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.















