STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING PERUSAHAAN PADA PT DIRAYA MULTI PEDIA JEMBER

Authors

  • Moch Abdul Malik Hakim Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Da’i Bachtiar Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Abdul Wadud Nafis Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

Keywords:

Pemasaran, Strategi Marketing, Perusahaan Pengadaan Barang

Abstract

Pengadaan barang atau jasa Pemerintah adalah kegiatan pengadaan barang atau jasa oleh Kementerian atau Lembaga atau Perangkat Daerah yang dibiayai oleh APBN atau APBD melalui proses identifikasi kebutuhan, sampai dengan serah terima hasil pekerjaan. Sementara itu, Tujuh komponen yang membentuk bauran pemasaran membantu proses dan membantu organisasi mencapai tujuan yang tepat. Kotler dan Armstrong menjelaskan bahwa Bauran Pemasaran (marketing mix) adalah seperangkat alat pemasaran yang terdiri dari produk (product), harga (price), lokasi (place), dan promosi (promotions). Perusahaan menggunakan elemen-elemen ini untuk mencapai keberhasilan dari pasar sasaran yang diinginkan. Tujuan dilakukan pengabdian masyarakat ini, salah satunya untuk melakukan analisis terhadap strategi pemasaran sebagai upaya meningkatkan daya saing perusahaan bidang pengadaan barang di wilayah kerja PT Diraya Multi Pedia Kabupaten Jember tahun 2025. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini yaitu menggunakan metode Service Learning (SL), metode Service Learning merupakan salah satu pendekatan atau metode yang saat ini dianggap sangat baik dalam aspek penerapan mata kuliah terhadap suatu perusahaan atau masyarakat. Dengan menerapkan strategi Marketing Mix 7P, PT Diraya Multi Pedia dapat membangun daya saing yang kuat dan memenuhi kebutuhan sekolah secara optimal dalam industri pengadaan barang dan jasa pendidikan. Dengan perkembangan teknologi digital, marketing mengalami transformasi signifikan, terutama dalam penerapan digital marketing dan strategi berbasis data.

References

Ahmad Junaidi, “Jurnal Persaingan Usaha” 1 (2009)

B B V Mamahit and others, ‘MENINGKATKAN DAYA SAING ANALYSIS OF SERVICE MARKETING STRATEGY CV. CARITAS DEI NOBISCUM TO INCREASE COMPETITIVENESS Oleh : Jurusan Manajemen , Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Jurnal EMBA Vol . 9 No . 3 Juli 2021 , Hal . 892 - 901’, 9.3 (2021)

Daniyal Latif, et al, “Analisis Strategi Pemasaran Pada CV. Phyrus Sinergi Surabaya Untuk Meningkatkan Daya Saing Perusahaan” Vol. 4, No. 1, (2024): 50-63

Kotler Philp, “Analisis Manajemen Pemasaran , Perencanaan, Impementasi Dan Pengendalian” 1, no. 3 (2002): 89

Mamahit, Mandey, and Rotinsulu, “Analisis Strategi Pemasaran Jasa Cv. Caritas Dei Nobiscum Untuk Meningkatkan Daya Saing Analysis of Service Marketing Strategy Cv. Caritas Dei Nobiscum To Increase Competitiveness.”

Mariena Dewi, Musa Hubeis, and Etty Riani, ‘Strategi Pemasaran UMKM Dalam Meningkatkan Daya Saing Di Pasar Ritel Modern Carrefour ( Kasus PT MadaniFood , Jakarta )’, 15.1 (2020)

Philp, “Analisis Manajemen Pemasaran , Perencanaan, Impementasi Dan Pengendalian.”

Syed Saad Andaleeb and Khalid Hasan, Strategic Marketing Management in Asia: Case Studies and Lessons across Industries (Emerald Group Publishing Limited, 2016)

Yusuf Ihza Mahendra and Dewi Harmin Sutanto, ‘Implementasi Metode Hear Them Out, Empathize, Apologize Dan Taking Proper

Downloads

Published

2025-02-15

How to Cite

Hakim, M. A. M., Bachtiar, D., & Nafis, A. W. (2025). STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING PERUSAHAAN PADA PT DIRAYA MULTI PEDIA JEMBER. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(01), 456–464. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/924