IMPLEMENTASI PROGRAM AL-QUR’AN CAMP DALAM MENINGKATKAN KECINTAAN DAN PEMAHAMAN AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN AS’ADIYAH PENGKENDEKAN KEC. SABBANG KAB. LUWU UTARA

Authors

  • Husnul Afifah Universitas Islam As’adiyah Sengkang
  • Sulfahima Sulfahima Universitas Islam As’adiyah Sengkang
  • Muhammad Yusri Universitas Islam As’adiyah Sengkang
  • Nurnaningsih A Universitas Islam As’adiyah Sengkang

Keywords:

Qur’an Camp, As’adiyah, Pondok Pesantren

Abstract

Al-Qur'an Camp merupakan program intensif yang dirancang untuk meningkatkan pembelajaran dan pengamalan Al-Qur'an dalam suasana yang lebih fokus, mendalam, dan inspiratif. Program ini dilaksanakan dalam bentuk kemah (camp) atau kegiatan berbasis asrama dalam kurun waktu tertentu. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kecintaan dan pemahaman terhadap Al-Qur’an serta meningkatkan kualitas spiritual peserta melalui bimbingan intensif dalam membaca, menghafal, dan mengamalkan Al-Qur'an. Kegiatan ini merupakan bagian dari program Kuliah Kerja Nyata Tematik mahasiswa Universitas Islam As'adiyah Sengkang yang bekerja sama dengan Pondok Pesantren As'adiyah Pengkendekan, Kecamatan Sabbang, Kabupaten Luwu Utara. Kegiatan ini melibatkan seluruh santri di pondok tersebut mulai dari jenjang Raudhatul Athfal, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, hingga Madrasah Aliyah. Metode pelaksanaan meliputi bimbingan membaca (tilawah), tahfidz Al-Qur'an, tadabbur, serta penguatan ibadah dan nilai-nilai keislaman dalam kehidupan sehari-hari. Program ini dirancang secara interaktif dan aplikatif agar santri tidak hanya memperoleh pemahaman teoritis tetapi juga mampu mengamalkan ajaran Al-Qur'an dalam kehidupan mereka. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa para peserta sangat antusias dan merasakan manfaat yang signifikan dari program ini. Pendekatan yang menyenangkan, berkualitas, serta berbasis nilai-nilai Islam terbukti efektif dalam meningkatkan minat santri terhadap pembelajaran dan pengamalan Al-Qur'an.

References

Affan. (2018). Pesantren dan pengelolaannya (Cet. I). Literasi Nusantara.

Ajahari. (2018). Ulumul Qur'an (Cet. I). Aswaja Pressindo.

Ardianti, Takdir, Syarifuddin, & Indirwan. (2023). Pendampingan mempelajari Al-Qur'an pada masyarakat Desa Malimongeng. PENDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 18–22. https://doi.org/10.47435/pendimas.v2i2.1905

Arianto, D., & Karep. (2024). Implementasi program Tahfidz Camp untuk pengembangan minat dan bakat mahasiswa bidang Qur'an di Pondok Pesantren Modern Minhajul Muttaqin. Jurnal JePKM, 5(2), 100–112. https://doi.org/10.12345/jepkm.v5i2.452

Daud, A., Thasfa, S. A., Harahap, K., & Sukma, D. (2023). Meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an terhadap anak SD di Kelurahan Brandan Barat. AJAD: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(3), 190–196. https://doi.org/10.59431/ajad.v3i3.199

Halimah, A., Adriansah, & Supendi, D. (2023). Pendampingan belajar tahsin Al-Qur'an untuk meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur'an pada anak usia SMP di Kampung Cihanjawar Kolot. Jurnal PEDAMAS (Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1), 32–41.

Janies, F. (2022). Pendampingan untuk meningkatkan kualitas baca tulis Al-Qur'an di TPQ Nurul Hidayah Mulyo Rejo Kampung Baru Kepung Kediri. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Desa, 3(3).

Muktamar, Muzakkir, Hartono. (2023). Pelatihan Kepemimpinan Bagi Siswa Madrasah Aliyah As’ adiyah Kampiri Desa Pallawarukka Kec. Pammana Kab. Wajo. Asskruie: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1-11. https://doi.org/10.5281/c141jf82

Muktamar B, A. (2021). Kepemimpinan Kharismatik Kyai dalam Manajemen Pondok Pesantren. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 5532–5541. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i2.7497Munfiatik, S., Mubarok, R., Saputra, R., & Oktaviani, A. (2023). Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Program Kemah Dakwah dan Bakti Mahasiswa (KDBM) di Pondok Pesantren Daarus Sholah. MAYARA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 78–88. https://doi.org/10.71382/mayara.jurn.peng.masy.v1i3.28

Neliwati. (2029). Pondok Pesantren Modern Sistem Pendidikan, Manajemen, Dan Kepemimpinan Dilengkapi Konsep dan Studi Kasus, Depok: Rajawali Pers.

Putri, O.S., dkk. (2024). STRATEGI KEPEMIMPINAN KH. M. YUNUS MARTAN DALAM MENGEMBANGKAN PESANTREN AS’ADIYAH. (2024). Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(5), 1556-1571. https://jicnusantara.com/index.php/jiic/article/view/713

Syamsuddin, Naidin, dkk. (2023). Diseminasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi pada Pembelajaran Pendidikan Bahasa Arab di Pondok Pesantren As'adiyah Pengkendekan Luwu Utara. Jurnal Madaniya, Vol. 4, No. 3.

Wasfiyah, Faza, dkk. (2024). GAYA KEPEMIMPINAN KYAI DI PESANTREN AS’ADIYAH FOKUS PADA ERA KH. M. YUNUS MARTAN. Holistik Analisis Nexus, 1(7), 170-183. https://doi.org/10.62504/nexus771

Downloads

Published

2025-02-15

How to Cite

Afifah, H., Sulfahima, S., Yusri, M., & A, N. (2025). IMPLEMENTASI PROGRAM AL-QUR’AN CAMP DALAM MENINGKATKAN KECINTAAN DAN PEMAHAMAN AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN AS’ADIYAH PENGKENDEKAN KEC. SABBANG KAB. LUWU UTARA. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(01), 437–455. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/923