PEMBINAAN OLAHRAGA PADA REMAJA PUTUS SEKOLAH DI PANTI SOSIAL BINA REMAJA KALIMANTAN TIMUR
Keywords:
Pengabdian, Pembinaan OlahragaAbstract
Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk membina kegiatan olahraga di Panti Sosial Bina Remaja dengan melibatkan siswa-siswi dalam berbagai aktivitas fisik. Melalui program olahraga terstruktur, peserta mengalami peningkatan kebugaran jasmani dan mental. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam derajat kebugaran, yang berdampak positif pada kesehatan dan kesejahteraan. Program ini meliputi berbagai jenis olahraga, seperti senam, bola basket, dan permainan tradisional, yang dirancang untuk meningkatkan keterampilan motorik dan kerjasama antar siswa. Selain itu, pelatihan ini juga memberikan pengetahuan tentang pentingnya menjaga kesehatan melalui aktivitas fisik, sehingga penghuni dapat menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari. Evaluasi yang dilakukan menunjukkan bahwa partisipasi aktif dalam kegiatan olahraga tidak hanya meningkatkan kebugaran fisik, tetapi juga membangun rasa kebersamaan dan kepercayaan diri antara siswa. Dengan demikian, program ini diharapkan dapat menjadi model bagi panti sosial lainnya dalam mengimplementasikan kegiatan serupa untuk meningkatkan kualitas hidup siswanya.
References
Haryanto, P.P. putra, Larossa, E. dan Purnama, Y.A. (2021) “Pengaruh Promosi Terhadap Penjualan Sepeda Motor Pada PT. Astra Motor Di Samarinda Tahun 2020,” 7(x), hal. 47–60.
Kamaruddin, I., Hasanuddin, I., Maulana, A., Ansar, C. S., Imawati, V., Rozi, F., ... & Haris, A. (2022). Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Get Press.
Maulana, A. (2021) “Workshop Pengenalan Aplikasi Pendukung Pembelajaran Bagi Guru Sd It Ar-Risalah Samarinda,” COVIT (Community Service of Health), 1(2), hal. 65–69. Tersedia pada: https://doi.org/10.31004/covit.v1i2.4252.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Achmad Maulana, Fadli Suardhana Eka Putra, Rizal Ardiansyah, Januar Inggar Yadi, Rahmat Rahmat, Miftakhul Khusna, Margaretha Lasni Rhussary

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.