SOSIALISASI PENGUCAPAN BAHASA INGGRIS BAGI GURU TAMAN KANAK-KANAK AMIR HAMZAH MEDAN

Authors

  • Azhary Tambusai Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • Novarianti Marbun Institut Kesehatan Deli Husada Deli Tua

Keywords:

Sosialisasi, Bahasa Inggris, Keberhasilan Pendidikan Anak, Taman Kanak-Kanak Amir Hamzah,, Pendidikan

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh beberapa tim dari Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah yang bekerjasama dengan tim dari Institut Kesehatan Deli Husada Deli Tua. Bahasa Inggris yang disosialisasikan di Taman Kanak-Kanak Amir Hamzah merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kemmapuan para guru dalam mengajarkan cara berbahsa yang benar khususnya bahasa Inggris karena bahasa tersebut merupakan bahasa internasional yang mendapat perhatian lebih bagi dunia pendidikan khususnya di Indoneisa. Pengajaran bahasa Inggris untuk anak usia dini telah berkembang karena meningkatnya kesadaran dimana bahasa Inggris penting untuk dikuasai. Adanya keterbatasan guru yang tidak terlatih serta keterbatasan pengetahuan tentang materi dan teknik pengajaran yang tepat membuat bahasa Inggris menjadi wajib disolialisasikan bagi para guru. Bahasa dan penddikan sangat erat hubungannya karena dengan bahasa dapat terlihat kemampuan yang dimiliki oleh anak. Anak mengungkapkan apa saja yang dipahami melalui bahasa lisan dan tulisan. Semakin pandai anak dalam berbahasa dan dapat mengungkapkan banyak hal di otaknya melalui kata lisan dan tulisan. Semakin pandai anak dalam berbahsas dan dapat mengungkapkan banyak hal di otaknya melalui kata lisan maka akan dinilai pintar.

References

Ariin, V.K. Pengajaran Bahasa Asing (Inggris) di PAUD Reguler. Pedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan. Juni 2024. 10(1): 61-66.

Charlotte, A.H. Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Anak Usia Dini Versus Budaya Lokal. Cakrawala Dunia. November 2021. 3(2): 63-72.

Fasha, A.K., Na’Imah., dan Sayadi. Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini di TK Kids Garden Al-Mabrur Bandung. Jurnal Usia Dini. Desember 2023. 9(3): 391-397.

Johan, A.N., Rokhayati, T., dan Nugraeni, I.I. Pelatihan Pengajaran Bahasa Inggris Interaktif Bagi Guru TK/KB ‘Aisyiyah Bustanul Athfal II Purworejo’.Jurnal PEDAMAS Universitas Muhammadiyah Purworejo. Februari 2021. 2(2): 25-27.

Lestari, I.W. Pelatihan Pengajaran Bahasa Inggris Untuk Anak Bagi Tenaga Pendidik TK dan PAUD. Webinar ABDIMAS 5. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Fakultas Pendidikan Bahasa. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. November 2022. 405-415.

Masruroh, L., Ainiyah, M., dan Hidayah, B. Pelatihan Pengajaran Bahasa Inggris Usia Dini Bagi Guru-Guru Bahasa Inggris di PAUD-TK_MI.JPP IPTEK. Mei 2018. 2(1): 51-55.

Pertiwi, A.B., Rahmawati, A., dan Hafidah, R. Metode Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini. Kumara Cendikia. Juni 2021. 9(2): 95-101.

Setiana, L. Pembinaan Keterampiran Berbahasa Inggris Mellaui Media Lagu Bagi Anak-Anak Usia Dini di TPA Al-Iman. DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat. April 2019. 1(1): 45-60.

Downloads

Published

2025-02-15

How to Cite

Tambusai, A., & Marbun, N. (2025). SOSIALISASI PENGUCAPAN BAHASA INGGRIS BAGI GURU TAMAN KANAK-KANAK AMIR HAMZAH MEDAN . Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(01), 227–233. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/905