PELATIHAN MANAJEMEN KOMUNIKASI PARIWISATA BERBASISKAN SOSIAL BUDAYA BAGI STAKEHOLDERS INDUSTRI JASA WISATA TASIKMALAYA
Keywords:
Komunikasi Pariwisata, , Sosial Budaya, , Destinasi Wisata, , Kolaborasi, , TasikmalayaAbstract
Kabupaten Tasikmalaya yang memiliki potensi wisata alam dan sosial budaya dengan ikon Gunung Galunggung telah menjadi sasaran dalam pengembangan destinasi wisata unggulan di wilayah Priangan Timur. Metode yang digunakan dalam PPM ini berupa pelatihan melalui pemanfaatan media teknologi informasi dalam bentuk seminar online dan selain itu juga melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi kepada stakeholders pariwisata wilayah Tasikmalaya. Melalui pelaksanaan seminar online tentang pelatihan manajemen komunikasi pariwisata berbasiskan sosial budaya dengan narasumber dari para akademisi dan praktisi dapat memberikan pengetahuan dan turut membantu dalam mengembangkan potensi pariwisata yang ada di wilayah Tasikmalaya. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa peserta seminar online pelatihan manajemen komunikasi pariwisata yang berbasiskan sosial budaya mendapatkan pengetahuan dan pengalaman yang praktis mengenai upaya pengelolan suatu objek wisata secara profesional yang dapat membuka kesejahteraan bagi masyarakat.
References
Bakti, I., Sumartias, S., Damayanti, T., & Nugraha, A. R. (2018). Pengembangan Model Komunikasi Pariwisata Berbasis Kearifan Lokal di Kawasan Geopark. Jurnal Kajian Komunikasi, 6(2), 217–230.
Bungin, B. (2015). Komunikasi Pariwisata: Pemasaran dan Brand Destinasi. Prenada Media Group.
Handayani, S. (2010). WEB TV sebagai media alternatif mengakses informasi. Jurnal The Messenger, 2(1), 42–48.
Iriantara, Y. (2008). Media Relations: Konsep, Pendekatan, dan Praktik. PT. Simbiosa Rekatama Media.
Nasrullah, R. (2017). Etnografi virtual: riset komunikasi, budaya, dan sosioteknologi di internet (Pertama). PT Simbiosa Rekatama Media.
Novianti, E., & Wulung, S. R. P. (2020). Implementasi Komunikasi Daring dalam Menunjang Jawa Barat sebagai Destinasi Pariwisata Cerdas. Jurnal Komunikasi, 12(1), 53. https://doi.org/10.24912/jk.v12i1.6971
Nugraha, A. R., Perbawasari, S., & Zubair, F. (2017). Model Komunikasi Pariwisata yang Berbasiskan Kearifan Lokal. Jurnal The Messenger, 9(2), 231–240.
Putra, S. R. (2013). Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Diva Press.
Sampurno, M. B. T., Kusumandyoko, T. C., & Islam, M. A. (2020). Budaya Media Sosial, Edukasi Masyarakat, dan Pandemi COVID-19. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5), 529–542. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15210
Sekda. (2020). Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Jawa Barat Tahun 2020. Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat.
Suprapto, T. (2009). Pengantar Teori & Manajemen Komunikasi. MedPress.
Wahyudin, A., Kristiadi, D., Utomo, A. S., Marwati, A., & Gulang, R. A. (2021). Pemanfaatan multimedia dalam pengembangan dan promosi desa wisata Adiluhur Kebumen. Aksiologiya, 5(2), 154–162. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/aks.v5i2.3988
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Aat Ruchiat Nugraha -, Diah Fatma Sjoraida

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.















