WORKSHOP PENYUSUNAN E-MODUL BERBASIS PROJECT BAGI GURU-GURU IPA MGMP KOTA PALEMBANG UNTUK MENUNJANG IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA SEKOLAH MENENGAH

Authors

  • Ermayanti Ermayanti Universitas Sriwijaya
  • Susy Amizera Universitas Sriwijaya
  • Didi Jaya Santri Universitas Sriwijaya
  • Khoiron Najip Sriwijaya University
  • Etta Dwi Saputri Universitas Sriwijaya
  • Fadillah Fadillah Universitas Sriwijaya
  • Dliya Syahirah Universitas Sriwijaya
  • Rahmat Akbar Universitas Sriwijaya

Keywords:

E-modul, Project, PJBL, Kurikulum merdeka

Abstract

Kurikulum saat ini menuntut pendidik mampu memanfaatkan berbagai media berbasis elektronik dalam proses pembelajaran. Selain itu kebutuhan guru-guru IPA di Kota Palembang akan modul berbasis elektronik dalam menunjang implementasi kurikulum merdeka di Sekolah. Oleh karena itu dilakukan workshop penyusunan E-modul praktikum berbasis project. Kegiatan ini dilakukan secara secara luring dan daring, pada tanggal 12 Agustus 2024 s.d. 22 Nopember 2024. Peserta workshop adalah guru-guru IPA yang berasal dari 35 Sekolah Menengah Pertama di Kota Palembang. Kegiatan dilaksanakan dalam beberapa tahapan: pretest, pemberian materi, workshop dan pendampingan, presentasi dan postest, kerja mandiri dan pengumpulan produk. Hasil menunjukkan bahwa workshop dapat meningkatkan kemampuan peserta dalam menyusun E-modul praktikum berbasis project. Hasil test menunjukkan adanya peningkatan pemahaman guru-guru IPA dengan rata rata N-gain 0,30 (Kategori sedang). 90% peserta mengumpulkan E-modul tepat waktu dan dengan kriteria baik.

Author Biographies

Susy Amizera, Universitas Sriwijaya

Pendidikan Biologi

Didi Jaya Santri, Universitas Sriwijaya

Pendidikan Biologi

Khoiron Najip, Sriwijaya University

Pendidikan Biologi

Etta Dwi Saputri, Universitas Sriwijaya

Pendidikan Biologi

Fadillah Fadillah, Universitas Sriwijaya

Pendidikan Biologi

Dliya Syahirah, Universitas Sriwijaya

Pendidikan Biologi

Rahmat Akbar, Universitas Sriwijaya

Pendidikan Biologi

References

Daeng K., S. Fitri. (2023). Pkmhotsintegration Training In The Development Of Independent Curriculum Teaching Modules For Indonesian Language Teachers At Smp In Majene District. Jurnal Gembira (Pengabdian Kepada Masyarakat).1(1). 45-54.

Ermayanti, et al. (2008), Pelatihan penyusunan karya ilmiah pada guru-guru Biologi SMA Kecamatan Ilir Barat 1 Palembang. Laporan Pengabdian. Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Unsri.

Ermayanti, et al. (2017). Pelatihan pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran berbasis keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills) pada guru- guru IPA SMP Kota Prabumulih. Laporan Pengabdian. Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Unsri.

Ermayanti, et al. (2018), Pelatihan pegembangan Rencana pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik (Scientific Aproach) pada Guru-Guru IPA Kota Lubuk Linggau. Laporan Pengabdian. Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Unsri.

Ermayanti, et al. (2019), Pendampingan pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Media Berbasis Representasi Bangun 3D Bagi Guru-Guru Biologi Kota Sekayu. Laporan Pengabdian. Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Unsri.

Kafiar E., A. Lewaherilla. (2023). Pendampingan Dan Pelatihan Literasi Baca Tulis Danliterasi Numerasi Kelas Awal Berbasis Pendidikan Inklusif Dan Disiplin Positif Bagi Mahasiswa Calon Guru Sd Pada Stkip Biak. Jurnal Gembira (Pengabdian Kepada Masyarakat).1(4). 865-870.

Nurbaya st, M. A. Kumalasari, A. Listiyorini, AryKristiyani, (2024). Workshop Ondevelopingcreative Reading Literacy Competenciesfor Writing Various Texts For Muhammadiyah Elementary School Teachers In West Sleman. Jurnal Gembira (Pengabdian Kepada Masyarakat). 2(6). 2045-2059.

Prahara A., D. Soyusiawaty. (2019). Pelatihan pembuatan kuis online untuk perwakilan guru SD/MI pada badan kerjasama sekolah (BKS) Kabupaten Bantul. Seminar Nasional Hasil Pengabdiankepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan. 14 September 2019, 167-174.

Prasmala ER dan Tanggu ED. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan Modul Sistem Pencernaan dengan Model Pembelajaran Make a Match Berbasis Digital Daily Assestment. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan.

Safira et al., (2017). Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Penulisan Proposal Penelitian Tindakan Kelas Pada Guru-Guru IPA MGMP Rayon 01 Sekota Palembang. Laporan Pengabdian. Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Unsri.

Safira et al., (2019), Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan LKPD berbasi Daigram Vee. Bagi guru-guru IPA di kota Sekayu. Laporan Pengabdian. Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Unsri.

Siswanti, S. A. Kusumaningrum, Setiyowati, K. Sandradewi. (2024). Pelatihan dan Pendampingan Guru Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN). 5(2). 1638-1644.

Downloads

Published

2025-02-15

How to Cite

Ermayanti, E., Amizera, S., Santri, D. J., Najip, K., Saputri, E. D., Fadillah, F., Syahirah, D., & Akbar, R. (2025). WORKSHOP PENYUSUNAN E-MODUL BERBASIS PROJECT BAGI GURU-GURU IPA MGMP KOTA PALEMBANG UNTUK MENUNJANG IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA SEKOLAH MENENGAH. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(01), 406–415. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/886