PENDAMPINGAN PENYUSUNAN MODUL AJAR BERDIFERENSIASI UNTUK PENGEMBANGAN KOMPETENSI SOSIAL EMOSIONAL DENGAN MEDIA INTERAKTIF DI SMK NEG. 2 GOWA

Authors

  • Munirah Munirah Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Hesiaty Hesiaty Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Rahmawati Rahmawati Universitas Muhammadiyah Makassar

Keywords:

Modul Ajar Berdiferensiasi, Kompetensi Sosial Emosional, Media Interaktif, Pengabdian Masyarakat, SMK Negeri 2 Gowa

Abstract

Program pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di SMK Negeri 2 Gowa melalui pendampingan penyusunan modul ajar berdiferensiasi bagi para guru. Fokus utama dari program ini adalah untuk membantu guru dalam merancang modul yang disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik siswa, sehingga dapat meningkatkan keterlibatan dan motivasi belajar siswa. Selain itu, program ini juga bertujuan untuk mengembangkan kompetensi sosial emosional guru, dengan memberikan pemahaman lebih dalam mengenai pentingnya aspek sosial dan emosional dalam pembelajaran. Pendampingan dilakukan dengan memperkenalkan penggunaan media interaktif seperti aplikasi pembelajaran berbasis web dan platform gamifikasi untuk meningkatkan efektivitas pengajaran. Hasil dari program ini menunjukkan bahwa para guru berhasil mengembangkan modul ajar yang lebih relevan dan menarik, serta lebih peka terhadap kebutuhan sosial emosional siswa. Meskipun terdapat tantangan terkait adaptasi teknologi, program ini berhasil memberikan dampak positif terhadap kualitas pembelajaran dan pengembangan kompetensi sosial emosional guru di SMK Negeri 2 Gowa.

References

Denham, S. A., Brown, C., & Way, E. (2017). Social-emotional learning and school readiness: The role of social-emotional skills in early childhood education. Early Childhood Education Journal, 45(5), 623-632. https://doi.org/10.1007/s10643-017-0879-7

Green, C. L., & Lockwood, P. L. (2019). Digital learning and social interaction: Exploring the relationship between media-based learning tools and social emotional competence. Journal of Educational Technology, 18(3), 245-259. https://doi.org/10.1016/j.jete.2019.04.006

Tomlinson, C. A. (2020). The differentiated classroom: Responding to the needs of all learners (2nd ed.). ASCD.

Woolfolk, A. E., & McCauley, C. L. (2021). Educational psychology (15th ed.). Pearson Education.

Lazear, D. (2021). Differentiated instruction: A guide for elementary school teachers. Teacher Created Materials.

Torgesen, J. K., & Houston, J. R. (2021). Understanding and applying differentiation strategies to support diverse learners. Journal of Educational Research and Practice, 11(2), 87-103. https://doi.org/10.1007/jedr.2021.0030

Downloads

Published

2025-02-15

How to Cite

Munirah, M., Hesiaty, H., & Rahmawati, R. (2025). PENDAMPINGAN PENYUSUNAN MODUL AJAR BERDIFERENSIASI UNTUK PENGEMBANGAN KOMPETENSI SOSIAL EMOSIONAL DENGAN MEDIA INTERAKTIF DI SMK NEG. 2 GOWA. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(01), 262–270. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/884