PENGALAMAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN: ANALISIS PENGADAAN KOLEKSI DAN IMPLEMENTASI KELAS LITERASI DI PERPUSTAKAAN NURUL ILMI SPF SDI PERUMNAS MAKASSAR
Keywords:
Praktek Kerja Lapangan, Perpustakaan Sekolah, SLiMS, Kelas Literasi, Pengadaan KoleksiAbstract
Praktik Kerja Lapangan (PKL) memberikan pengalaman langsung dalam pengelolaan perpustakaan, sebagaimana dilakukan di Perpustakaan Nurul Ilmi, SPF SDI Perumnas Makassar. Artikel ini menganalisis pengadaan koleksi dan pelaksanaan kelas literasi sebagai bagian dari kegiatan PKL. Tugas utama meliputi pengumpulan koleksi perpustakaan, seperti menyortir buku, memasukkan data ke dalam aplikasi SLiMS, dan membuat nomor panggilan, serta menyelenggarakan kelas literasi untuk menumbuhkan minat membaca siswa. Perpustakaan telah mengadopsi SLiMS untuk otomatisasi perpustakaan, meskipun menghadapi tantangan seperti pemanfaatan perpustakaan yang rendah, kenyamanan ruang baca yang tidak memadai, dan konektivitas internet yang tidak memadai. Untuk mengatasi masalah ini, rekomendasinya meliputi pengadaan koleksi yang lebih beragam, peningkatan fasilitas ruang baca, kerja sama dengan guru, dan penyediaan akses internet. Temuan ini bertujuan untuk menjadi rekomendasi bagi pengelolaan perpustakaan sekolah yang lebih baik.
References
Aini, Q. (2022). Penerapan Aplikasi Senayan Library Management System (Slims) Dalam Pengelolaan Bahan Pustaka Di Perpustakaan Sekolah. Jurnal Kajian Perpustakan Dan Informasi, 6(1). Doi:Http://Dx.Doi.Org/10.17977/Um008v6i12022p43-56
Azizah, N., Nasrullah, Fadia, I. F., Rusli, N., Syamsi, N., & Nurfaidah. (2024). Menjaga Perpustakaan Tetap Hidup: Peran Praktik Kerja Lapangan Dalam Aktivitas Harian Di Perpustakaan Balai Penelitian Dan Pengembangan Agama Makassar. Jurnal Abdidas.
Hanifa, S. N., Triwulan, A., Rajamuddin, R. A., Musytari, A. A., Ningsih, P. A., Nuraini, S., . . . Abidin, S. (2024). Peran Praktik Kerja Lapangan Mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan Dalam Pengelolaan Informasi Di Perpustakaan Bj. Habibie Man 1 Kota Makassar. Jurnal Pengadbadian Masyarakat.
Hasan, M., Nining Nurtrida, Nur Arisah, & Nuraisyiah, N. (2022). Implementasi Budaya Literasi Melalui Optimalisasi Perpustakaan Di Sekolah Dasar. Jurnal Eduscience.
Sapan, V., Gasong, D., & Fitriana, I. (2024). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Dan Kunjungan Perpustakaan Untuk Peningkatan Minat Membaca. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(3).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Irsamadani Mutabara, Rifqa Aulyah H, Nur Halisa, Tawakkal Tawakkal, Touku Umar, Saenal Abidin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.