PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ANTI KORUPSI SEBAGAI PENDIDIKAN KARAKTER BAGI SISWA SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN GAME SPAK” SD NEGERI MAULAFA
Keywords:
Pendidikan anti korupsi, pendidikan karakter, Game SPAK, siswa sekolah dasar, SDN MaulafaAbstract
Korupsi merupakan salah satu masalah serius yang menghambat pembangunan bangsa. Untuk menanamkan nilai-nilai anti korupsi sejak dini, pendidikan berbasis karakter diperlukan, terutama bagi siswa sekolah dasar. Program ini bertujuan mengembangkan pendidikan anti korupsi di SDN Maulafa melalui Game SPAK (Saya Perempuan Anti Korupsi), sebuah media pembelajaran interaktif yang dirancang untuk mengajarkan kejujuran, tanggung jawab, dan integritas. Program ini dilakukan melalui sosialisasi, pelatihan guru, implementasi game di kelas, dan evaluasi dampak terhadap siswa. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai anti korupsi serta dukungan positif dari guru dan orang tua. Kesimpulannya, Game SPAK adalah solusi efektif untuk mendukung pendidikan karakter berbasis anti korupsi dan direkomendasikan untuk diterapkan di sekolah lain.
References
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Panduan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kemendikbud.
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). (2020). Modul Pendidikan Anti Korupsi untuk Sekolah Dasar. Jakarta: KPK RI.
Santrock, J. W. (2011). Child Development. New York: McGraw-Hill Education.
SPAK Indonesia. (2022). Panduan Game Saya Perempuan Anti Korupsi (SPAK). Jakarta: SPAK Indonesia.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Winarno, B. (2014). Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Susandra A. Mbado, Yulsy M. Nitte, Rita V. Manu, Joi E. Djabi, Diana R. Matta, Benyamin S. Usfinit, Yuventus M. Mare, Bayu A.S. Adu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.