PENINGKATAN KESADARAN ANTI KORUPSI MELALUI INOVASI PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS NEARPOD SD INPRES NAIMATA KOT KUPANG
Keywords:
Nilai-nilai Anti Korupsi, Permainan Teka-Teki Silang, Pembelajaran berbasis teknologiAbstract
Korupsi merupakan salah satu masalah utama yang menghambat pembangunan sosial dan ekonomi di berbagai negara. Dalam konteks ini, upaya anti korupsi menjadi sangat penting untuk menciptakan pemerintahan yang bersih, transparan, dan akuntabel. Penelitian ini membahas berbagai strategi dan kebijakan yang dapat diimplementasikan untuk memberantas korupsi, termasuk penguatan lembaga penegak hukum, peningkatan transparansi dalam pengelolaan anggaran, serta pendidikan publik tentang dampak negatif korupsi. Selain itu, studi ini juga mengeksplorasi peran teknologi informasi dalam memperkuat sistem pengawasan dan pelaporan, serta pentingnya partisipasi masyarakat dalam upaya anti korupsi. Dengan pendekatan holistik dan kolaboratif, diharapkan upaya ini dapat menghasilkan perubahan signifikan dalam mengurangi tingkat korupsi dan meningkatkan kepercayaan publik terhadap institusi pemerintahan.Nilai-nilai anti korupsi seperti kejujuran, transparansi, dan akuntabilitas menjadi landasan penting dalam upaya pemberantasan korupsi. Penelitian ini mengkaji nilai-nilai tersebut dan bagaimana penerapannya dapat mengubah budaya organisasi serta perilaku individu dalam masyarakat. Selain itu, solusi untuk mengatasi korupsi meliputi penguatan sistem hukum, implementasi teknologi untuk transparansi, dan pendidikan masyarakat mengenai etika dan dampak korupsi. Upaya kolaboratif antara pemerintah, masyarakat sipil, dan sektor swasta sangat diperlukan untuk menciptakan lingkungan yang kondusif bagi nilai-nilai anti korupsi. Dengan pendekatan yang terintegrasi, diharapkan dapat tercipta sistem yang lebih bersih dan berkeadilan, serta meningkatkan kepercayaan publik terhadap institusi pemerintahan..
References
Andriani, R., & Setiawan, H. (2020). "Peran Pendidikan Karakter dalam Meningkatkan Kesadaran Anti Korupsi pada Siswa." Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1), 45-56.
Vol. 3 No. 1 (2023): Vol. 3 No. 1 (2023): JURNAL PEMIMPIN - PENGABDIAN MASYARAKAT ILMU PENDIDIKAN - Edisi Januari 2023
Arifin, Z., & Damayanti, N. (2019). "Persepsi Siswa Terhadap Pendidikan Anti Korupsi di Sekolah Dasar." Jurnal Pendidikan Moral Pancasila, 8(2), 56-68.
Fitriani, F., & Abdullah, M. (2021). "Implementasi Teknologi Digital dalam Pendidikan Karakter." Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(4), 154-165.
Handayani, E., & Widodo, W. (2020). "Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Pendidikan Anti Korupsi." Jurnal Pendidikan Indonesia, 12(3), 78-89.
Nugroho, Y., & Susilo, H. (2022). "Penggunaan Nearpod dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterlibatan Siswa." Jurnal Inovasi Pendidikan, 29(1), 25-37.
Rahman, M. A., & Putri, D. S. (2020). "Integrasi Nilai Integritas dalam Kurikulum Sekolah Dasar." Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7(2), 91-104.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Vlora A. Toineno, Yulsy M. Nitt, Imanuel O.M. Bani, Febryella Tantika Riwu Teta, Tesi Yani Notti, Abraham Aklili, Novita A. Leo, Yulianan Halek

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.