MEMBUDAYAKAN NILAI-NILAI ANTI KORUPSI MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN TEKA-TEKI SILANG DIGITAL DI SD INPRES MAULAFA”
Keywords:
Nilai-nilai Anti Korupsi, Permainan Teka-Teki Silang, Pembelajaran berbasis teknologiAbstract
Korupsi merupakan tantangan besar yang merugikan berbagai aspek kehidupan, seperti ekonomi, sosial, dan pendidikan. Oleh karena itu, pendidikan anti korupsi perlu ditanamkan sejak dini, terutama di tingkat sekolah dasar. Artikel ini membahas strategi membudayakan nilai-nilai anti korupsi di SD Inpres Maulafa melalui media pembelajaran digital, yaitu teka-teki silang (TTS). Nilai-nilai seperti kejujuran, tanggung jawab, keadilan, dan integritas diajarkan dengan pendekatan yang kreatif dan interaktif. Metode yang diusulkan meliputi integrasi nilai anti korupsi dalam kurikulum, pembuatan dan penggunaan TTS digital bertema anti korupsi, diskusi reflektif, serta proyek kolaboratif siswa. Pendekatan ini tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep anti korupsi, tetapi juga menginternalisasi nilai-nilai tersebut secara menyenangkan. Melalui pembelajaran berbasis teknologi ini, siswa memperoleh literasi digital sekaligus membangun karakter yang jujur dan bertanggung jawab. Strategi ini diharapkan mampu melahirkan generasi muda yang bebas dari perilaku korupsi, menciptakan masa depan Indonesia yang lebih baik.
References
Dewantara, Ki Hajar. (1977). Pendidikan. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa
Hamzah, M. A., & Muchtar, H. (2018). Efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis permainan dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 7(1), 1-10.
Jonassen, D.H., et al. (1999), Learning with Technology - A Constructivist Perspective
Kemdikbud (2018), Modul Pendidikan Anti Korupsi untuk Sekolah Dasar
Kirkpatrick, D. (2006), Crossword Puzzles as Learning Tools
Klitgaard, Robert. (1988). Controlling Corruption. Berkeley: University Of California Press.
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). (2022). Kenali Bahayanya: Dampak Korupsi di Berbagai Bidang.
Peraturan Pemerintah Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)
Siagian, Sondang P. (2008). Teori dan Praktek Kepemimpinan. Jakarta: Rineka Cipta
UNESCO (2013), Education for Sustainable Development Goals
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Anggela M.B Guterres, Yulsy M. Nitte, Fenny T. Octavianus, Karolina T. Kutiom, Maria F. Bikolo, Maria H. Bria, Maria L.M Ceunfin, Rasty M.C Ndolu, Rian I. Adu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.