PELATIHAN PEMILIHAN LOKASI USAHA STRATEGIS PADA UMKM CENDOL PASAR SETU DI KABUPATEN BEKASI: TANTANGAN DAN POTENSI EKSPANSI

Authors

  • Nadia Ramadhani Universitas Pelita Bangsa
  • Mas Selma Sabilal Muna Universitas Pelita Bangsa
  • Nurlia Suryani Universitas Pelita Bangsa
  • Siti Aswah Universitas Pelita Bangsa
  • Wiji Safitri Universitas Pelita Bangsa

Keywords:

Cendol, Ekspansi Usaha, Manajemen Operasional, Pasar Setu, Strategi Lokasi

Abstract

Salah satu usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Cendol Pasar Setu yang berlokasi di Pasar Setu, Kabupaten Bekasi. Usaha cendol ini dimiliki oleh Pak Dika kurang lebih selama 15 tahun, dimulai sejak tahun 2008 hingga saat ini, hal ini tentu dengan memanfaatkan strategi lokasi yang tepat. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk mengevaluasi strategi lokasi, masalah yang dihadapi, dan kemungkinan ekspansi bisnis. Pengabdian menggunakan observasi lapangan, wawancara, dan analisis data penjualan selain itu untuk menentukan lokasi ekspansi yang tepat menggunakan metode analisis pemeringkatan faktor. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa lokasi di Pasar Setu menawarkan aksesibilitas tinggi dan arus pelanggan yang stabil, meskipun ada masalah seperti keterbatasan ruang dan lingkungan yang tidak mendukung. Dua lokasi ekspansi, Burangkeng dan Cisaat, menunjukkan hasil bahwa Burangkeng memiliki prospek yang lebih baik karena tingkat keramaian yang tinggi, daya beli masyarakat yang lebih kuat, dan dukungan fasilitas yang lebih baik.

References

Adolph, R. (2016). Manajemen Operasional. 10–21.

Fitriyani, S., Murni, T., & Warsono, S. (2019). Pemilihan Lokasi Usaha Dan Pengaruhnya Terhadap Keberhasilan Usaha Jasa Berskala Mikro Dan Kecil. Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen, 13(1), 47–58.

Gideon Setyo Budiwitjaksono, Rima Anggun Aprilya, Sintha Dayu Aringgani, Devi Istyalita, Wakhidatul Ummah, & Moch. Rizky Ramadhan. (2023). Analisis Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) di Kelurahan Klampok Kota Blitar. Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Kreatif, 1(3), 31–49.

Iswanto, J., Fitrtotus, D., Diyah, S., & Tohawi, A. (2023). Strategi Pemasaran yang Efektif : Meningkatkan Omzet Penjualan Roti dalam Tinjauan Hukum Ekonomi Islam di Mawaddah Bakery Bandar Lor Kediri. Journal on Education, 05(04), 17807–17813.

Jamlean, S., Saleky, S. R. J., & Pattipeilohy, V. R. (2022). Pengaruh Lokasi Usaha Terhadap Minat Pembelian Konsumen. Jurnal Administrasi Terapan, 1(1), 151–156.

Meilanitasari, P., Adetya, N. P., Prasodjo, N. P., Anargya, E. W., Wirayudha, R. A., & Erdiansyah, S. R. (2023). Penentuan Lokasi Urban Farming dengan Metode Factor-Rating di Kabupaten Gresik. Jurnal Penelitian Inovatif, 3(2), 265–276.

Rochmadi, I., & Rohmah, S. (2019). Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan). Riset Ekonomi Pembangunan, 4(2), 161–173.

Saepul, S. A., Mulyatini, N., & Prabowo, F. H. E. (2019). Analisis faktor-faktor penetapan lokasi strategis perusahaan Pt. Pos indonesia cabang ciamis sebelum dan sesudah renovasi (studi kasus pada Pt. Pos indonesia cabang kantor pos ciamis). Business Management and Entrepreneurship Journal, 1(2), 25–41.

Sisca, Julyanthry, Ervina, N., Wijaya, A., Ambarita, M. H., Susanti, E., Arshandy, E., Vikaliana, R., Butarbutar, N., Butarbutar, M., Grace, E., Pulungan, K. P. A., & Sianipar, R. T. (2020). Manajemen Opersional (A. Sudirman (ed.)). Widina Bhakti Persada Bandung.

Sofansyah, M. F., Subchan, H. A., Firmansyah, M. D., & Sulton, A. (2024). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Lokasi Pabrik PT . Obifood Menggunakan Metode Factor Rating. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Industri Berkelanjutan IV, 4(1), 1–6.

Downloads

Published

2025-02-15

How to Cite

Ramadhani, N., Sabilal Muna , M. S., Suryani, N., Aswah, S., & Safitri, W. (2025). PELATIHAN PEMILIHAN LOKASI USAHA STRATEGIS PADA UMKM CENDOL PASAR SETU DI KABUPATEN BEKASI: TANTANGAN DAN POTENSI EKSPANSI. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(01), 30–39. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/846