WEBINAR: EXPLORING PHOTOGRAPHY CREATIVITY TO GROW BUSSINESS ON SOCIAL MEDIA
Keywords:
Fotografi, Bisnis Media Sosial, Kreativitas.Abstract
Webinar tentang "Memanfaatkan Kreativitas Fotografi untuk Berbisnis di Media Sosial" ini diadakan dengan tujuan untuk memberikan wawasan kepada peserta mengenai bagaimana mengoptimalkan fotografi sebagai alat untuk memajukan bisnis melalui platform media sosial. Dalam kegiatan ini, penulis dan tim pengabdi, beserta mahasiswa Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Makassar, membagikan materi mengenai teknik fotografi kreatif, strategi pemasaran digital, serta bagaimana membangun brand image yang kuat di media sosial. Webinar ini diharapkan dapat memberikan pemahaman dan keterampilan praktis bagi peserta dalam mengembangkan usaha mereka, khususnya dalam era digital yang terus berkembang. Setelah mengikuti webinar, peserta diharapkan dapat lebih percaya diri dalam menggunakan fotografi untuk memperkuat promosi bisnis mereka di media sosial, serta memahami pentingnya adaptasi terhadap tren dan teknologi yang terus berubah. Kegiatan ini berhasil memberikan dampak positif dalam meningkatkan keterampilan peserta dalam memanfaatkan media sosial sebagai alat pemasaran yang efektif, serta memperluas wawasan mereka mengenai potensi bisnis melalui fotografi kreatif.
References
Asegaf, M. M., & Alfa Ramadhan, F. (2022). Implementasi Penguatan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) melalui Program Food Photography di Baznas Kabupaten Jombang. Management of Zakat and Waqf Journal (MAZAWA), 4(1), 68–87. https://doi.org/10.15642/mzw.2022.4.1.68-87
Hafizillah, H., Rismawati, N., & Pinahayu, E. A. R. (2020). Perancangan aplikasi pelayanan jasa photography pada Stream Documentation Bekasi berbasis Java. Journal of Information System, Informatics and Computing, 4(2), 27–35. https://doi.org/10.52362/jisicom.v4i2.317
Oktalyra, R., Dwi, C., & Ananda, K. (2021). Pelatihan Penggunaan Media Sosial Untuk Promosi Usaha Atau Bisnis Bagi Remaja Di Daerah Cikokol Tangerang. ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 54–59. https://doi.org/10.34306/adimas.v1i2.432
Permana, I. P. H. ., & Pratiwi , N. K. A. N. . (2021). Penggunaan Media Sosial Instagram Sebagai Media Pemasaran Bisnis Kuliner pada Komunitas Online @deliciousbali. JUSTBEST: Journal of Sustainable Business and Management, 1(1), 12–18. https://doi.org/10.52432/justbest.1.1.2021.12-18
Nasution, A. (2021). Strategi pemasaran bisnis kuliner menggunakan influencer melalui media sosial Instagram. Jurnal Bisnis Corporate, 6(1). https://doi.org/10.46576/jbc.v6i1.1484
Saputra, A. D., & Borman, R. I. (2020). Sistem informasi pelayanan jasa foto berbasis Android (studi kasus: Ace Photography Way Kanan). Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, 1(2). https://doi.org/10.33365/jtsi.v1i2.420
Supriyanto, A., Rosmalia, V., Aman, A. S., Nisa’, A., & Tias, U. A. (2021). Pemanfaatan social media sebagai pemasaran bisnis di era society 5.0. Jurnal Pengabdian Masyarakat Kewirausahaan Indonesia, 2(2). https://doi.org/10.36600/janaka.v2i2.215
Taufik Bahtera, N., Darus Salam, M., & Prassetyo, S. . (2024). Pemberdayaan UMKM di Waru Sidoarjo melalui Pelatihan Konten Kreatif, Copywriting, dan Strategi Bisnis Digital. Literasi Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 4(2), 196-204. https://doi.org/10.58466/literasi.v4i2.1674
Umbara, F. W. (2021). User Generated Content di Media Sosial Sebagai Strategi Promosi Bisnis. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 4(2), 572-581. https://doi.org/10.36407/jmsab.v4i2.366
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Andromeda Valentino Sinaga, Rimma Sianipar, Ulfah Widyastuti Arsal, Julham Hukom , Muhammad Isnawan Syafir

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.