MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISTEM TATA SURYA MELALUI MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DALAM PROGRAM PENGABDIAN KEPADA MASYARAT DI SDI PAUPANDA 1

Authors

  • Sri Widiyanti Universitas Flores
  • Petrus Aser Pa’o Universitas Flores
  • Yuniardi Widi Wea Universitas Flores

Keywords:

Tata surya, media video pebelajaran, pengabdian kepada masyrakat, SDI Paupanda I

Abstract

Pada masa kini pembelajaran lebih menekankan terhadap penggunaan teknologi sebagai sarana untuk membantu guru dalam meningkatkan kemampuan belajar siswa melalui media-media pembelajaran yang menarik perhatian siswa. Media pembelajaran harus digunakan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di era digital. Artikel ini membahas hasil pelaksanaan program pengapdian kepada masyarakat yang dilaksanakan di SDI Paupanda 1, pada tanggal 2 November 2024 yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa SDI Paupanda I terhadadap materi sistem tata surya melalui penggunaan media video pembelajaran pada fase A (kelas 1 dan 2), fase B (kelas 3 dan 4) dan terkhususnya fase C (kelas 5 dan 6). Dalam program ini media video pembelajaran digunakan sebagai media untuk memudahkan siswa memahami gambaran umum sistem tata surya. Metode yang digunakan adalah penyususunan video pembelajaran berbasis multimedia dan penerapannya dalam proses belajar mengajar. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menunjukan peningkatan pemahaman peserta didik tentang materi sistem tata surya melalui media video pembelajaran yang ditayangkan, yang diukur melalui beberapa pertanyaan kuis yang diberikan. Kesimpulan dari kegiatan pengabdian ini adalah  penggunaan media video pembelajaran yang menarik dapat meningkatkan pemahaman siswa dan juga dapat memotivasi siswa dalam belajar yang nantinya akan meningkatkan minat siswa terhadap pembelajaran

References

Rahimah Ulfa Harapan. (2021, Desember). Video pengenalan sistem tata surya berbasis motion graphyc pada anak usia dini. Artikel history received. Vol 1, No 1.

Mika Astria Br Sembiring, Nurliani Siregar, Bangun. (2023). Penggunaan media pembelajaran video dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Kristen kelas VI SD Negeri 060894 Medan. Jurnal review pendidikan dan pengajaran. Vol 6, No 2.

Adi Neneng Abdullah, Maria Floriana Serin, Syarifah Fermitasari, Beata Kamesia Ngole, Apolonia Elista Mude. (2024). Meningkatkan motivasi dan prestasi belajar IPAS melalui video pembelajaran pada siswa kelas IV dan V SDK Roworeke. Jurnal gembira (pengabdian kepada masyarakat). Vol 2, No 4.

Ahmad Faudin, Befita Puti Aprita, Mohamad Rasya Sathia, Nayla Syifa Affendi, Zaima Mahirotul Azza. (2023). Efektifitas penggunaan media video pembelajaran nama-nama planet di tata surya pada anak di usia dini TK Binekas PGRI. Journal of education. Vol 1, No 2.

Tomi parmadi, Muhammad Aqmal Nurcahyo, Yuni Listriani. (2023). Pengembangan miniatur sistem tata surya 3D terhadap pengenalan sistem tata surya kelas VI SD. Journal edukasi. Vol 1, No 3.

Muh. Najib, Ahmad Syawaluddin, Siti Raihan. (2023). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif sistem tata surya berbasisi literasi sains untuk siswa SD. Journal inovasi pendagogi & teknologi. Vol 1, No 1.

Adi, E.P. (2019) pengembangan video pembelajaran IPA Materi Gaya untuk siswa Sekolah Dasar. Jurnal kajian Teknologi Pendidikan. Bobot 2(4) halaman 329-335

Silam, N, Hotimah dan Syawalanddin. A ( 2022). Tema peduli terhadap maklhuk hidup untuk siswa kelas IV SD. Nubin Smart Jurnal. Bobot, 2(1) halaman 1-18

Cahyadi, A, (2019) Pengembangan media dan sumber belajar: Teori dan prosedur (1 st ed,) Serang: Penerbit Laksita Indonesia

Sugiono, 1, B (2021), Miniatur Tata Surya dan limbah kerja sebagai inovasi pendidikan Daring. Bobot 1(1), Halaman 486- 497

Wahyu,Y, Edu ,A, L San Nardi. Mei (2020) Problematika pemanfaatan media pembelajaran IPA di sekolah Dasar. jurnal penelitian pendidikan IPA.

Yakub,J.A (2016). Pembuatan media pembelajaran Tata Surya untuk anak kelas IV Sekolah Dasar. CAYPTRA,5(1),1-9

Niqisari ,R,dan Sudermiah ,E (2019) Pembuatan Demonstrasi Tata Surya Denan consuet 2 berbasis Android.

Sholichal, L.M (2017). Pengembangan media miniatur Tata Surya.

Muhammad Nadjif, Yudha Irhasyuarna, Sauqina. (2022). Pengembangan media pembelajaran interaktif Ipa berbasis Articulate storyline pada materi sistem tata surya. Jurnal pendidikan dan ilmu sosial. 1 (3).

Downloads

Published

2024-12-12

How to Cite

Widiyanti, S., Pa’o, P. A., & Wea, Y. W. (2024). MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISTEM TATA SURYA MELALUI MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DALAM PROGRAM PENGABDIAN KEPADA MASYARAT DI SDI PAUPANDA 1. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(06), 2556–2562. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/822