PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SAINS PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH DI SD IMPRES PAUPANDA 1
Keywords:
metode praktikum, pemahaman konsep, sains, sistem peredaran darah.Abstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep sains, khususnya pada materi sistem peredaran darah manusia, melalui penerapan metode pembelajaran berbasis praktikum. Sasaran kegiatan ini adalah siswa SD ImpresPupanda 1 yang mengalami kesulitan dalam memahami materi tersebut akibat metode pembelajaran konvensional yang cenderung teoritis. Metode praktikum dipilih karena mampu memberikan pengalaman belajar langsung yang lebih konkret dan menarik. Kegiatan ini melibatkan serangkaian tahapan, mulai dari persiapan alat peraga, pelaksanaan praktikum, hingga evaluasi hasil belajar siswa. Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman konsep siswa setelah penerapan metode praktikum, ditandai dengan peningkatan skor tes sebelum dan sesudah kegiatan. Selain itu, siswa juga menunjukkan antusiasme yang lebih tinggi dalam mengikuti pembelajaran. Dengan demikian, metode pembelajaran berbasis praktikum dapat dijadikan alternatif efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep sains pada materi sistem peredaran darah manusia.
References
Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan
Suharno, S., & Suryani, E. (2018). Penerapan Pembelajaran Berbasis Praktikum dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Sains di Sekolah Dasar.
Wulandari, S., &Soedjono, J. (2019). Penerapan Metode PraktikumdalamPembelajaran Sains untukMeningkatkanPemahamanKonsep pada SiswaSekolah Dasar.
Pratiwi, L., & Susanto, E. (2018).Pengaruh Pembelajaran Praktikum terhadap Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Sistem Peredaran Darah di Sekolah Dasar.
Sujadi, I. (2018). Pendidikan Sains di Sekolah Dasar: Konsep dan Aplikasinya. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran,
Suryani, E., &Prasetyo, H. (2020). Penerapan Metode PembelajaranBerbasisPraktikumdalamPembelajaran Sains di Sekolah Dasar.
JurnalBasicedu Implementasi Literasi Sains Dalam Pembelajaran Dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar.
JurnalPengabdian masyarakat Penguatan Literasi Sains melalui Permainan Edukatif pada Siswa Kelas VI SDN 37 Kendo Kota Bima.
Artikel Metode Pratikum Untuk Meningkatkan Pemahaman dan Hasil Belajar siswa kelas V MI YPPI 1945 Babat pada Materi Zat Tunggal dan Campuran PraticalMethods To ImproveUnderstandingAndLearningOutcomesGrade V MI YPPI 1945.
Keektifan Metode Pratikum Berbasis Inquiry Pada Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Proses Sains.
Penerapan Pembelajaran Berbasis Pratikum Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Siswa SMK Pada Materi Bakteri Yuli Amita Sari Program Stud Pendidikan Biologi Stkip.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nining Sariyyah, Alviani Giberti Sarce, Faradiba Daeng, Aldofentino Manuel Lendon

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.