PENGENALAN KONSEP PANCA INDRA MELALUI PEMANFAATAN PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA FASE A, B DAN C DI SDI PAUPANDA 1
Keywords:
Media, Interaktif, Konsep Panca IndraAbstract
Pembelajaran interaktif adalah metode yang efektif untuk mengajarkan konsep ini,karena melibatkan siswa secara aktif dan memungkinkan mereka untuk belajar melalui pengalaman langsung. Minimnya pemanfaatan media pembelajaran di sekolah dan pembelajaran berpusat pada guru dengan metode ceramah berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap pembelajaran IPAS dengan memahami konsep panca indra yang merujuk pada lima panca indra manusia,yaitu pengelihatan,pendengaran,penciuman,perasa dan peraba..Memahami konsep panca indra sangat penting terutama dalam pendidikan,karena dapat membantu peserta didik mengenali dan menjelajahi dunia di sekitar mereka. Hasil pengabdian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada pemahaman dan keterampilan peserta didik dalam pembelajaran interaktif. Penggunaan media pembelajaran dan alat pratikum dapat memudahkan peserta diidk dalam memahami proses pembelajaran. Kesimpulan dari pengenalan konsep panca indra melalui pemanfaatan pembelajaran interaktif dapat membantu peserta diidk khususnya di SDI Paupanda 1 untuk lebih aktif dan termotivasi dalam kegiatan pembelajaran serta meningkatakan pemahaman terhadap kionsep yang diajarkan khususnya berkaitan dengan alat panca indra.
References
Fauziah, R., & Hadi, M. S. (2023). Analisis Efektivitas dan Manfaat Quizizz Paper Mode dalam Pembelajaran Interaktif di Kelas III SDN Singabraja 02. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 2721-2730.
Furoidah, A. (2020). Media pembelajaran dan peran pentingnya dalam pengajaran dan pembelajaran bahasa Arab. Al-Fusha: Arabic Language Education Journal, 2(2), 63-77.
Gunawan, H. I., Hamda, N., & Tasia, F. E. (2022). Sosialisasi Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif dalam Proses Pembelajaran di Pondok Pesantren Ar Rosyidiyah Cikupa. Praxis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 197-203.
Haryati, D. (2016). Efektivitas pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas IV SD Inpres BTN IKIP I Makassar. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 3(2), 80-96.
Kharissidqi, M. T., & Firmansyah, V. W. (2022). Aplikasi canva sebagai media pembelajaran yang efektif. Indonesian Journal Of Education and Humanity, 2(4), 108-113.
Kurniawati, I. D. (2018). Media pembelajaran berbasis multimedia interaktif untuk meningkatkan Pemahaman konsep mahasiswa. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 68-75.
Mahmudah, S. R. (2018). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF IPA MATERI PANCA INDRA BAGI SISWA KELAS 4. BASIC EDUCATION, 7(9), 868-877.
Nasser, A. A., Arifudin, O., Barlian, U. C., & Sauri, S. (2021). Sistem Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web Dalam Meningkatkan Mutu Siswa Di Era Pandemi. Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, 7(1), 100-109.
Nastiti, P. T., & Wathon, A. (2019). Membangun Pembelajaran Berbasis Proyek Melalui Kegiatan Bermain Alat Permainan Edukatif. Sistim Informasi Manajemen, 2(1), 161-187.
Puspadewi, I., Sulindra, G., & Sentaya, I. M. (2019). Pengembangan multimedia interaktif sebagai media pembelajaran ipa pada materi panca indra bagi siswa kelas iv sekolah dasar negeri 1 pelat kecamatan unter iwes tahun pelajaran 2018/2019. Jurnal Kependidikan, 3(2), 33-42.
Putri, N. A., Anggraini, H., & Dewantari, T. (2023). PENGARUH TEKA-TEKI SILANG BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA ANAK KELOMPOK B DI TK AMARTA TANI BANDAR LAMPUNG. Renjana Pendidikan Dasar, 3(3), 130-137.
Saputra, W. D., & Kurniawati, Y. (2021). Desain Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Praktikum Pengenalan Alat Laboratorium Kimia Sekolah Menengah Atas. Journal of Natural Science and Integration, 4(2), 268-276.
Sylvia, I. L. A., SS, S. T., Purwati, S. T., Sriyami, Y., Th, S., & Rukiyem, S. T. (2021). Guru hebat di era milenial. Penerbit Adab.
Ulfa, E. H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD/MI (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nurhalisa Ahmad, Susana Ningsih Banak Hayon, Julita Anastasia Bay Wea, Katarina Ere

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.