MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SAINS TENTANG KEANEKARAGAMAN HAYATI DENGAN MENERAPKAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK KELAS V DI SDI WOROPAPA

Authors

  • Sesilia Olivia Universitas Flores
  • Maria Dewinta Sandra Nirhu Universitas Flores
  • Bonefasius Niku Gaka Universitas Flores

Keywords:

peserta didik, video pembelajaran, praktikum

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan atas keprihatinan terhadap peserta didik yang kesulitan memahami konsep-konsep IPA karena kurangnya minat belajar dan media pembelajaran belum diterapkan guru. Dengan menerapkan media video pembelajaran dan praktikum yang dihadirkan dengan semenarik mungkin peserta didik diajak belajar sambil bermain lewat ice breaking seru. Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan minat belajar peserta didik terhadap materi IPA karena tentunya mata pelajaran IPA merupakan ilmu dasar yang berpengaruh untuk pengetahuan peserta didik demi menghadapi jenjang berikutnya. Video pembelajaran dan praktikum yang digunakan mampu meningkatkan minat belajar peserta didik dengan adanya animasi dan backsound serta praktikum dilakukan agar peserta didik dapat secara langsung menerapkan materi yang telah didapatkan dari video pembelajaran.

References

Adam, A. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Journal of Contemporary Issue in Elementary Education, 1(1), 29–37. https://doi.org/10.33830/jciee.v1i1.5027

Amali, K., Kurniawati, Y., & Zulhiddah. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Sains Teknologi Masyarakat pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. In JNSI: Journal of Natural Science and Integration (Vol. 2, Issue 2).

Effiyati, P. (2017). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA. Jurnal Formatif, 171–179.

Hadi, S. (2017). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN VIDEO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR.

Legina, N., & Sari, P. M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Articulate Storyline Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis pada Pembelajaran IPA bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Paedagogy, 9(3), 375. https://doi.org/10.33394/jp.v9i3.5285

Norlaila, N., Purwanti, S., Wahyuni, S., & Vidy, V. (2024). Efektivitas Lagu Balikpapan Kota Beriman sebagai Media dalam Mengenalkan Karakteristik Kota Balikpapan pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Penelitian Inovatif, 4(4), 2039–2046. https://doi.org/10.54082/jupin.707

Pawestri, E., & Maria Zulfiati, H. (2020). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) UNTUK MENGAKOMODASI KEBERAGAMAN SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS II DI SD MUHAMMADIYAH DANUNEGARAN.

Puspitasari, I., Saidah, K., & Aka, K. A. (2024). KEEFEKTIFAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN JEDA (JENDELA DAUN) PADA PEMBELAJARAN IPA SD MATERI JENIS DAN BENTUK TULANG DAUN TUMBUHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09.

Rozie, F. (2018). PERSEPSI GURU SEKOLAH DASAR TENTANG PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN SEBAGAI ALAT BANTU PENCAPAIAN TUJUAN PEMBELAJARAN. Widyagogik, 5.

Sasmita, E., & Darmansyah. (2022). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kendala Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka (Studi Kasus: Sdn 21 Koto Tuo, Kec. Baso) (Vol. 4).

Downloads

Published

2024-12-12

How to Cite

Olivia, S., Nirhu, M. D. S., & Gaka, B. N. (2024). MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SAINS TENTANG KEANEKARAGAMAN HAYATI DENGAN MENERAPKAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK KELAS V DI SDI WOROPAPA. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(06), 2511–2520. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/816