MEMBANGUN LITERASI SAINS MELALUI VIDEO PEMBELAJARAN YANG MENYENANGKAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR MIS NURUL QAMAR ROWORENA
Keywords:
Literasi sains, Video pembelajaran, Hasil belajar, Pembelajaran menyenangkanAbstract
Meningkatkan litersi siswa dapat dilakukan dengan berbagai cara diantaranya adalah penggunaan video pembelajaran Ilmu Pengetahuan Bumi dan Antariksa (IPBA). Artikel ini mencoba membahas materi pembelajaran IPBA yang digunakan untuk meningkatkan literasi sains siswa sekolah dasar dan pengembangan implementasi video pembelajaran yang dirancang untuk meningkatkan pemahaman konsep sains, keterampilan berpikir kritis dan minat siswa terhadap sain. Kegiatan ini dilakasakan di MIS Nurul Qamar Roworena, yang melibatkan 20 orang siswa dari kelas 3,4,5, dan 6. Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan minat siswa dalam mengembangkan kemampuan literasi menggunakan video pembelajaran.
References
Pratama,Dini, dkk. (2023). Pengaruh media berbasis video animasi terhadap literasi sainssiswa kelas IV dalam mata pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 03 (01), 2-3.
Mahliannurrahman & Aprilia, Rapita. (2022). Pengembangan Media Video untuk Meningkatkan literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Dikoda. 3 (1) 10.
Servitri M. Ordo. (2022). Penerapan Video Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan hasil Belajar hasil Belajarar Siswa Kelas V di SDN Balongsari I/500 Surabaya. Jurnal Pendidikan Tambusasi. 6(1) 945.
Cahyo, Sunyoto.dkk. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Video Interaktif IPA untuk Meningkatkan Literasi Lingkungan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri. 09 (04)1147
Yunita, Dwi & Wijayanti, Astuti. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Keaktifan Siwa. Jurnal LP3M Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. 3 (2) 153.
Indriani, Novi.dkk. (2024). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Sains Materi Organ Pencernaan Manusia Dan Fungsinya Kelas VB Sekolah Dasar Negeri 58 Sungai Raya. Jurna of Education. 06(04) 19102.
Juniawan, E. Rahmad.dkk. (2023). Studi Literatur : Analisis Media Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. CJPE : Cakroaminoto Juornal Of Primary Education. 6 (2) 84.
Azimi, Rusilowati, Ani & Sulhadi. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Literasi Sains Untuk Siswa Sekolah Dasar. Pancasakti Science Education Journal. 2 (2) 146.
Putri, A.P. Nyoman.dkk. (2024). Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Nalar Kritis Dan Literasi Sains Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal ilmu pendidikan. 6 (4) 3700-3701
Wangge, S. Yuliani. (2024). Edukasi Pembelajaran Menggunakan Video Pembelajaran Menyenangkan Di SDK Mbomba. Jurna PEDAMAS (Pengabdian Kepada Masyarakat). 2 (4) 1201.
Risky, S. Mahari. (2029). Analisis Penggunaan Video Pada Mata Pelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar : kajian teori dan praktik pendidikan. 28(2) 74.
Yunita, D.,& Wiyanti, A. (2017). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA Di Tinjau dari Keaktifan Siswa.SOSIOHUMANIORA : Jernal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora. 3 (2) 153-154.
Wahyu, Yuliana. (2020). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA. 6(1) 107.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Adi Neneng Abdullah, Agnes Remi Rando, Afliana Horiana Gerin, Yulita Bebe

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.