MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA MELALUI VIDEO PEMBELAJARAN SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA
Keywords:
scientific literacy, learning videosAbstract
kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan literasi sains pada peserta didik di SDI Wolowona 2 melalui penggunaan vidio pembelajaran dalam pembelajaran sistem pernapasan manusia yang menyenangkan. Dalam konteks pendidikan dasar, literasi sains memainkan peran penting dalam membentuk pemahaman konseptual dan keterampilan berpikir kritis siswa. Penggunaan vidio pembelajaran, seperti model paru-paru tiga dimensi dan diagram interaktif, dirancang untuk memfasilitasi proses pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif. Melalui pendekatan ini, siswa tidak hanya diharapkan dapat memahami konsep pernapasan dengan lebih baik, tetapi juga meningkatkan minat dan partisipasi aktif mereka dalam pembelajaran sains. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan vidio pembelajaran secara signifikan dapat meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa dalam topik sistem pernapasan. Selain itu, pendekatan ini juga membantu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, sehingga memotivasi siswa untuk lebih giat dalam mengeksplorasi dunia sains. Temuan ini menyarankan agar penggunaan vidio pembelajaran yang inovatif dan interaktif dapat diintegrasikan ke dalam kurikulum sains di sekolah dasar untuk memaksimalkan potensi literasi sains siswa.
References
Ajizah, A., Sari, M. M., Studi, P., Ipa, P., & Keguruan, F. (2021). Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Literasi Sains Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Develoent of Science Teaching Materials Based on Science Literature of Human Respiratory System Material. 1(1).
Akbar, T. N. (2016). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF IPA BERORIENTASI GUIDED INQUIRY PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA KELAS V SDN KEBONSARI 3 MALANG. 1120–1126.
Aurora, U., Sunaengsih, C., & Sujana, A. (2024). PENGARUH MEDIA VIDEO INTERAKTIF TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA Urfi Aurora Universitas Pendidikan Indonesia , Jawa Barat , Indonesia Cucun Sunaengsih Universitas Pendidikan Indonesia , Jawa Barat , Indonesia Atep Suj. Ilmiah, Al-Madrasah Jurnal Madrasah, Pendidikan, 8(4), 1486–1497. https://doi.org/10.35931/am.v8i4.4093
Dini, D., Pernafasan, P., & Dengan, A. (n.d.). DETEKSI DINI PENYAKIT PERNAFASAN ASMA DENGAN PEAK EXPIRATORY FLOW METER BERBASIS MICROCONTROLLER. 2(4).
Kusuma, P. A., & Airlanda, G. S. (2022). Pengembangan Video Klip Lagu Materi Sistem Pernapasan Manusia untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8675–8685.
Maharani, P., Dafrita, Eldes, I., & Sari, M. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS DORATOON TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA. RESERARCH ARTICLE Https://Jurnal.Academiacenter.Org/Index.Php/IJMS, 02(01), 22–32.
Negeri, S. D., & Kota, S. (2020). Penggunaan media simulasi pernafasan untuk meningkatkan kemampuan hasilBelajar ipa siswa sekolah dasar. 1, 2–7.
Prasetya, A., & Ulfa, S. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATERI SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA UNTUK SEKOLAH DASAR. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(2), 111–120. https://doi.org/10.17977/um038v5i22022p111
Supardi, Z. A. I., & Azizah, U. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran pada Materi Sistem Organ Pencernaan Manusia untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. 6(5), 8923–8935.
Wahyunisah1, R., & Susilawati. (2023). Pengembangan Instrumen Tes Literasi Sains pada Materi Sistem Pernapasan. 02(01), 43–51.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yuliana Sepe Wangge, Anselmus Mema, Katrin Carolina Novita Nggirang, Yutta Meyliana Bedhi , Angela Merici Dhey

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.