MEMBANGUN LITERASI SAINS DENGAN DEMONSTRASI ALAT PERAGA PADA SISWA SEKOLAH DASAR MIS NURUL QAMAR ROWORENA

Authors

  • Maria Finsensia Ansel Universitas Flores
  • Kristina Kire Langobelen Universitas Flores
  • Maria Maxim Fesa Universitas Flores
  • Maria Rosmitika Io Bbose Universitas Flores
  • Maria Natalia Mama Universitas Flores

Keywords:

iterasi sains, demonstrasi alat peraga, sekolah dasar, pengabdian kepada masyarakat.

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi sains siswa Sekolah Dasar MIS Nurul Qamar Reworena melalui demonstrasi alat peraga.  Metode yang digunakan adalah metode stad,dengan pemenfaatan alat praga dalam pembelajaran Muatan Biologi dan Ilmu Pengetahuan Bumi Dan Antariksa dapat meningkatkan hasil pelajar dan motivasi belajar siswa serta memberikan suasana belajar di dalam kelas yang lebih menyenangkan. Pengabdian kepada masyarakat menyimpulkan bahwa demonstrasi alat praga efektif dalam meningkatkan literasi sains siswa sekolah dasar MIS NURUL QAMAR ROWORENA. Selanjutnya dapat berpengaruh pada jenis alat praga yang berbeda terhadap peningkatan literasi sains.

References

Adiningsih, S. (2001), Regulasi dalam Revitalisasi Usaha Kecil dan Menengah di Indonesia (Artikel web). Diakses di http://jurnal.unikom.ac.id/vol4/art7.html

Adawiyah, W. R. (2011). Faktor Penghambat Pertumbuhan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM): Studi di Kabupaten Banyumas (Artikel web). Diakses di http://jp.feb.unsoed.ac.id/index.php/sca-1/article/view/134/139

Downloads

Published

2024-12-12

How to Cite

Ansel, M. F., Langobelen , K. K., Fesa , M. M., Bbose, M. R. I., & Mama, M. N. (2024). MEMBANGUN LITERASI SAINS DENGAN DEMONSTRASI ALAT PERAGA PADA SISWA SEKOLAH DASAR MIS NURUL QAMAR ROWORENA. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(06), 2429–2432. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/811