MEMBANGUN KONSEP BERPIKIR MATEMATIKA SEDERHANA PADA SISWA SMA BUKIT ASAM TANJUNG ENIM

Authors

  • Rustanto Rahardi Universitas Negeri Malang
  • Trianingsih Eni Lestari Universitas Negeri Malang
  • Dahliatul Hasanah Universitas Negeri Malang
  • Indriati Nurul Hidayah Universitas Negeri Malang
  • Slamet Slamet Universitas Negeri Malang

Keywords:

kerjasama, berpikir matematika, bermakna, menyenangkan

Abstract

Tim Satuan Penyelenggara Kerjasama sebagai pengelola manajemen sekolah memandang penting untuk melakukan kerjasama dengan institusi luar guna meningkatkan sumber daya manusia (SDM) baik bagi siswanya ataupun guru sebagai tenaga pendidik yang dimiliki sekolah. Kerjasama Deperatemen Matematika FMIPA UM dengan SMA Bukit Asam Tanjung Enim menunjukkan manfaat yang sangat positif. Siswa SMA Bukit Asam Tanjung Enim memperoleh pengetahuan berharga matematika yang bermakna dan menyenangkan karena diberikan pendekatan konsep berpikir secara nalar dan logis. Mereka juga mendapat wawasan materi perkuliahan untuk memotivasi melanjutkan kuliah di perguruan tinggi khususnya di Departemen Matematika FMIPA UM. Manfaat bagi para guru diantaranya dapat menindaklanjuti kerjasama dalam bentuk Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) untuk meningkatkan keprofesionalan mereka.

References

BAN PDM. (2024). Panduan Akreditasi untuk SD/MI, SMP/MTS, dan SMA/MA. Kemendikbudristek.

Claiborne, B., Barstow, A. V., & Dietiker, L. (2023). Oh! That’s Interesting! In Captivating Students Who Hate Mathematics with Mathematical Ideas (Vol. 2).

da Silva Bueno, R. W., Niess, M. L., Engin, R. A., Ballejo, C. C., & Lieban, D. (2023). Technological pedagogical content knowledge: Exploring new perspectives. Australasian Journal of Educational Technology, 39(1), 88–105. https://doi.org/10.14742/AJET.7970

Gazali, R. Y. (2016). Pembelajaran Matematika yang Bermakna. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 181–190.

Gravemeijer, K. (1994). Developing Realistic Mathematics Education. Freudenthal Institute.

Indonesia Travel. (n.d.). Taman Nasional Baluran. Https://Www.Indonesia.Travel/Id/Id/Destinasi/Java/Taman-Nasional-Baluran.Html.

Khasanah, D., & Prasetyo, D. D. (2023). Manajemen Kesiswaan dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Akademik dan Non Akademik Peserta Didik. Al-Fahim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 155–172. https://doi.org/10.54396/alfahim.v5i1.484

Mackenzie, J. G., & Allen, M. (1998). Mathematical power tools: Mapple, Mathematica, MATLAB, and Excel. Chemical Engineering Education, 32(2).

Noprika, M., Yusro, N., & Sagiman, S. (2020). Strategi kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 224–243. https://doi.org/10.36671/andragogi.v2i2.99

Pollak, H. O. (2011). What is Mathematical Modeling? Journal of Mathematics Education at Teachers College, 2(1). https://doi.org/10.7916/JMETC.V2I1.694

Rahardi, R. (2008). Model Interaksi Dua Spesies. Center of Mathematics Education Development Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Rahardi, R., & Lorenzo, M. G. (2021). Student understanding of derivative: Mathematics education in the senior high school. 040027. https://doi.org/10.1063/5.0043186

Sabariah, S. (2021). Manajemen Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(1), 116–122. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1764

Sujoko, E. (2017). Strategi Peningkatan Mutu Sekolah Berdasarkan Analisis SWOT di Sekolah Menengah Pertama. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 83. https://doi.org/10.24246/j.jk.2017.v4.i1.p83-96

Downloads

Published

2024-12-15

How to Cite

Rahardi, R., Eni Lestari, T., Hasanah, D., Hidayah, I. N., & Slamet, S. (2024). MEMBANGUN KONSEP BERPIKIR MATEMATIKA SEDERHANA PADA SISWA SMA BUKIT ASAM TANJUNG ENIM . Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(06), 2494–2502. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/810