PENERAPAN ALAT PERAGA SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA/I SDI WOLOWONA II
Keywords:
Teaching Aids, Scientific LiteracvAbstract
Tujuan dari kegiatan PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) ini adalah untuk membicarakan literasi sains sebagai aplikasi pembelajaran sains, serta potensi guru untuk menerapkan literasi sains. Upaya untuk meningkatkan pengetahuan peserta didik tentang sains yang selama ini kurang adalah dengan merencanakan kegiatan melalui percobaan sains. Pendidikan IPA harus memberikan pengalaman langsung melalui kegiatan sosialisasi menggunakan media pembelajaran atau alat peraga sederhana. Memulai gerakan literasi sains di tingkat satuan pendidikan adalah salah satu cara untuk mendukung partisipasi dalam kegiatan pembelajaran di Sekolah. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk meningkatkan literasi sains peserta didik kelas IV dan V di SDI Wolowona II melalui video pembelajaran dan alat peraga sederhana. Kegiatan ini selaras dengan indikator literasi sains, yaitu kemampuan untuk memberikan penjelasan secara ilmiah, membuat kesimpulan, dan mengembangkan pola pikir reflektif. Dengan melakukan alat peraga Sistem Peredaran Darah Manusia, peserta didik dengan mudah menangkap materi yang diberikan. Menurut hasil pengamatan, siswa mengikuti dan melaksanakan kegiatan dengan sangat serius dan antusias. Setelah penjelasan materi selesai, diberikan pertanyaan yang sesuai dengan materi, dan hasil menunjukkan bahwa siswa mengalami peningkatan ilmiah yang signifikan. Selain itu, guru dan siswa memberikan tanggapan yang sangat positif terhadap kegiatan tersebut.
References
Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104–1113. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.505
Kinanti, F. M., & Anas, N. (2024). Efektivitas Penggunaan Alat Peraga “Aliran Darahku” Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Materi Sistem Peredaran Darah. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 22(1), 87–101. https://doi.org/10.31571/edukasi.v22i1.7315
Inayah Saleh, H., Jumadi, O., Biologi, J., & Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar Jl Daeng Tata Raya, F. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Peredaran Darah Kelas VIII SMP Negeri 2 Bulukumba Effects of Teaching Aids Media Through Learning Outcomes on Circulatory Sistem Sub Unit Class VIII Junior High School 2. Jurnal Sainsmat, IV(1), 7–13. http://ojs.unm.ac.id/index.php/sainsmat
Novitas, H., Hayati, M. N., & Fatkhurrohman, M. A. (2018). Keefektifan Penggunaan Alat Peraga Sistem Peredaran Darah dalam Pembelajaran IPA Kelas VIII MTs Negeri Pemalang. Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti, 2(1), 1–11.
Wattimury, I., Souhoka, R., Tuamain, K., & Rupiasa, J. (2023). Pelatihan Pembuatan Alat Peraga Sebagai Media Pembelajaran IPA bagi Guru dan Siswa SD Kristen Lolotuara. Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, 2(2). https://doi.org/10.59025/js.v2i2.127
Anjarwati, A., Afifa, A., Ilmia, I., Putri, D. S., & Bayu, M. S. (2022). Penerapan Dan Pengaruh Penggunaan Media Alat Peraga Sepeda (Sistem Peredaran Darah) Dalam Pembelajaran IPA Kelas V Di Sdn Kerpangan I. Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 5(2), 199–204. https://doi.org/10.47647/jsh.v5i2.960
Pangemanan, Y., Tumbel, F. M., & Sumakul, J. (2024). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran PjBL Berbasis Praktikum terhadap Hasil Belajar Siswa pada Sistem Peredaran Darah Manusia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8, 8842–8851. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/13723
Ardhi, S. (2022). Pengembangan Alat Peraga Sistem Peredaran Darah Manusia dari Barang Bekas pada Pembelajaran IPA Siswa Sekolah Dasar. Empiricism Journal, 3(2), 399–405. https://doi.org/10.36312/ej.v3i2.1167
Template Jurnal PkM Setiadharma Terbaru (1). (n.d.).
Utama, O. pandu adi. (2020). Pembuatan Alat Peraga 3 Dimensi Media Pembelajaran Biologi Dalam Materi Sistem
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Virgilius Bate Lina, Indrianti Anjelina Hikon, Ermelinda Medho

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.