PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK PEMBELAJARAN SAINS KONSEP ORGAN TUBUH MANUSIA DI SDI PAUPANDA 1

Authors

  • Maria Dolorosa Bara Universitas Flores
  • Zesarius Marianus Ritu Universitas Flores
  • Kristina Rona Suka Lumba Universitas Flores
  • Maria Lusiana Lelo Welan Universitas Flores

Keywords:

Media, Interaktif, Konsep Organ Tubuh Manusia

Abstract

Penggunaan media pembelajaran yang interaktif dalam pembelajaran sains, khususnya pada materi konsep organ tubuh manusia, dapat meningkatkan pemahaman dan minat belajar siswa. Kegiatan ini bertujuan untuk mengaktifkan efektivitas media interaktif dalam memfasilitasi pembelajaran konsep organ tubuh manusia ditingkat sekolah dasar. Selain itu tujuan lainnya adalah untuk mengukur efektivitas media interaktif dalam meningkatkan daya serap siswa ,minat belajar, serta pemahaman konsep tentang organ tubuh manusia.  Metode yang digunakan adalah pemaparan materi berupa video dan studi eksperimen dengan melibatkan beberapa orang siswa. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa penggunaan pembelajaran interaktif dapat meningkatkan pemahaman konsep,memperkuat ingatan,dan memotivasi siswa untuk lebih aktif dalam proses belajar. Selain itu, media interaktif juga membantu siswa memahami struktur dan fungsi organ-organ tubuh manusia secara lebih mendalam. Dengan demikian, pemanfaatan media pembelajaran interaktif merupakan pendekatan yang efektif untuk pembelajaran sains dan dapat dijadikan referensi dalam meningkatkan kualitas Pendidikan sains di sekolah. 

References

Dasar, G. S., Guru, P., Dasar, S., Guru, P., & Dasar, S. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA VISUAL FLASHCARD BERBASIS ADOBE. 9(1), 28–39.

Kristen, U., Wacana, S., & Tengah, J. (2021). Jurnal basicedu. 5(3), 1198–1209.

Mukti, D. S., Khasanah, N. U., Dilla, S., Putri, K., Merliana, F., Marosgun, V. S., Sites, G., & Manusia, O. T. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Google Sites Pada Materi Organ Tubuh Manusia Untuk Kelas 4 Sekolah Dasar. 3(3), 191–200.

Organ, B., Manusia, T., & Hewan, D. A. N. (2007). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF IPA KELAS V SD POKOK BAHASAN ORGAN TUBUH MANUSIA DAN HEWAN Octario Sakti Susilo 1 , I Nyoman Sudana Degeng 2 , Susilaningsih 3. 3, 161–166.

Rahmawati, S., Paradia, P. A., & Noor, F. M. (n.d.). META ANALISIS MEDIA PEMBELAJARAN IPA SMP / MTS BERBASIS VIRTUAL REALITY. 5(1), 12–25.

Rinaldi, R., Fahmi, K., & Masyitah, M. (2024). Tinjauan Literatur: Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran Interaktif Di Tingkat Sekolah Dasar. Likhitaprajna Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Wisnuwardhana, 26(1), 20–28. https://doi.org/10.37303/likhitaprajna.v26i1.279

Safitri, A., & Kabiba, K. (2020). Penggunaan Media Gambar dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV di SD Negeri 3 Ranomeeto. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(1), 334–346. https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i1.4139

Yafa, R. A., Mursidah, F., & Hidayatulloh, B. (2023). Systematic Literature Review : Penggunaan Media Pembelajaran Digital dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. 2022.

Downloads

Published

2024-12-12

How to Cite

Bara, M. D., Ritu, Z. M., Lumba, K. R. S., & Welan, M. L. L. (2024). PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK PEMBELAJARAN SAINS KONSEP ORGAN TUBUH MANUSIA DI SDI PAUPANDA 1. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(06), 2415–2421. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/806