SOSIALISASI PENERAPAN MANAJEMEN KEUANGAN DENGAN MEMANFAATKAN PLATFORM SHOPEE KEPADA SISWA SMA MUHAMMADIYAH 3 JAKARTA

Authors

  • Rafeyfa Asyla Zalianty Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Rida Raisah Ummah Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Maeka Aulia Fadilah Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Sadiyatu Saniah Vhaleska Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Adellia Aminah Kamal Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Nasywa Sasikirana Vilanda Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Fritzy Ahmad Faizuzidan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Muhammad Zia Ul Haq Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Tegar Ramadhan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Rayyan Putra Maharaja Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Lutfi Hardiyanto Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

Keywords:

Manajemen Keuangan, Shopee, Digitalisasi

Abstract

Era digitalisasi telah memberikan kemudahan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk pengelolaan keuangan. Kegiatan pengabdian masyarakat di SMA Muhammadiyah 3 Jakarta ini bertujuan untuk membangun kesadaran dan keterampilan siswa siswi dalam pengelolaan keuangan di era digital melalui platform shopee. Kegiatan ini memfokuskan pada pemanfaatan platform shopee sebagai alat edukasi yang relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa-siswi. Metode yang digunakan meliputi ceramah mengenai manajemen keuangan, dan games seputar manajemen keuangan. Melalui penyuluhan interaktif dan permainan edukatif, siswa diajarkan konsep-konsep dasar manajemen keuangan seperti budgeting, saving, dan investasi. Sebanyak kurang lebih 60 siswa ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini, yang diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dasar mengenai penganggaran dan tabungan.

References

Eni Lestarina, Hasnah Karimah, Nia Febrianti,

Ranny Ranny, Desi Herlina (2017). Perilaku Konsumtif Di Kalangan Remaja‟, JRTI (Jurnal Riset

Tindakan Indonesia), 2.2, hal. 17-18.

Rizky Utami, S.E., M.Acc., Fin (2024), Literasi Keuangan Gen Z Masih Rendah, Bagaimana Dampaknya?

https://identitasunhas.com/literasi-keuangan-gen-z-masih-rendah/.

Rindi Salsabilla (2024), CNBC Indonesia,

Ternyata Ini 3 Penyebab Gen Z Boros dan Gaji Cepat Ludes,

https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20241029122310-33-583870/ternyata-ini-3-penyebab-gen-boros-dan-gaji-cepat-ludes.

Eagle, Dahl, Hill, Bird, Spotswood, & Tapp (2013), Theory of Reasoned Action, hal. 123.

Lee & Kotler (2011), Social Marketing :Influencing Behaviors for Good, hal. 198.

Herawati et al., (2018), Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Keuangan Di Kalangan Mahasiswa Akuntansi di Bali, Damodaran (2001), (Yoo et al, 2010, Brynjolfsson and McAfee 2014).

Downloads

Published

2024-12-12

How to Cite

Zalianty, R. A., Ummah, R. R., Fadilah, M. A., Vhaleska, S. S., Kamal, A. A., Vilanda, N. S., Faizuzidan, F. A., Haq, M. Z. U., Ramadhan, T., Maharaja, R. P., & Hardiyanto, L. (2024). SOSIALISASI PENERAPAN MANAJEMEN KEUANGAN DENGAN MEMANFAATKAN PLATFORM SHOPEE KEPADA SISWA SMA MUHAMMADIYAH 3 JAKARTA. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(06), 2288–2296. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/800