PELATIHAN KOMPETENSI DIRI SEBAGAI INSTRUKTUR SENAM UNTUK BEKAL CALON MAHASISWA PPG PENDIDIKAN JASMANI
Keywords:
Instruktur Senam, Kompetensi Guru Penjas, Pendidikan Profesi Guru (PPG)Abstract
ompetensi mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) sangat penting bagi efektivitas mereka sebagai guru pendidikan jasmani (penjas), khususnya dalam mengatasi masalah kesehatan di SMAN 1 Turen Malang. Program pengabdian ini menargetkan kurangnya pengetahuan kesehatan dan aktivitas fisik di kalangan guru dan siswa. Menekankan pada latihan kardio dan tarian modern, inisiatif ini bertujuan untuk menciptakan model latihan yang menarik yang menggabungkan musik modern dengan gerakan tarian, yang menarik bagi siswa yang lebih muda. Program ini juga mengatasi kurangnya keterampilan mahasiswa PPG dalam mengajar senam, yang berdampak negatif pada kualitas pendidikan dan kesehatan siswa. Dengan melatih guru dan mahasiswa sebagai instruktur senam, program ini berupaya meningkatkan kesadaran akan pentingnya aktivitas fisik dan membekali mereka dengan keterampilan mengajar yang penting. Pada akhirnya, inisiatif ini bertujuan untuk menumbuhkan komunitas sekolah yang lebih sehat, sehingga memungkinkan para guru olahraga di masa depan untuk berkontribusi secara positif terhadap kesehatan secara keseluruhan.
References
B. Indrayana and S. Murniati, “Pelatihan Senam Kreasi Pada Guru Olahraga Kota Jambi,” Jurnal Cerdas Sifa Pendidikan, vol. 10 No 1, pp. 42–51, 2021.
I. Prasetyawati Tri Purnama Sari, “Pendidikan Kesehatan Sekolah Sebagai Proses Perubahan Perilaku Siswa,” 2013.
M. J, Berry, C. C, Cline, C. B. Berry, and M. Davis, “A Comparison Between Two Forms Of Aerobic Dance And Treadmill Running,” Official Journal of the American College of Sports Medicine.
Z. Li, M. Zhou, and K. K. L. Lam, “Dance In Zoom: Using Video Conferencing Tools To Develop Students’ 4C Skills And Self-Efficacy During COVID-19,” Think Skills Creat, vol. 46, Dec. 2022, doi: 10.1016/j.tsc.2022.101102.
M. Pontone, T. Vause, and K. L. M. Zonneveld, “Benefits Of Recreational Dance And Behavior Analysis For Individuals With Neurodevelopmental Disorders: A Literature Review,” 2021, Wiley Online Library.
M. De Angelis, G. Vinciguerra, A. Gasbarri, and C. Pacitti, “Oxygen Uptake, Heart Rate And Blood Lactate Concentration During A Normal Training Session Of An Aerobic Dance Class,” 1998.
D. F. Tate, E. J. Lyons, and C. G. Valle, “High-Tech Tools For Exercise Motivation: Use And Role Of Technologies Such As The Internet, Mobile Applications, Social Media, And Video Games,” Feb. 01, 2015, American Diabetes Association Inc. doi: 10.2337/diaspect.28.1.45.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Surya Adi Saputra, Aisyah Shabrina Istiqomah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.