PENDAMPINGAN UNTUK MENCETAK GENERASI SISWA DALAM MENANAMKAN KARAKTER AGAMIS DAN RELIGIUS MELALUI KEGIATAN BISAMU DI SMK DARUL ULUM PURWODADI

Authors

  • Wiwin Fachrudin Yusuf Universitas Yudharta Pasuruan
  • Muzzamil Adiputro Universitas Yudharta Pasuruan
  • Moch. Abdulloh Faqih Universitas Yudharta Pasuruan
  • Nurul Hikmah Universitas Yudharta Pasuruan
  • Nadia Nurul Hidayah Universitas Yudharta Pasuruan
  • Syafira Nur Rohmah Universitas Yudharta Pasuruan
  • Jelita Noviyanti Universitas Yudharta Pasuruan

Keywords:

BISAMU, Karakter Agamis, Religius, Pendidikan Karakter, SMK Darul Ulum Purwodadi

Abstract

Program Bina Sukses Akhlak Mulia (BISAMU) di SMK Darul Ulum Purwodadi bertujuan untuk membentuk generasi siswa yang memiliki karakter agamis dan religius. Program ini melibatkan kegiatan-kegiatan seperti shalat dhuha, shalat dhuhur berjamaah, membaca Al-Qur'an, dan kegiatan sosial keagamaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas program BISAMU dalam menanamkan nilai-nilai religius pada siswa. Metode yang digunakan adalah Habitual Guidance (HG), yang melibatkan identifikasi kebiasaan, penyusunan rencana, pendampingan dan monitoring, penyesuaian dan evaluasi, serta penguatan positif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam pengetahuan keagamaan dan perubahan positif dalam perilaku siswa. Program ini terbukti efektif dalam mencetak generasi yang lebih religius dan berakhlak mulia

References

Lally, P., van Jaarsveld, C. H. M., Potts, H. W. W., & Wardle, J. (2010). How are habits formed: Modelling habit formation in the real world. European Journal of Social Psychology, 40(6), 998-1009.

Duhigg, C. (2012). The Power of Habit: Why We Do What We Do in Life and Business. Random House Trade Paperbacks.

Gardner, B., Lally, P., & Wardle, J. (2012). Making health habitual: The psychology of 'habit-formation' and general practice. British Journal of General Practice, 62(605), 664-666.

Astuti, S. P., & Mulyani, E. (2019). Efektivitas Program Pendampingan Bina Sukses Akhlak Mulia di SMA Negeri 1 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(2), 134-145.

Nurhayati, T., & Maulidah, N. (2018). Implementasi Program Bina Akhlak Mulia dalam Meningkatkan Sikap Religius Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(3), 209-218.

Nipan Abdul Him, Menghias Diri dengan Akhlak Terpuji, (Yogyakarta: Mitra Pustaka, 2000), h. 20

Ali Abdul Him Mahmud, AkhlakMulia,(Jakarta:GemaInsani Press,2004), h.159

Wiwin Fachrudin Yusuf et al., “Pendampingan Salat Dhuha Dan Salat Dhuhur Berjamaah Untuk Pembiasaan Diri Di Smk Darul Ulum Purwodadi” 04, no. 0 (2023): 1–23.

Downloads

Published

2024-12-12

How to Cite

Yusuf, W. F., Adiputro, M., Faqih, M. A., Hikmah, N., Hidayah, N. N., Rohmah, S. N., & Noviyanti, J. (2024). PENDAMPINGAN UNTUK MENCETAK GENERASI SISWA DALAM MENANAMKAN KARAKTER AGAMIS DAN RELIGIUS MELALUI KEGIATAN BISAMU DI SMK DARUL ULUM PURWODADI. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(06), 2199–2204. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/785