PELATIHAN TEKNIK PENUTUPAN PENJUALAN PADA SISWA JURUSAN BISNIS DARING DAN PEMASARAN DI SMK 4 PASUNDAN BANDUNG

Authors

  • Hesti Sugesti Universitas Logistik Bisnis dan Internasional
  • Rukmi Juwita Universitas Logistik Bisnis dan Internasional
  • Rima Sundari Universitas Logistik Bisnis dan Internasional
  • Farid Madani Universitas Logistik Bisnis dan Internasional
  • Kanya Deva Aurellea Universitas Logistik Bisnis dan Internasional

Keywords:

Teknik Penutupan Penjualan, Pemasaran

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang berupa pelatihan teknik penutupan penjualan untuk siswa jurusan Pemasaran Bisnis Ritel (PBR). Hal ini didasari pada kebutuhan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam penjualan agar siap bersaing di dunia kerja. Tujuan kegiatan ini adalah untuk menambah wawasan siswa terkait teknik penutupan penjualan, meningkatkan keterampilan mereka, dan mempersiapkan mereka sebagai tenaga penjual yang kompeten. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan pada tanggal 18 September 2024, bertempat di SMK 4 Pasundan Bandung dengan peserta sebanyak 33 siswa dari jurusan PBR. Metode yang digunakan meliputi penyampaian materi secara teori menggunakan media PowerPoint, simulasi praktik penjualan, sesi tanya jawab, dan post-test untuk mengukur pemahaman siswa. Pelatihan berhasil meningkatkan pemahaman siswa tentang teknik penutupan penjualan, yang terlihat dari peningkatan rata-rata skor post-test siswa sebesar 42% dibandingkan pre-test. Teknik yang diajarkan meliputi Assumptive Close, Take Away Close, Now or Never Close, Summary Close, dan Something for Nothing Close. Pelatihan ini tidak hanya meningkatkan kemampuan teknis siswa tetapi juga kepercayaan diri mereka dalam menjalani transaksi penjualan. Pelatihan ini efektif dalam membantu siswa memahami teknik penutupan penjualan yang tepat. Rekomendasi mencakup implementasi pelatihan serupa untuk kelas lain dan penyediaan waktu praktik lebih bagi siswa untuk mendalami teknik penjualan

References

Azeharie, k. (2022, juli 17). Branding Adalah: Definisi, Tujuan, dan Contoh. Retrieved September 14, 2022, from majoo.: https://majoo.id/solusi/detail/apa-itu-branding

Arief Selay1, Gerald Dwight Andgha2, M. A. A. (2023). Sistem Informasi Penjualana. Karimah Tauhid, Volume 2.

Evi Permatasari1, Hanna Luthfiana2, Nurul Aulia Pratama3, H. A. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pembelian Ulang: Promosi, Harga dan Produk (Literature Review Perilaku Konsumen). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, Volume 3,.

Hadju, H. Z. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Fasilitas Terhadap Keputusan Pembelian Pada Jasa Transportasi PT.Pelni Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, Vol 9 No 8.

Hendri Dunan. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penjualan “Waleu” Kaos Lampung di Bandar Lampung. Jurnal Bisnis, Manajemen Dan Informatika, Vol. 17 No.

Rany Sugianto, S. O. G. (2020). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Lokasi, Fasilitas dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Pada Perumahan Medan Resort

Sugianto, R., & Ginting, S. O. (2020). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Lokasi, Fasilitas dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Rumah pada Perumahan Medan Resort City. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, 10(1), 1–12. https://doi.org/10.55601/jwem.v10i1.666

Downloads

Published

2024-12-12

How to Cite

Hesti Sugesti, Juwita, R., Sundari, R., Madani, F., & Aurellea, K. D. (2024). PELATIHAN TEKNIK PENUTUPAN PENJUALAN PADA SISWA JURUSAN BISNIS DARING DAN PEMASARAN DI SMK 4 PASUNDAN BANDUNG. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(06), 2144–2153. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/784