INOVASI PEMBELAJARAN VOCABULARY BERBASIS GAME DAN VISUALISASI: PENDEKATAN INTERAKTIF PADA KELAS BAHASA INGGRIS DI MTS FATHUL JANNAH PALANGKA RAYA

Authors

  • Siti Rahimah Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Akhmad Ali Mirza Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

Keywords:

Permainan, Visualisasi, Kosakata

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pendekatan pembelajaran berbasis permainan dan visualisasi dalam meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa kelas 9 MTs Fathul Jannah, Palangka Raya. Metode deskriptif kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan dan menganalisis penerapan metode pembelajaran interaktif ini. Kegiatan pembelajaran melibatkan penggunaan permainan Word Wall dan presentasi slide show untuk memperkenalkan dan memperdalam pemahaman siswa mengenai vocabulary pada kelas kata (noun, verb, adjective, adverb). Hasil pengabdian menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran ini berhasil menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, interaktif, dan kolaboratif. Pengabdianpe ini menyimpulkan bahwa integrasi permainan Word Wall dan presentasi slide show dalam pembelajaran Bahasa Inggris merupakan strategi yang efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan hasil belajar mereka. Sebagai rekomendasi untuk pengabdian selanjutnya adalah perlu dilakukan lebih lanjut untuk mengeksplorasi penerapan metode serupa pada materi pembelajaran Bahasa Inggris lainnya serta pada jenjang pendidikan yang berbeda.

References

Aminatun, D., Mandasari, B., Ayu, M., Hamzah, I., & Dewi, G. (2022). Pendampingan Pembelajaran Bahasa Inggris melalui Active Learning bagi Siswa-siswi. Al-Mu'awanah: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), 163-170. https://dx.doi.org/10.24042/almuawanah.v3i1.12134

Cosner, S. (2020). A Deeper Look into Next Generation Active Learning Designs for EducationalLeader Preparation. Journal of Research on Leadership Education, 15(3), 167–172. https://doi.org/10.1177/1942775120936301

Dewi, N. P., & Listiowarni, I. (2019). Implementasi Game Based Learning pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 3(2), 124-130. https://doi.org/10.29207/resti.v3i2.885

Indriyaningrum, H. D., Tobba, M. H. Q., & Wuryandari, L. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Visual dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Pertama. Pustaka: Jurnal Bahasa dan Pendidikan, 2(2), 56-64. https://doi.org/10.56910/pustaka.v2i2.1712

Mayer, R. E. (2009). Multimedia learning (2nd ed.). Cambridge University Press. https://psycnet.apa.org/doi/10.1017/CBO9780511811678

Munawi, H. (2019). Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris dengan menggunakan Traditional Song di Madrasah Ibtidaiyah Jauharul Ulum Situbondo. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, 7(1), 40-50. https://doi.org/10.47668/pkwu.v7i1.18

Mursid, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Teknologi lnformasi dan Komunikasi dalam Pendidika, 5(2), 210-221. https://doi.org/10.24114/jtikp.v5i2.12599

Muthoharoh, M. (2019). Media Powerpoint dalam Pembelajaran. Tasyri: Jurnal Tarbiyah-Syariah-Islamiyah, 26(1), 21-32. https://doi.org/10.29138/tasyri.v26i1.66

Purnamasari, S., Rahmanita, F., Soffiatun, S., Kurniawan, W., & Afriliani, F. (2022). Bermain Bersama Pengetahuan Peserta Didik Melalui Media Pembelajaran Berbasis Game Online Word Wall. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 70-77. https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v3i1.17052

Rasuan, Z. B. (2017). Teaching Vocabulary Mastery by Using Systeamtic Game. Tarbawy, 4(2), 196-212. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v4i2.818

Rosydiyah, A., Asari, S., & Maruf, N. (2022). The Effectiveness Of Wordwall Online Games as Technology-Based Learning on Grammar Quality Among Junior High Students. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 5(3). https://doi.org/10.33258/birci.v5i3.6818

Santika, R. R., Ramadhan, K., Andri, M., Solehuddin, A., & Juanita, S. (2019). Implementasi Game Edukasi Belajar Bahasa Inggris Dengan Metode Game Development Life Cycle Dan Pendekatan Taksonomi Bloom. Sebatik, 23(2), 392-402. https://dx.doi.org/10.46984/sebatik.v23i2.788

Setiawan, P., & Haryati, T. (2024). Penerapan Wordwall Dalam Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran PPKN di SMP Negeri 6 Semarang. Jurnal Kewarganegaraan, 8(1), 359-365.

Shavkidinova, D. (2022). Teaching English Vocabulary through Vocabulary Classification Techniques. European International Journal of Multidisciplinary Research and Management Studies. https://doi.org/10.55640/eijmrms-02-10-36

Silitonga, H., Butar-butar, I., Simangunsong, P. A., Manik, N. F., & Sitanggang, G. I. B. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall (PMPW) Untuk Mendukung serta Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Inggris dan Pengetahuan Matematika di Desa Barusjahe. COMIUSER, 1(01), 08-12.

Widiastuty, H., Rahimah, S., Ningrum, R. L., Tasya, D. H., & Rezky, K. D. A. (2024). Transformasi Edukasi: Pemanfaatan Buku Pop-Up sebagai Media Pembelajaran Interaktif di MI Terpadu Berkah Palangkaraya. Jurnal Pengabdian Masyarakat (JUDIMAS), 2(2), 385-393. https://doi.org/10.54832/judimas.v2i2.349

Downloads

Published

2024-12-12

How to Cite

Rahimah, S., & Mirza, A. A. (2024). INOVASI PEMBELAJARAN VOCABULARY BERBASIS GAME DAN VISUALISASI: PENDEKATAN INTERAKTIF PADA KELAS BAHASA INGGRIS DI MTS FATHUL JANNAH PALANGKA RAYA. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(06), 2080–2091. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/782