PENGAJARAN DOA SEHARI-HARI UNTUK MENINGKATKAN KOGNITIF SPIRITUALITAS SISWA SD TAHFIDZ AL-JAMIEL PALANGKA RAYA
Keywords:
Pengajaran doa dan Kognitif spiritualitasAbstract
Pengabdian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengajaran doa sehari-hari terhadap peningkatan kognitif spiritualitas siswa di SDIT Tahfidz Al Jamiel. Pengajaran doa sehari-hari melibatkan siswa dalam berbagai aktivitas doa yang terstruktur, seperti doa sebelum belajar, doa sebelum makan, dan doa sebelum tidur, yang tidak hanya mengajarkan hafalan tetapi juga pemahaman makna dan aplikasi doa dalam kehidupan sehari-hari. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa pengajaran doa sehari-hari secara signifikan meningkatkan kognitif spiritualitas siswa. Siswa tidak hanya menghafal doa tetapi juga menunjukkan pemahaman yang lebih dalam tentang makna spiritual dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Guru dan orang tua juga mengamati perubahan positif dalam sikap dan perilaku spiritual siswa.
References
Sufiana, A., Hidayat, R., & Warlizasusi, J. (2020). Analisis Strategi Pengelolaan Ma’had Al-Jami’ah IAIN Curup (Doctoral dissertation, IAIN Curup).
Sumarsih, G., & Kp, S. (2023). Fungsi Spiritual Untuk Mengatasi Kesepian Lansia. CV. Mitra Edukasi Negeri.
Farida, M. C., Laia, U., & Sanja, P. R. (2024). KOMPETENSI SPIRITUAL GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN SEBAGAI UPAYA DALAM MENINGKATKAN PERTUMBUHAN IMAN SISWA. Inculco Journal of Christian Education, 4(1), 1-15.
Somantri, S., Wiharta, W., & Amaliyah, A. (2021). Model Kerjasama Menuju Masyarakat Gemah Ripah Repeh Rapih Desa Palir dengan Pendekatan Asset Based Community Development (ABCD). Etos: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 81-92.
ASSET, D. M. BAB 5. Asset Based Community Development (ABCD), 103.
Press, I. P. ROMANTIKA MAHASISWA DALAM MENGABDI.
Permatasari, R., Azwar, B., & Wanto, D. (2023). Upaya Guru PAI Dalam Meningkatkan Budaya Religius di SMP Negeri 11 Lubuk Linggau (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Curup).
Prasetiya, B., & Cholily, Y. M. (2021). Metode Pendidikan karakter Religius paling efektif di sekolah. Academia Publication.
Rivaldy, N., Ma’mur, I., & Firdaos, R. (2023). Membangun Reputasi Pendidikan Dasar Islam Melalui Public Relation di Era Revolusi Industri 4.0 (Studi pada Sekolah Dasar Islam Terpadu di Kabupaten Bekasi). Al-fahim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 16-34.
Mulyanti, D., & Fasya, R. (2024). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Garuda: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Filsafat, 2(1), 136-146.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Harnum Puspita Sari, Syahmidi Syahmidi, Khoirunnisa Khoirunnisa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.