MAHASISWA KAMPUS MENGAJAR 7 MENGADAKAN PERMAINAN ULAR TANGGA LITERASI NUMERASI DALAM RANGKA MEMPERINGATI HARI PENDIDIKAN NASIONAL DI UPT SPF SD INPRES MANGASA I
Keywords:
Festival Literasi dan Numerasi, Permainan Ular TanggaAbstract
Kegiatan Festival Literasi dan Numerasi yang diadakan di UPT SPF SD Inpres Mangasa I pada peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024 melibatkan permainan Ular Tangga Literasi dan Numerasi sebagai salah satu kegiatan unggulan. Metode pelaksanaan dimulai dengan persiapan media permainan, koordinasi dengan guru, dan sosialisasi kepada siswa. Peserta dibagi dalam tim untuk bermain dan menjawab soal literasi serta numerasi, sambil berdiskusi dalam tim. Permainan ini dilaksanakan dalam beberapa sesi untuk siswa kelas tinggi, sementara kelas rendah terlibat dalam pembelajaran outdoor dengan soal yang disesuaikan. Evaluasi dilakukan melalui diskusi, apresiasi, dan pelatihan guru untuk memodifikasi soal agar permainan ini dapat diterapkan secara berkelanjutan dalam berbagai mata pelajaran. Hasilnya menunjukkan bahwa permainan ini berhasil menarik minat siswa dengan antusiasme tinggi, meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa, serta memperkuat karakter Profil Pelajar Pancasila, khususnya gotong royong dan bernalar kritis. Selain itu, media permainan ini memiliki fleksibilitas untuk digunakan dalam berbagai mata pelajaran dan dapat diadaptasi oleh guru untuk pembelajaran jangka panjang. Secara keseluruhan, permainan Ular Tangga Literasi dan Numerasi terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan akademik dan karakter siswa, serta memberikan inspirasi bagi pengembangan metode pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna.
References
Dantes, N., & Handayani, N. N. L. (2021). Peningkatan literasi sekolah dan literasi numerasi melalui model blanded learning pada siswa kelas v sd kota singaraja. Widyalaya: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 269-283.
Dewi, D. A., Hamdu, G., & Nugraha, A. (2022). Implementasi Penerapan Pembelajaran Literasi dan Numerasi di Kelas V SD. Journal of Elementary Education, V(4), 654.
Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi Numerasi diSD Muhammadiyah. ELSE: Elementary School Education Journal, III(1), 96.
Inanna. (2018). Peran Pendidikan Dalam Membangun Karakter Bangsa Yang Bermoral. JEKPEND: Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, I(1), 28.
Kholipah, S., Maryatun, & Pritandhari, M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Metro Tahun Pelajaran 2017/2018. Edunomia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, I(1), 63.
Natasha, D., Mushoddik, Ja'far, M. Z., & Esaputra, A. B. (2024). Efektivitas Permainan Ular Tangga dalam Meningkatkan Literasi Numerasi Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Mutiara Bunda Desa Jatisawit. Jurnal Nusantara Bakti, II(4), 92.
Sun, L., Chen, X., & Ruokamo, H. (2020). Digital Game-based Pedagogical Activities in Primary Education: A Review of Ten Years' Studies. International Journal of Technology in Teaching and Learning, XVI(2), 81.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muthmainnah Muthmainnah, La Sunra, Ahmad Talib, Nurdin Noni, Yunitari Mustikawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.