OPTIMALISASI KEMAJUAN TEKNOLOGI DESAIN MEDIA GRAFIS UNTUK BERKARYA
Keywords:
Teknologi, desain grafis, kreativitas, pengembangan profesionalAbstract
Sosialisasi ini membahas kemajuan pesat dalam teknologi dalam beberapa dekade terakhir, terutama munculnya teknologi digital seperti kecerdasan buatan (AI), internet, dan teknologi komunikasi. Inovasi-inovasi ini telah berdampak signifikan dalam berbagai bidang, termasuk komunikasi, pendidikan, dan kesehatan. Teknologi telah memfasilitasi konektivitas global, platform pembelajaran daring seperti Zoom dan Google Classroom, serta perangkat medis berbasis AI dan telemedicine, yang meningkatkan efisiensi di berbagai sektor. Dalam konteks pengabdian kepada masyarakat, studi ini menyoroti bagaimana universitas menerapkan "Tri Dharma" perguruan tinggi, dengan fokus pada kegiatan sosial. Kegiatan sosialisasi "Optimalisasi Kemajuan Teknologi Desain Grafis untuk Berkarya" bertujuan untuk memberdayakan individu dengan alat dan pengetahuan untuk meningkatkan keterampilan desain grafis mereka, terutama dengan memanfaatkan teknologi terkini. Inisiatif ini diselenggarakan melalui format daring menggunakan Zoom, memberikan platform interaktif dan informatif bagi peserta, termasuk siswa dan profesional kreatif, untuk mempelajari tren dan alat terbaru dalam desain grafis. Sesi ini juga bertujuan untuk menginspirasi kreativitas, meningkatkan keterampilan profesional, dan mendorong penggunaan teknologi untuk meningkatkan produktivitas. Hasilnya menunjukkan bahwa peserta memperoleh wawasan berharga mengenai teknologi desain terbaru dan termotivasi untuk menerapkan alat ini guna meningkatkan hasil karya kreatif mereka. Sosialisasi ini juga berfungsi sebagai platform jaringan bagi para profesional di bidang desain grafis, yang berkontribusi pada pengembangan komunitas dan pertumbuhan profesional.
References
Efendi, S. (2021). Penggunaan Media Grafis Kartu dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SDN 24 Koto Malintang . Jurnal Sosial Dan Sains, 1(7), 688–697. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i7.155
Febrianti, Felia. 2019. “Efektivitas Penggunaan Media Grafis Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP 2(1):667–77.
Halimatus, Halimatus, Lara Fridani, dan Sri Martini Meilani. 2019. “Pengembangan Media Grafis untuk Pengenalan Life Science pada Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4(1):383–94. doi: 10.31004/obsesi.v4i1.318.
Harriguna, T., & Wahyuningsih, T. (2021). Kemajuan Teknologi Modern untuk Kemanusiaan dan Memastikan Desain dengan Memanfaatkan Sumber Tradisional. ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, 2(1 Juni), 65–78. https://doi.org/10.34306/abdi.v2i1.448
Lisnawita, L., Lucky Lhaura Van FC, & Musfawati. (2020). Pelatihan Desain Grafis Untuk Meningkatkan Kreatifitas Siswa . Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 231-235. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i2.3406
Manshur, Ahmad, dan Akhmad Rodhi. 2020. “Pengembangan Media Grafis dalam Pembelajaran.” Al-Aufa: Jurnal Pendidikan dan Kajian Keislaman 2(2):1–13. doi: 10.36840/alaufa.v2i2.313.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Andromeda Valentino Sinaga, Julham Hukom, Muhammad Isnawan Syafir, Syahrul Zaum, Ulfah Widyastuti Arsal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.