SOSIALISASI TUMPENG GIZI SEIMBANG PADA ANAK DI SDN 17 GUNUNG PANGILUN KECAMATAN PADANG UTARA TAHUN 2024
Keywords:
Gizi seimbang, anak usia dini, sosialisasi, tumpeng gizi, edukasi kesehatanAbstract
Kekurangan gizi pada anak usia dini dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan. Untuk mengatasi masalah ini, kegiatan sosialisasi tumpeng gizi dilaksanakan di SDN 17 Gunung Pangilun pada 9 November 2024. Hasil post-test menunjukkan peningkatan pengetahuan siswa mengenai kelompok makanan, namun konsumsi buah dan sayur masih perlu ditingkatkan. Temuan ini mengindikasikan pentingnya program lanjutan yang lebih terintegrasi dengan kurikulum sekolah dan melibatkan orang tua untuk memastikan tumbuh kembang optimal anak Indonesia.
References
Adi, W., Susilo, B., & Putri, A. (2020). Penggunaan tumpeng sebagai media edukasi gizi pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 123-130.
Birch, L. L. (2001). Development of food preferences. Annual Review of Nutrition, 21, 41-62.
Brown, J. S., Collins, A., & Duguid, P. (1989). Situated cognition and the culture of learning. Educational Researcher, 18(1), 32-42.
Depkes RI. (2020). Laporan Survei Nasional Kesehatan dan Gizi (SMKG) 2018. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (1999). Learning together and alone: Cooperative, competitive, and individualistic learning. Allyn & Bacon.
Jones, A., & Brown, B. (2019). The impact of visual aids on student learning. Journal of Educational Psychology, 111(3), 456-472.
Kemenkes. (2018). Riskesdas 2018. In Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan (2018). Https://Doi.Org/10.1517/13543784.7.5.803.
Lailiyah, N., Ariestiningsih, E. S., & Supriatiningrum, D. N. (2021). Hubungan Pengetahuan Ibu Dan Pola Pemberian Makan Dengan Kejadian Stunting Pada Balita (2-5 Tahun). Ghidza Media Jurnal, 3(1), 226. https://doi.org/10.30587/ghidzamediajurnal.v3i1.3086.
Mayer, R. E. (2001). Multimedia learning. Cambridge University Press.
Mishra, P., & Koehler, M. (2006). Technological pedagogical content knowledge: A framework for teacher knowledge. The Teachers College Record, 108(6), 1017-1054.
Nuryanto, N., Pramono, A., Puruhita, N., & Muis, S. F. (2014). Pengaruh Pendidikan Gizi Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Tentang Gizi Anak Sekolah Dasar. Jurnal Gizi Indonesia (The Indonesian Journal Of Nutrition), 3(1), 32–36.
Paivio, A. (1986). Mental representations: A dual coding approach. Oxford University Press.
Rahmy, H. A., Prativa, N., Andrianus, R., & Shalma, M. P. (2020). Edukasi Gizi Pedoman Gizi Seimbang Dan Isi Piringku Pada Anak Sekolah Dasar Negeri 06 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Buletin Ilmiah Nagari Membangun, 3(2).
Robinson, T. N. (2003). The role of parents in promoting children's healthy eating habits. Journal of Nutrition Education and Behavior, 35(1), 4-13.
Savery, J. R., & Duffy, T. M. (1995). Problem-based learning: An instructional model and its constructivist framework. Educational Technology, 35(5), 31-38.
Slater, A. (2003). The effectiveness of active learning: A review of the research. Journal of Engineering Education, 92(1), 121-127.
Smith, J. (2018). Effective teaching strategies: A review. Review of Educational Research, 88(2), 254-287.
Suparman, S. (2015). Tumpeng sebagai simbol budaya dan identitas bangsa. Jurnal Sejarah dan Budaya, 17(2), 123-135.
Wardle, J., Guthrie, J., & Sanderson, S. (2008). Environmental influences on eating. Annual Review of Nutrition, 28, 239-258.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ismiarti, Rira Humulusna , Attahiyatul Husnia, Faiza Afroza, Zakila Azzahra, Elsa Yuniarti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.