SOSIALISASI TUMPENG GIZI SEIMBANG PADA ANAK DI SDN 17 GUNUNG PANGILUN KECAMATAN PADANG UTARA TAHUN 2024

Authors

  • Ismiarti Universitas Negeri Padang
  • Rira Humulusna Universitas Negeri Padang
  • Attahiyatul Husnia Universitas Negeri Padang
  • Faiza Afroza Universitas Negeri Padang
  • Zakila Azzahra Universitas Negeri Padang
  • Elsa Yuniarti Universitas Negeri Padang

Keywords:

Gizi seimbang, anak usia dini, sosialisasi, tumpeng gizi, edukasi kesehatan

Abstract

Kekurangan gizi pada anak usia dini dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan. Untuk mengatasi masalah ini, kegiatan sosialisasi tumpeng gizi dilaksanakan di SDN 17 Gunung Pangilun pada 9 November 2024. Hasil post-test menunjukkan peningkatan pengetahuan siswa mengenai kelompok makanan, namun konsumsi buah dan sayur masih perlu ditingkatkan. Temuan ini mengindikasikan pentingnya program lanjutan yang lebih terintegrasi dengan kurikulum sekolah dan melibatkan orang tua untuk memastikan tumbuh kembang optimal anak Indonesia.

References

Adi, W., Susilo, B., & Putri, A. (2020). Penggunaan tumpeng sebagai media edukasi gizi pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 123-130.

Birch, L. L. (2001). Development of food preferences. Annual Review of Nutrition, 21, 41-62.

Brown, J. S., Collins, A., & Duguid, P. (1989). Situated cognition and the culture of learning. Educational Researcher, 18(1), 32-42.

Depkes RI. (2020). Laporan Survei Nasional Kesehatan dan Gizi (SMKG) 2018. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (1999). Learning together and alone: Cooperative, competitive, and individualistic learning. Allyn & Bacon.

Jones, A., & Brown, B. (2019). The impact of visual aids on student learning. Journal of Educational Psychology, 111(3), 456-472.

Kemenkes. (2018). Riskesdas 2018. In Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan (2018). Https://Doi.Org/10.1517/13543784.7.5.803.

Lailiyah, N., Ariestiningsih, E. S., & Supriatiningrum, D. N. (2021). Hubungan Pengetahuan Ibu Dan Pola Pemberian Makan Dengan Kejadian Stunting Pada Balita (2-5 Tahun). Ghidza Media Jurnal, 3(1), 226. https://doi.org/10.30587/ghidzamediajurnal.v3i1.3086.

Mayer, R. E. (2001). Multimedia learning. Cambridge University Press.

Mishra, P., & Koehler, M. (2006). Technological pedagogical content knowledge: A framework for teacher knowledge. The Teachers College Record, 108(6), 1017-1054.

Nuryanto, N., Pramono, A., Puruhita, N., & Muis, S. F. (2014). Pengaruh Pendidikan Gizi Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Tentang Gizi Anak Sekolah Dasar. Jurnal Gizi Indonesia (The Indonesian Journal Of Nutrition), 3(1), 32–36.

Paivio, A. (1986). Mental representations: A dual coding approach. Oxford University Press.

Rahmy, H. A., Prativa, N., Andrianus, R., & Shalma, M. P. (2020). Edukasi Gizi Pedoman Gizi Seimbang Dan Isi Piringku Pada Anak Sekolah Dasar Negeri 06 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Buletin Ilmiah Nagari Membangun, 3(2).

Robinson, T. N. (2003). The role of parents in promoting children's healthy eating habits. Journal of Nutrition Education and Behavior, 35(1), 4-13.

Savery, J. R., & Duffy, T. M. (1995). Problem-based learning: An instructional model and its constructivist framework. Educational Technology, 35(5), 31-38.

Slater, A. (2003). The effectiveness of active learning: A review of the research. Journal of Engineering Education, 92(1), 121-127.

Smith, J. (2018). Effective teaching strategies: A review. Review of Educational Research, 88(2), 254-287.

Suparman, S. (2015). Tumpeng sebagai simbol budaya dan identitas bangsa. Jurnal Sejarah dan Budaya, 17(2), 123-135.

Wardle, J., Guthrie, J., & Sanderson, S. (2008). Environmental influences on eating. Annual Review of Nutrition, 28, 239-258.

Downloads

Published

2024-12-12

How to Cite

Ismiarti, Humulusna , R., Husnia, A., Afroza, F., Azzahra, Z., & Yuniarti, E. (2024). SOSIALISASI TUMPENG GIZI SEIMBANG PADA ANAK DI SDN 17 GUNUNG PANGILUN KECAMATAN PADANG UTARA TAHUN 2024. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(06), 2311–2318. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/756