MEMBENTUK GENERASI ANTI-KORUPSI MELALUI MEDIA PIXTON DI SD NEGERI MAULAFA KUPANG
Keywords:
anti-korupsi, pendidikan karakter, pixton, sekolah dasar, sosialisasiAbstract
Korupsi merupakan salah satu tantangan terbesar di Indonesia. Artikel ini melaporkan kegiatan sosialisasi untuk memperkenalkan nilai-nilai anti-korupsi kepada siswa sekolah dasar melalui media Pixton. Media ini dirancang untuk mendukung edukasi yang menarik, memperkenalkan kejujuran, tanggung jawab, dan integritas, serta meningkatkan kesadaran siswa akan pentingnya menjauhi korupsi sejak dini. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa Pixton secara efektif meningkatkan pemahaman siswa tentang nilai-nilai anti-korupsi, terlihat dari partisipasi aktif mereka dan kemampuan mengidentifikasi contoh perilaku koruptif dalam kehidupan sehari-hari.
References
Andini, P. (2020). Penerapan Media Kartun sebagai Media Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan, 12(4), 57–69.
Maulana, E. L., Permana, E. P., & Wenda, D. D. N. (2024). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis Pixton.com pada Materi Kenampakan Alam untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Carangrejo 2. Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2(9). Diakses dari https://jurnal.kolibi.org
Nitte, Yulsy. 2024. Penguatan Nilai-Nilai Anti Korupsi Anak Melalui Cerita Dongeng Suri Ikun Dan Dua Burung Di Sd Pelangi Manulai II Kota Kupang. Vol. 2 No. 2 (2024): DevotionIAKN Kupang https://ejournal.iaknkupang.ac.id/ojs/index.php/dev/article/view/330
Sakinah, N., & Bakhtiar, N. (2019). Model Pendidikan Anti Korupsi di Sekolah Dasar dalam Mewujudkan Generasi Yang Bersih dan Berintegritas Sejak Dini. El-Ibtidaiy: Journal of Primary Education, 2(1), 39–49.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Angeline Arnoldus, Yulsy Marselina Nitte, Ariani Indah Lestari Masae, Dini Lidya Anabokay, Endang Adolfina Dethan, Elisabeth Ega, Maria Dela Gandur, Maria Derosari Muti Manek, Yohana Yuvita Siba, Wiliam Yusri Yadi Adu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.