PENDAMPINGAN PEMBUATAN BUKLET DIGITAL MENU BERBAHASA INGGRIS SEBAGAI SARANA PROMOSI KONTEMPORER DI TOKO ANI CAKE, PALEMBANG

Authors

  • Rahmadila Eka Putri Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Mutia Nasution Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Mahraini Agustina Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Maulidia Berlianti Politeknik Negeri Sriwijaya

Keywords:

buklet digital, menu berbahasa Inggris, promosi, UMKM, usaha kuliner

Abstract

Buklet digital (E-booklet) merujuk pada buku saku elektronik berupa lembaran-lembaran elemen visual yang dikemas ringkas namun lugas dan komunikatif. Buklet digital lazim dimanfaatkan sebagai media publikasi yang atraktif melalui kombinasi grafis, gambar, dan keterangan teks untuk mempromosikan produk atau jasa dari suatu bisnis termasuk pada UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah). Akan tetapi, pelaku usaha produktif pada level ini, seperti toko Ani Cake, cenderung terkendala masuk ke pasar konsumen sebab belum dikenal masif oleh publik. Hal ini disinyalir sebab toko Ani Cake masih dominan menggunakan strategi pemasaran getok tular (Word of Mouth (WOM)) konvensional padahal strategi ini dapat dioptimalkan melalui media digital sehingga lebih interaktif, berjangkauan luas, efektif dan efisien apalagi dilengkapi versi Bahasa Inggris untuk memperluas pangsa pasar. Oleh sebab itu, tim pengabdi melalui program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) menunjang promosi toko Ani Cake, sebagai mitra, melalui pendampingan pembuatan buklet digital (E-Booklet) menu berbahasa Inggris. Melalui kombinasi strategi pemasaran konvensional (mulut ke mulut) dan kontemporer (media sosial) tersebut, program ini diharapkan membantu toko Ani Cake untuk menarik kuantitas calon konsumen yang lebih banyak.

References

Harsono, S. (2019). Pelatihan Pembuatan Leaflet Bahasa Inggris Untuk Promosi Pariwisata. Harmoni: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 6–10.

Husna, N. F., Azizah, S. N., & Yahya, M. (2019). Penggunaan Kata dan Istilah Bahasa Inggris pada Promosi Penjualan Online di Instagram. Sukma: Jurnal Pendidikan, 3(2), 203– 216.

Indonesia. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2008 Nomor 93. Sekretariat Negara. Jakarta.

Kesumahati, E., & Syaharni, D. S. (2024). Strategi Pemasaran Digital pada UMKM Nuriza Snack di Kota Batam. Madani: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Kewirausahaan, 2(3), 115–123.

Khairunnisa, C. M. (2022). Pemasaran Digital sebagai Strategi Pemasaran: Conceptual Paper. Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis (JAMIN), 5(1), 2621 – 3230.

Ningsih, G., Karsiningsih, E., & Purwasih, R. (2024). Pengaruh Digital Marketing UMKM Makanan Minuman terhadap Kinerja Pemasaran Melalui Inovasi Produk di Kota Pangkalpinang. Jurnal Agribisnis Dan Komunikasi Pertanian (JAKP), 7(1), 68-77.

Prapti, R. L., & Rahoyo, R. (2019). Dampak Bisnis Kuliner Melalui Go Food Bagi Pertumbuhan Ekonomi di Kota Semarang. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 20(2), 120-133.

Rimadias, S., Bagasworo, W., & Marinda, D. D. (2024). Strategi Pemasaran Digital dan Branding Rawon Premium by Salina Kitchen Melalui Instagram. MENGABDI: Jurnal Hasil Kegiatan Bersama Masyarakat, 2(1), 9-23.

Syahputra, R. (2019). Strategi Pemasaran dalam Al-Quran tentang Promosi Penjualan. Jurnal ECOBISMA, 6(2), 83-88.

Wibowo, A. H., & Kristina, D. (2018). Efektivitas Penggunaan Bahasa Inggris Dalam Media Promosi Pariwisata Solo Raya Menuju Pembangunan Sistem Online Tourism Promotion. Cakra Wisata, 19 (2), 12–22.

Yolanda, C. (2024). Peran Usaha Mikro,Kecil dan Menengah (UMKM) dalam Pengembangan Ekonomi Indonesia. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 2(3), 170-186.

Downloads

Published

2024-12-12

How to Cite

Eka Putri, R., Nasution, M., Agustina, M., & Berlianti, M. (2024). PENDAMPINGAN PEMBUATAN BUKLET DIGITAL MENU BERBAHASA INGGRIS SEBAGAI SARANA PROMOSI KONTEMPORER DI TOKO ANI CAKE, PALEMBANG. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(06), 2170–2175. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/731